Berdasarkan anjuran Ikatan Dokter Indonesia (IDI) bahwa Makanan Pendamping ASI (MPASI) diberikan saat bayi usia 6 bulan. Sebelum itu, cukup memberikan ASI eksklusif saja.

Pemberian menu MPASI 6 bulan bertujuan untuk memberikan tambahan asupan nutrisi dan gizi selain dari ASI. Hal tersebut semakin bertambah usia bayi maka kebutuhan akan gizi semakin meningkat.

Yang mana dalam pemberian MPASI harus sesuai dengan panduan yang berlaku. Baik sesuai anjuran dari badan kesehatan dunia WHO atau Kementerian Kesehatan dan IDI. Agar tidak salah dalam memberikan makanan pendamping untuk si kecil.

Panduan MPASI untuk Bayi Usia 6 Bulan

Panduan MPASI untuk Bayi Usia 6 Bulan

Pada dasarnya perut bayi masih lemah dan belum siap mencerna makanan yang keras. Sehingga, untuk pemberian MPASI harus makanan lembut yang dapat ditelan bayi dan aman bagi saluran pencernaannya.

Selain itu, pemberian jumlah kalori pun sangat penting untuk diperhatikan. Dalam satu hari bayi cukup konsumsi kalori sebanyak 2000 saja. Dalam pembagiannya bisa 2-3 kali sehari dengan takaran 250 ml dalam satu mangkuk.

Adapun panduan MPASI untuk bayi 6 bulan yang perlu Anda perhatikan, diantaranya:

1. Tekstur Makanan Harus Lunak dan Lembut

Bayi yang baru berusia 6 bulan belum memiliki struktur gigi yang lengkap. Untuk itu, saat membuat menu MPASI tekstur makanan harus lembut dan lunak.

Makanan yang lembut dan lunak pun baik untuk pencernaan bayi. Karena, saluran pencernaan bayi akan terganggu jika diberi makanan seperti makanan keluarga pada umumnya. Terutama untuk makanan yang keras akan sangat berbahaya.

Oleh sebab itu, penting untuk memerhatikan tekstur menu MPASI yang akan diberikan. Pilihlah jenis makanan yang mudah saat dilembutkan dan tentunya mengandung gizi yang baik untuk tumbuh kembangnya.

2. Memilih Jenis Makanan MPASI

Dalam memilih jenis makanan untuk MPASI tidak bisa sembarangan. Anda harus memerhatikan kandungan nutrisi dan gizi. Akan lebih baik jika makanan mengandung zat besi.

Yang mana zat besi merupakan mineral yang dibutuhkan oleh bayi. Kandungan zat besi bisa ditemukan pada ikan, hati ayam, kuning telur, dan lain-lain.

Selain itu, sayur dan buah-buahan bisa sebagai menu MPASI untuk bayi 6 bulan. Terpenting makanan diolah menjadi lembut dan halus. Misalnya dibuat pure.

3. Porsi Makanan Bayi

Walau bayi 6 bulan sudah bisa diberi makan, namun bukan berarti dengan porsi yang besar dan banyak. Karena, kebutuhan ASI tetap diperlukan bayi.

Dalam pemberian porsi MPASI cukup antara 2-3 sendok makan selama 2-3 kali makan. Lalu, berikan makanan selingan sekitar 1-2 kali dalam satu hari.

4. Jaga Kebersihan Alat Makan

Penting untuk memerhatikan kebersihan alat makan si kecil. Karena, imun tubuh yang masih rentan membuat bayi mudah terserang sakit karena virus, bakteri atau kuman yang menempel pada alat makan.

5. Pemberian MPASI dengan Cara Responsive Feeding

Memberikan MPASI merupakan pintu gerbang bagi si kecil untuk mengenal makanan, selain ASI. Agar proses pemberian MPASI berjalan lancar lakukan dengan cara responsive feeding.

Yang mana dengan menyuapi si kecil sampai nanti bisa makan sendiri. Tujuannya, agar anak bisa fokus pada makanan yang ada didepannya.

Dengan memerhatikan lima hal di atas kini Anda tidak perlu bingung saat menyiapkan menu MPASI untuk si kecil. Bahkan Anda dapat menyiapkan sendiri makanan pendamping dengan beberapa menu di bawa ini.

Menu MPASI untuk Bayi Usia 6 Bulan

Pada umumnya menu MPASI dapat dibuat sendiri atau membeli produk olahan siap saji yang diproduksi oleh pabrik makanan bayi. Walau begitu, alangkah baiknya membuat menu MPASI sendiri.

Sebagai rekomendasi berikut ini menu MPASI 6 Bulan yang dapat Anda buat di rumah.

Baca Juga : Penyebab dan Cara Mengatasi Bayi Rewel Pada Malam Hari

Pure Pepaya

Bahan:

  • 30gr buah pepaya matang
  • 3 sdm ASIP/Air matang/ jus jeruk manis

Cara membuat:

  1. Haluskan pepaya dengan blender. Lalu masukan ASIP/Air matang/jus jeruk manis.
  2. Pure Pepaya siap disajikan.

Pure Ubi Labu Siam

Bahan:

  • 50gr labu siam
  • 25 gr ubi
  • 3sdm air kaldu/air matang

Cara Membuat:

  1. Kukus ubi dan labu hingga matang dan empuk. Lalu, haluskan dengan blender.
  2. Sisihkan labu dan ubi yang sudah halus di mangkuk dan tuangkan air kaldu/air matang yang sudah disiapkan.

Pure Jagung Brokoli

Bahan:

  • 50gr jagung manis
  • 25 gr brokoli
  • 100 ml air kaldu sayuran

Cara Membuat:

  1. Haluskan jagung manis, brokoli yang sudah dicincang dan air kaldu menggunakan blender.
  2. Jika sudah halus, saring dengan kain penyaring.
  3. Selanjutnya, tuangkan ke dalam panci untuk dipanaskan. Aduk rata sampai mengental.
  4. MPASI siap disajikan.

Demikian menu MPASI untuk bayi 6 bulan. Pastikan makanan pendamping yang diberikan memiliki tekstur yang lembut dan halus, serta makanan yang kaya akan serat, vitamin, dan kandungan gizi lainnya.