Bagi orang tua yang baru pertama kali mempunyai anak, merawat bayi bukanlah sesuatu yang gampang dilakukan. Bayi yang baru lahir biasanya akan mulai rewel di malam hari karena berbagai hal.

Bayi rewel malam hari seringkali terjadi pada pukul 18.00 sampai dengan pukul 22.00. Adapun beberapa ciri-ciri bayi mulai rewel adalah menangis terus-menerus, terlihat gelisah dan bergerak-gerak tidak nyaman.

Kondisi tersebut akan sering terjadi hingga bayi berusia 6 bulan. Banyak faktor yang menyebabkan bayi menjadi rewel. Untuk itu, orang tua perlu menanganinya dengan tepat.

Bagi Anda yang ingin mengetahui penyebab dan cara mengatasi bayi rewel, berikut adalah penjelasan lengkapnya.

Penyebab Bayi Rewel Malam Hari

Sebagai orang tua, tentunya Anda tidak ingin melihat sang buah hati menangis dan gelisah setiap malam. Oleh sebab itu, orang tua perlu mencari penyebabnya sehingga dapat memberikan penanganan yang terbaik.

Ada beberapa penyebab mengapa bayi Anda rewel terus-menerus pada malam hari. Berikut diantaranya:

1. Bayi Kelaparan

Adapun penyebab bayi rewel malam hari yang pertama adalah bayi sedang kelaparan. Seperti diketahui bahwa salah satu cara bayi untuk berkomunikasi yaitu dengan menangis.

Bayi yang lapar akan memberikan sinyal kepada orang di sekitarnya dengan cara menangis sembari menjilat bibirnya. Selain itu, bayi juga akan menunjukkan gestur berupa mengepalkan telapak tangannya dengan kuat.

Baca Juga : Rekomendasi Pemberian Menu MPASI Untuk Bayi Usia 6 Bulan

2. Popok Tidak Nyaman

Selanjutnya, penyebab bayi menjadi rewel pada malam hari adalah popok yang digunakan sudah tidak nyaman. Kemungkinan popok menjadi basah karena bayi buang air besar atau buang air kecil.

Popok yang lama tidak diganti akan membuat bayi rewel dan menangis. Bisa juga popok yang digunakan terlalu kasar sehingga menggores kulit bayi dan membuatnya kesakitan.

3. Kolik

Kolik merupakan suatu kondisi dimana bayi akan menangis terus-menerus selama beberapa jam. Penyebabnya adalah terjadi gangguan pada saluran pencernaan bayi karena salah makan ataupun mengalami alergi pada makanan tertentu.

4. Tidur Terlalu Lama

Bayi yang terlalu lama tidur pada siang hari juga akan mulai aktif dan rewel pada malam harinya. Adapun gesture yang ditunjukkan oleh bayi yang tidur terlalu lama adalah terus bergerak-gerak secara aktif sambil merengek.

5. Siklus Tidur Tidak Teratur

Diketahui, jam tidur yang tidak teratur pun menjadi penyebab bayi rewel malam hari. Biasanya, bayi akan mengalami perubahan siklus tidur seiring dengan bertambahnya usia dan kondisi sekitar. Bayi akan mulai rewel saat menyesuaikan siklus tidur yang baru.

6. Kesepian

Kadangkala, bayi juga bisa mengalami perasaan kesepian. Hal ini bisa saja terjadi apabila orang tua meninggalkan bayi tidur sendirian. Saat bayi ditinggal tidur sendiri pada malam hari maka bayi akan cemas dan takut hingga akhirnya menangis.

Cara Mengatasi Bayi Rewel Pada Malam Hari

Cara Mengatasi Bayi Rewel Pada Malam Hari

Setelah mengetahui penyebab bayi rewel malam hari, maka selanjutnya adalah mengetahui cara untuk mengatasinya. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan oleh Anda untuk menenangkan bayi saat malam tiba, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Menyusui Bayi

Bila bayi rewel karena lapar maka orang tua perlu memberinya susu hingga bayi kenyang. Saat bayi merasa kenyang maka otomatis bayi akan tenang kembali dan bisa tidur dengan nyaman. Sebaiknya, Anda memberikan ASI kepada bayi dibandingkan dengan susu formula.

2. Menggendong Bayi

Selanjutnya, cara untuk menangani bayi yang rewel adalah dengan menggendongnya. Anda bisa menggendong bayi sambil mengayunkannya perlahan dengan cara duduk maupun berdiri.

Jika bayi masih rewel maka Anda bisa menggendong sambil berjalan-jalan kecil dan juga menyanyikan lagu. Dengan begitu, bayi pun menjadi lebih tenang.

3. Mengganti Popok Bayi

Kemudian, jika bayi menangis karena popoknya basah maka Anda perlu menggantinya dengan yang kering. Cek popok bayi setiap 3-4 jam sekali dan segera ganti apabila popok sudah basah. Pastikan bahwa popok yang digunakan tidak kasar dan membuat iritasi.

4. Memperhatikan Makanan Bayi

Jika penyebab bayi menangis pada malam hari adalah kolik maka Anda perlu memperhatikan kembali makanan apa saja yang dikonsumsi oleh bayi. Bisa jadi, bayi mengalami alergi ataupun terjadi masalah pada pencernaannya.

Lalu, pola makan bayi pun perlu diatur dengan baik. Buatlah jadwal makan bayi berdasarkan anjuran dari pakar medis.

5. Memindahkan Bayi Ke Tempat Tenang

Bayi sangat mudah terganggu dengan suara-suara keras karena masih sensitif. Untuk itu, Anda perlu memindahkan bayi ke ruangan yang lebih tenang supaya bayi tidak kaget dan takut karena adanya suara berisik yang mengganggu.

Anda juga bisa membedong bayi dan menemaninya supaya bayi merasa aman. Dengan demikian, bayi akan tidur kembali dengan tenang.

Demikianlah penyebab dan cara mengatasi bayi rewel malam hari yang perlu diketahui oleh orang tua bayi. Apabila cara-cara tersebut sudah dilakukan namun bayi tetap menangis maka Anda bisa membawanya ke dokter anak untuk meminta bantuan lebih lanjut.