Psikotes online merupakan salah satu hal yang harus dipelajari oleh calon pelamar kerja. Karena psikotes adalah salah satu rangkaian tes yang harus dilewati oleh para pencari kerja agar dapat diterima menjadi pegawai. Baik pada perusahaan swasta maupun instansi pemerintahan semua memberikan psikotes.

Calon pelamar harus mempelajari dengan baik mengenai psikotes ini, karena merupakan hal yang penting bagi perusahaan. Untuk mengetahui apakah kepribadian pelamar sesuai dengan yang dibutuhkan oleh perusahaan tersebut atau tidak.

Pengertian Psikotes

Psikotes adalah sebagai tes psikologi untuk pelamar kerja yang diberikan pihak perusahaan sebagai persyaratan pada proses penerimaan karyawan baru. Biasanya juga diberikan saat calon mahasiswa mendaftar di universitas atau kampus sebagai syarat seleksi masuk.

Psikotes sendiri adalah adalah tes tertulis atau evaluasi, secara visual dan verbal oleh seorang ahli psikologi. Tujuannya adalah untuk menilai dan mengetahui fungsi kognitif serta emosional seseorang. Sehingga psikotes tidak dilakukan oleh sembarang orang melainkan pemeriksa yang ahli dan terlatih secara klinis.

Sederhananya fungsi dari psikotes ini adalah untuk mendapatkan informasi mengenai kepribadian, sifat, sampai karakter seseorang. Sehingga dapat digunakan untuk memetakan potensi atau kemampuan seseorang di suatu bidang.

Sehingga alangkah baiknya para calon pelamar untuk senantiasa mempersiapkan diri dengan baik saat hendak mengerjakan psikotes. Karnea bisa menjadi tolok ukur bagi perusahaan yang dilamar apakah Anda layak diterima atau tidak di perusahaan tersebut.

Manfaat Psikotes Online untuk Perusahaan

Manfaat Psikotes Online untuk Perusahaan

Jaman sekarang psikotes sudah menjadi rangkaian yang penting untuk menyeleksi calon karyawan. Perusahaan bahkan mewajibkan pelamar yang menginginkan posisi yang penting untuk melalui tes psikotes. Hampir semua perusahaan maupun outsourcing mewajibkan psikotes karena manfaat berikut:

1. Sebagai Pengukur Potensi Kecerdasan Karyawan

Psikotes rupanya juga merupakan alat untuk mengukur potensi kecerdasan karyawan. Kecerdasan di sini bukan hanya meliputi kecerdasan intelegensi saja namun juga kecerdasan emosional dan spiritual. Karena tiga hal tersebut dapat memberi pengaruh buruk terhadap performa perusahaan.

Terutama untuk yang menduduki posisi penting sebagaimana manager misalnya yang memerlukan kemampuan kepemimpinan yang tinggi. Tentunya harus melewati tes psikotes ini untuk mengetahui kecerdasan emosional dan juga spiritualnya.

2. Agar Dapat Mengenali Kepribadian Karyawan

Saat sedang melakukan proses wawancara, biasanya orang menyadari 100 persen bahwa dirinya sedang diwawancara. Sehingga berusaha untuk menonjolkan sosok terbaik dari dirinya untuk dilihat oleh perusahaan. Sehingga pewawancara bisa tertipu kalau tidak menggali lebih dalam kepribadiannya.

Psikotes sangat penting untuk mengetahui seberapa tangguh pelamar tersebut dalam mengatasi beban kerja yang dihadapinya nanti. Karena menjadi pemimpin bukan hanya memikul beban dari atasan saja, namun juga kepada bawahan.

3. Untuk Memprediksi Performa Kerja Karyawan

Tidak semua orang memiliki performa kerja yang sama, ada orang yang dapat bekerja dengan sangat baik saat sendiri. Namun ada juga yang dapat memberikan kinerja terbaik saat bekerja sama dengan tim. Dengan tes psikologis semua hal tersebut dapat diketahui dengan mudah.

Psikotes ini sangat penting untuk mendapatkan informasi dari pelamar yang menginginkan posisi yang membutuhkan ketahanan terhadap tekanan dan Deadline. Sehingga dapat performa karyawan dapat diprediksi dari awal apakah membantu atau menghambat kinerja perusahaan.

4. Untuk Pemetaan Karyawan

Psikotes juga memiliki tujuan untuk mengetahui potensi dari karyawan, sehingga memudahkan penempatannya. Sehingga ketika karyawan bekerja sesuai dengan kemampuan, bakat dan minatnya, diharapkan akan memberikan kontribusi terbaik terhadap kemajuan perusahaan.

4 manfaat penting dari psikotes online tersebut akan menunjang kemajuan perusahaan. Karena dapat memilih karyawan yang sesuai dengan kriteria yang diinginkan.

NS Development Vendor Psikotes Online Terbaik

NS Development Vendor Psikotes Online Terbaik

Kalau Anda adalah perusahaan yang sedang mencari vendor psikotes online untuk merekrut karyawan. Maka tidak ada salahnya untuk bermitra dengan NS Development karena merupakan salah satu vendor psikotes terbaik.

Apalagi NS menyediakan beragam fitur dan layanan terbaik untuk mendukung  terlaksananya psikotes online. Beberapa fitur atau layanan tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Hasil psikotes yang cepat dan akurat secara realtime.
  2. Hasil juga dapat langsung didapatkan setelah peserta tes menyelesaikan tes
  3. Sudah terpercaya  karena sudah Lolos Uji Penelitian.
  4. Tools telah di uji dan di teliti kembali serta memperoleh data yang valid dan reliabel.
  5. Dapat memberikan laporan Psikologis
  6. Menyediakan laporan psikologi (psikogram) pada setiap alat tes. Perusahaan juga dapat melakukan custom psikogram (gabungan beberapa alat tes) sesuai dengan format asesmen perusahaan.
  7. Memberikan pengaturan hak akses dan design multi user
  8. Mampu mengatur hak akses fitur kepada peserta tes, termasuk tools yang akan disajikan.
  9. Mampu melakukan Deteksi Kecurangan
  10. Menggunakan sistem proctoring (Fitur Camera), Observasi secara analytic, dan juga identifikasi aplikasi yang digunakan untuk melihat aktifitas user saat pengerjaan tes.
  11. Menawarkan tes Classical (Massal)
  12. Memberikan tes yang dapat dilakukan tanpa batas peserta dalam waktu yang bersamaan.
  13. Sudah langsung terintegrasi Job Portal

Demikianlah yang harus anda pertimbangkan dengan baik saat memilih vendor psikotes online yang dapat menunjang kinerja perusahaan. Untuk mempelajari lebih lanjut mengenai NS Development sebagai mitra terbaik dengan mengunjungi https://nsd.co.id sehingga dapat mempelajari fiturnya dengan lebih jelas.