Agen travel menjadi salah satu profesi yang banyak digandrungi oleh orang-orang saat ini. Hal ini karena prospek pekerjaan yang sangat menjanjikan, terlebih dengan zaman yang serba digital seperti saat ini, proses promosi akan berlangsung sangat mudah.

Salah satu hal yang wajib dipelajari sebelum menjadi seorang agen travel yaitu pembukuan biaya masuk serta biaya keluar setiap paket yang ditawarkan. Sekarang, kamu sudah tidak perlu repot melakukan pembukuan secara manual. Gunakan aplikasi pembukuan BukuMitra oleh Bukalapak untuk proses yang lebih efisien dan efektif.

Kini, kamu dapat menjadi mitra di Bukalapak tanpa perlu mencari lokasi yang pas untuk memasang iklan dan sebagainya. Di sini kamu mendapatkan banyak kelebihan dan keuntungan sebagai mitra agen travel.

Namun, kamu perlu untuk mengetahui apa saja yang dilakukan oleh agen travel dan bagaimana proses keuangan yang dapat kamu Kelola selama menjadi mitra. Tidak perlu khawatir, karena terdapat fitur BukuMitra yang nantinya akan memudahkan kamu dalam mengelola keuangan sebagai mitra di sini.

Nah, lebih lanjut, yuk cari tahu mengenai jadi agen travel Bersama BukuMitra Bukalapak di sini.

Menjadi Mitra Agen Travel

Menjadi Mitra Agen Travel

Agen travel merupakan agen yang menyediakan produk berupa tiket transportasi, akomodasi, dan proses perjalanan bagi konsumen. Agen travel akan melakukan reservasi tiket, memilih destinasi perjalanan, menyiapkan dokumen perjalanan, hingga menukar mata uang asing.

Selain itu, terdapat hal-hal yang perlu kamu lakukan untuk menjadi agen travel, yaitu:

  • Melakukan transparansi harga kepada konsumen
  • Mendapatkan legalitas atau perjanjian resmi
  • Menyediakan sistem pembayaran dengan mitra perbankan
  • Melakukan proses reservasi dengan jelas, dan
  • Melampirkan nota atau bukti pembayaran serta bukti perjalanan kepada konsumen.

Tidak begitu sulit, kan? Kamu akan mendapatkan banyak keuntungan sebagai mitra agen travel di sini. Itu akan memudahkan kamu dalam mengembangkan bisnis dan membangun kepercayaan kepada konsumen dan calon konsumen kamu. Beberapa keuntungan menjadi mitra agen travel di Bukalapak, yaitu:

  • Tidak membutuhkan modal besar
    Siapa bilang agen travel perlu modal besar? Kamu tidak perlu menyiapkan dana yang banyak untuk menjadi agen travel. Cukup dengan modal Rp 500.000 hingga Rp 1.000.000 serta laptop atau smartphone, kamu sudah siap menjadi agen travel.
  • Operasional yang mudah
    Di Bukalapak, operasional bisnis kamu akan berjalan dengan mudah. Kamu hanya perlu mendaftarkan bisnis kamu sebagai mitra yang dapat dilakukan melalui aplikasi atau website. Setelah itu, setiap proses jual beli dapat kamu lakukan, tersedia berbagai petunjuk yang dapat kamu ikuti.
  • Komisi dan minim risiko
    Hal ini merujuk ke kondisi ketika, semakin jauh jarak destinasi pesawat yang dipesan oleh konsumen, maka semakin banyak komisi yang kamu dapatkan. Menguntungkan, kan? Selain itu, kamu juga tidak perlu membeli barang untuk dijual kembali.
  • Berpotensi sebagai usaha jangka panjang
    Mengapa usaha jangka panjang? Karena setiap orang tentu akan membutuhkan agen travel untuk membantu proses perjalanan mereka hingga kembali ke tempat asal. Berwisata, perjalanan bisnis, atau one way trip menggunakan berbagai transportasi akan sangat menguntungkan bisnis kamu.
  • Memiliki relasi
    Di sini, sebagai agen travel, kamu akan mendapatkan banyak relasi selagi menjalankan bisnis kamu. Ini akan membantu kamu untuk melakukan pemesanan tiket atau akomodasi perjalanan sehingga kamu dapat menjalin kerja sama.
  • Dapat melakukan inovasi usaha travel
    Banyak agen travel yang kemudian melakukan inovasi jangka panjang. Setelah sekian lama menjadi agen travel, kamu bisa saja tertarik untuk mengembangkan usaha kamu untuk memiliki kantor travel yang mampu menampung kapasitas yang banyak.
  • Tidak perlu memiliki lokasi usaha
    Nah, yang paling penting adalah kamu tidak perlu memiliki lokasi usaha untuk menjadi agen travel. Biasanya agen travel perlu untuk memiliki lokasi, namun di sini kamu cukup mendaftarkannya melalui aplikasi atau website, kamu sudah bisa menjalankan bisnis kamu.

Cukup mudah kan untuk menjadi mitra agen travel di Bukalapak, bukan? Tidak hanya itu, beberapa produk yang dapat kamu jual akan mendapatkan cashback seperti tiket pesawat dengan cashback sebanyak 2%, tiket bus sebanyak 3%, dan tiket kereta mendapatkan cashback hingga Rp 4.500.

Mitra Agen Travel bersama BukuMitra

Setelah menjadi agen travel, kamu mungkin akan kesulitan dalam mengelola keuangan bisnis kamu. Nah, di sini terdapat fitur BukuMitra yang nantinya akan memudahkan kamu dalam mengelola keuangan terlebih sebagai mitra agen travel.

Lalu, apa itu BukuMitra?

BukuMitra merupakan fitur yang dirilis oleh Bukalapak untuk mencatat laporan keuangan dan melakukan promosi usaha secara gratis. Untuk mengelola keuangan tersebut hanya menggunakan aplikasi digital yang dapat kamu pantau kapan saja dan dimana saja. Selain mengelola keuangan, kamu juga dapat melakukan promosi menggunakan BukuMitra, menarik kan?

Selain itu, BukuMitra juga memiliki tiga fitur yang dapat kamu gunakan, yaitu:

  • Pembukuan Keuangan
    Di sini, kamu dapat mencatat setiap keuangan yang kamu dapatkan dan kamu keluarkan untuk keperluan bisnis. Terdapat banyak fitur yang nantinya akan memudahkan kamu dalam mencatat secara efisien dan lebih praktis.
  • Pencatatan Utang dan Piutang
    Selain pengelolaan keuangan, kamu juga dapat menggunakan fitur pencatatan utang. Di sini kamu dapat memantau total utang dari bisnis kamu dan mendata setiap piutang agar kamu dapat mengembangkan bisnis dengan mudah.
  • Media Promosi
    Nah, selain fitur untuk pengelolaan keuangan, kamu juga dapat melakukan promosi untuk bisnis kamu sehingga dapat menarik lebih banyak konsumen. Kamu hanya perlu menyiapkan katalog produk yang nantinya akan menjadi bahan promosi bisnis kamu. Katalog tersebut yang kemudian nantinya akan kamu sebar dan dapat kamu download untuk disebarkan ke media sosial lainnya.

Nah, bagaimana? Sangat mudah untuk menjadi mitra agen travel bersama BukuMitra Bukalapak, bukan? Sekarang saatnya untuk mengembangkan bisnis kamu dengan mudah, praktis dan efisien hanya dengan aplikasi yang dapat kamu pantau kapan saja dan di mana saja dengan Bukalapak.