Dunia online sudah tidak bisa dielakkan lagi keberadaannya. Segala sesuatunya mulai menggunakan online. Mau tidak mau memang kita dituntut untuk terus mengikuti perkembangan zaman. Secara otomatis kita akan ikut melakukan pembayaran online.

Kegiatan transaksi berbagai barang dan jasa yang dulunya dilakukan dengan tatap muka secara langsung, kini cukup diwakili dengan meninggalkan pesan dan melakukan panggilan. Cara-cara yang dilakukan serba online ini memiliki kelebihan dan kelemahannya masing-masing.

Metode Pembayaran Online yang Biasa Digunakan

Metode Pembayaran Online yang Biasa Digunakan

Banyaknya marketplace dan fintech turut mewarnai perkembangan dunia digital yang seakan tidak ada matinya. Keanekaragaman tersebut kemudian menciptakan banyak pilihan metode pembayaran online yang bisa dilakukan oleh siapapun, dimanapun, dan kapanpun.

Beberapa metode pembayaran online yang biasa digunakan oleh masyarakat umum dapat kamu simak ulasannya berikut ini.

1. Saldo

Pembayaran dengan saldo ini biasanya tersedia di masing-masing marketplace. Seseorang bisa memiliki saldo dari uangnya sendiri dan saldo yang diperoleh dari hasil penjualannya di marketplace tersebut jika ia berperan sebagai penjual.

2. OVO

Metode pembayaran online OVO menawarkan dua cara yaitu dengan OVO cash dan OVO point.

3. Transfer Antar Bank

Cara pembayaran online ini cukup familiar karena pada awalnya orang-orang melakukan pembayaran online melalui transfer antar Bank. Sayangnya metode ini memerlukan biaya tambahan jika Bank yang dituju berbeda dengan Bank pengirim.

Persoalan tersebut menjadi salah satu pemantik sehingga timbul inovasi metode pembayaran yang lebih fleksibel dan murah. Berawal dari sinilah kemudian transfer antar Bank secara langsung menjadi bergeser dengan cara menggunakan aplikasi pihak ketiga.

4. BCA Klik Pay

Untuk melakukan pembayaran online dengan cara ini kamu harus mengakses link klikbca.com lalu melakukan registrasi terlebih dahulu.

5. LinkAja

Pembayaran online dengan cara ini akan dilakukan dengan berbasis pada aplikasi. Apliksai LinkAja menerapkan dua jenis pelayanan dan limitasinya dalam pembayaran uang digitalnya.

6. Jenius Pay

Kamu hanya bisa melakukan pembayaran dengan metode ini pada website atau aplikasi merchant yang sudah berafiliasi dengannya. Keuntungan menggunakan metode pembayaran ini yaitu kamu tidak perlu menggunakan kartu kredit, e-wallet, transfer antar Bank ataupun kartu debit.

7. Cicilan Tanpa Kartu Kredit

Jika mulanya orang hanya mengenal membayar cicilan dengan menggunakan cicilan kartu kredit, kini para fintech sudah menyediakan layanan pembayaran cicilan tanpa perlu menggunakan kartu kredit.

Yang termasuk dalam kategori cicilan tanpa kartu kredit yaitu Kredivo, OVO Paylater, Shopee Paylater, Indodana, BRI Ceria, Gojek Paylater, Tokopedia Paylater, Traveloka Paylater, Blibli Paylater, Cicil, Home Credit, Julo, Lazada Paylater, dan Dana Cita.

8. COD (Cash on Delivery)

Pembayaran online ini bisa dibilang tidak sepenuhnya dilakukan secara online karena kamu hanya melakukan kesepakatan pembayarannya saja yang dilakukan secara online. Selebihnya untuk menyelesaikan pembayaran kamu harus menyerahkan uang tunai.

9. JakOne Mobile

Layanan ini merupakan bentuk dari mobile Banking dan mobile Wallet yang hanya bisa digunakan pada merchant afiliasi dari Bank DKI.

10. Credit Card

Jika kamu ingin melakukan transaksi pembayaran online menggunakan credit card, pastikan kamu masih mampu mengontrol dirimu dan jumlah dana yang akan dibayarkan. Dengan credit card kamu bisa membeli apapun meskipun belum ada dananya.

Bagaimanapun juga credit card membuatmu menjadi berhutang dan ia juga mungkin membebankan biaya tambahan lainnya jika kamu terlambat membayarnya. Maka, sebaiknya kamu mencatat setiap pengeluaran yang dilakukan menggunakan credit card.

11. BRImo

Aplikasi pembayaran online ini hanya bisa kamu gunakan jika memiliki rekening BRI dan akun BRImo. Jika sudah memiliki keduanya, kamu cukup menunjukkan kode QR ketika akan membayar belanjaanmu di kasir.

BRIAPI

Metode pembayaran di atas hanyalah sebagian kecil dari sekian banyaknya merchant, marketplace, dan fintech yang ada. Bayangkan saja jika kamu harus menginstal semua aplikasi tambahan ataupun membuka satu persatu secara manual, pasti kamu akan jenuh.

Tidak hanya jenuh, waktumu pun akan lebih banyak terbuang untuk mengaksesnya. Belum lagi jika koneksi internetmu sedang tidak stabil, sedangkan kamu perlu mengakses layanan tersebut secepatnya. Yang ada justru kamu hanya akan tertekan dengan kondisi ini.

Meskipun tidak semuanya harus kamu instal, tetap saja akan ada banyak aplikasi yang terinstal di ponselmu. Hal ini akan jelas kamu rasakan ketika kamu berperan sebagai seorang penjual. Sebagai seorang penjual tentu kamu menginginkan income yang besar.

Untuk bisa mendapatkan income yang besar maka kamu juga perlu melakukan usaha yang besar pula. Usaha ini biasanya dilakukan oleh para penjual dengan cara mengepakkan sayapnya melalui berbagai social media dan marketplace yang ada.

Setelah memamerkan dagangannya, para penjual harus bisa memberikan kemudahan dan pelayanan yan memuaskan bagi calon pembelinya. Salah satu kemudahan yang sering ditanyakan oleh calon pembeli yaitu metode pembayarannya.

Pada umumnya pembeli akan meminta penjual untuk memberikan cara pembayaran termudah yang bisa dilakukan oleh calon pembeli. Sepert yang sudah kita ketahui bahwa pembeli adalah raja, maka penjual harus mampu memberikan pelayanan terbaik dan termudah untuknya

Pembeli yang berasal dari berbagai kalangan ini tentunya memiliki cara pembayarannya masing-masing. Yang mana cara tersebut bisa saja berbeda-beda, sehingga agar mereka puas dengan pelayananmu, kamu harus mengiyakan metode pembayaran tersebut.

Disinilah kamu perlu menggunakan BRIAPI agar kamu tetap bisa terhubung dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya tanpa perlu membutuhkan waktu akses yang lebih lama. BRIAPI akan membantu menghubungkanmu dari satu aplikasi ke aplikasi berikutnya secara otomatis.

Dengan adanya jembatan yang dibuatkan oleh BRIAPI ini diharapkan agar kamu dapat dengan cepat dan tepat dalam menyelesaikan proses transaksimu. Jika ingin memahami BRIAPI lebih dalam lagi, kamu bisa mengakses informasi lengkapnya di developers.bri.co.id.

Itulah beberapa metode pembayaran online yang biasa digunakan saat melakukan berbagai transaksi. Banyaknya metode pembayaran tersebut tidak akan membuatmu pusing lagi karena harus lompat dari satu aplikasi ke aplikasi berikutnya ketika kamu sudah menginstal BRIAPI.