Kelebihan dan Kekurangan Internet Satelit – PBB menyatakan bahwa mereka menganggap internet sebagai hak asasi manusia. Meski begitu, sekitar separuh penduduk dunia saat ini belum bisa online karena sambungan kabel tidak bisa digeser kemana-mana, mereka membutuhkan infrastruktur tambahan untuk diambil.

Selain itu, tantangan seperti sensor internet sedang menghampiri kami. Namun, Internet Satelit yang disebut “gelombang masa depan” mungkin mengubah semua saat ini. Internet telah menjadi sumber utama bagi konsumen.

Keuntungan Internet Satelit

  • Cakupan Global

Tautan satelit memberikan cakupan di lokasi mana pun di bumi. Sebuah satelit tunggal di orbit geostasioner dapat mencakup jarak seluas seluruh lautan atau benua. Cakupan wilayah yang luas ini membuat akses internet menjadi cepat dan mudah meskipun dengan segala macam kendala geografis.

  • Kecepatan

Internet jenis ini lebih cepat daripada koneksi dialup. Meskipun tergantung pada paket yang Anda beli, Anda dapat mengharapkan kecepatan satelit menjadi sepuluh hingga tiga puluh lima kali lebih cepat daripada dialup.

  • Hemat Biaya

Di lokasi yang tidak terlayani, biayanya antara $10.000- $100.000 untuk meletakkan satu mil serat. Selain investasi yang tinggi, mungkin diperlukan beberapa bulan untuk menyelesaikan penyebaran serat dan membuatnya tersedia untuk masing-masing lokasi. Jadi, jika Anda tidak memiliki konektivitas terestrial, internet satelit adalah sarana akses Internet berkecepatan tinggi yang paling hemat biaya.

  • Instalasi dan Penerapan Instan

Antena satelit dapat langsung dipasang dan dipasang dalam hitungan beberapa jam. Untuk solusi seluler dan yang dapat diangkut, Anda dapat mengatur dan menyambungkan ke Internet dalam waktu kurang dari 10 menit yang menjadikannya instan.

  • Keandalan

Dibandingkan dengan layanan jaringan terestrial seperti kabel atau DSL, ada lebih sedikit peluang untuk pemadaman jaringan. Dengan layanan terestrial, pemadaman jaringan dapat terjadi di titik mana pun di sepanjang infrastruktur sedangkan jaringan satelit yang lengkap dapat bekerja secara independen dari infrastruktur terestrial dan mempertahankan konektivitas selama peralatan diberi daya.

Kekurangan Internet Satelit

  • Latensi

Latensi adalah jumlah waktu yang dibutuhkan informasi dari komputer Anda untuk mencapai tujuannya. Dalam kasus internet satelit, Anda harus mengirim data ke luar angkasa, ke ISP Anda dan kembali lagi yang menyebabkannya memiliki latensi yang buruk atau kecepatan ping yang tinggi.

  • Batas Data

Secara sederhana, batas data Anda adalah seberapa banyak informasi yang boleh Anda dapatkan. Tergantung pada penyedia layanan dan paket yang dibeli, Anda mungkin memiliki batas data satelit serendah 10 GB per siklus penagihan.

  • Cuaca

Cuaca mempengaruhi jalur sinyal internet jenis ini.

  • Relatif Mahal

Meskipun biaya pemasangannya tidak terlalu besar, internet satelit relatif mahal.

  • Hambatan

Bahkan penghalang kecil dapat memblokir sinyal internet satelit. Jadi, sistem di daerah tropis perlu terus-menerus diperiksa untuk pohon yang tumbuh di jalur.

  • Ketidakcocokan VPN

VPN tidak kompatibel dengan internet. VPN menuntut bandwidth tinggi untuk unggahan dan unduhan; mereka membutuhkan latensi rendah, pengaturan bandwidth tinggi yang merupakan kebalikan dari apa yang akan Anda dapatkan dengan internet satelit.

Jadi Apa Sebenarnya Internet Satelit itu?

Internet satelit pada dasarnya adalah internet nirkabel yang hanya membutuhkan 3 antena parabola; satu di hub penyedia layanan internet, satu di luar angkasa dan satu lagi di properti Anda. Selain itu, modem dengan kabel yang mengalir ke dan dari antena juga diperlukan. Antena di properti Anda berkomunikasi dengan antena parabola di atas khatulistiwa bumi, mirip dengan cara kerja televisi satelit dan untuk itu Anda bisa kunjungi Skaternet 3d untuk info penting lainnya.

Saat ini, perusahaan seperti SpaceX dan Google sedang berusaha untuk menyempurnakan teknologi ini. Tidak dapat disangkal, ada tantangan besar dan seperti setiap teknologi lainnya, internet jenis ini memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri.

Demikianlah Artikel yang saya tulis tentang Kelebihan dan Kekurangan Internet Satelit semoga bermanfaat, terimakasih.