Berinvestasi saat ini menjadi pilihan bijak untuk mengatur masa depan yang lebih baik. Dengan berinvestasi berarti kita menabung untuk kepentingan kita di waktu yang akan datang. Pilihan investasi ini sangat diperlukan agar kita bisa mengontrol pendapatan dan pengeluaran kita sehari-hari.

Jenis investasi yang tersedia sangat beragam. Mulai dari investasi jangka pendek sampai investasi jangka panjang. Semuanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Sesuaikan saja dengan kebutuhan kita dan kemampuan keuangan kita untuk berinvestasi. Tujuannya selain untuk tabungan masa depan, juga untuk dana darurat jika terjadi sesuatu di luar dugaan. Seperti sakit atau kecelakaan.

Apa itu Investasi ?

Investasi secara sederhananya diartikan sebagai tabungan masa depan. Sementara pengertian secara umum adalah penanaman sejumlah dana yang dilakukan oleh perseorangan atau badan usaha dalam jangka waktu tertentu yang tujuannya adalah penerimaan dana yang lebih besar di masa yang akan datang.

Tujuan investasi beragam, tergantung kebutuhan orang yang berinvestasi. Seperti tabungan pendidikan anak, tabungan untuk membuka sebuah usaha baru atau membangun rumah. Besarnya investasi pun beragam tergantung kemampuan masing-masing individu dan keperluan yang ingin dicapai.

Jenis investasi saat ini mulai beragam. Mulai dari tabungan biasa, deposito, saham, reksadana, P2P Lending hingga investasi emas.

Dari sejumlah investasi yang tersedia, investasi emas cukup menjanjikan. Apalagi bentuk investasinya bukan berupa dana, melainkan emas batangan. Dimana harga emas mengikuti harga emas dunia. Sehingga jika dirupiahkan nilainya bisa lebih besar. Karena perhitungannya dihitung dari beraga gram emas yang disimpan.

Berinvestasi emas terdengar menarik, mengingat harga emas bisa naik. Sehingga jumlah tabungan emas kita bisa naik juga ketika dirupiahkan. Missal kita menabung emas 1 gram di harga emas 1 juta. Lalu harga emas dunia naik menjadi 1,2 juta rupiah. Maka ketika kita mengambil tabungan kita. Nilai tabungan kita mengikuti harga emas dunia yang sedang naik tersebut.

Panduan Cara Berinvestasi Emas Secara Online

Cara Berinvestasi Emas Secara Online

Berinvestasi emas memang unik. Bentuk investasinya berupa emas yang bisa kita lihat perkembangannya di harga emas dunia. Uniknya tabungan emas ini tentu saja menarik minat sejumlah penginvestasi untuk mencoba investasi emas. Masalahnya dalam keadaan pandemi seperti ini, rasanya sulit untuk datang ke toko pegadaian untuk menabung emas.

Kabar baiknya, investasi emas saat ini bisa dilakukan secara online loh. Investasi emas online disediakan oleh pihak pegadaian dengan cara yang mudah dan praktis. Caranya :

1. Top Up Emas di Aplikasi Pegadaian

Pegadaian saat ini punya aplikasi yang bisa diunduh melalui smartphone. Namanya aplikasi pegadaian Ada fitur belie mas setelah kita mengisi data yang tersedia. Di sana kita bisa menentukan beli emas berapa gram untuk kita masukkan lewat tabungan emas yang sudah terverifikasi.

2. Jual Emas di Pegadaian Digital

Kita bisa mencairkan tabungan emas kita ke dalam uang tunai melalui fitur jual emas. Jumlahnya tentu saja mengikuti berapa gram emas yang kita punya. Misalnya tabungan emas kita menyimpan 5 gram emas. Maka nilai rupiah yang akan kita dapatkan adalah 5 gram dikalikan harga emas saat ini.

Keuntungannya adalah pada letak harga emas yang sedang beredar. Jika saat kita menabung emas, harga emas masih 900 ribu misalnya. Lalu kita punya tabungan 5 gram. Seharusnya uang yang kita ambil bernilai 4,5 juta.

Di tabungan emas tidak demikian. JIka saat kita menabung emas, harga emas masih 900 ribu. Sementara saat kita ingin mencairkannya harga emas naik menjadi 1,5 juta misalnya. Maka uang yang akan kita peroleh bukan 4,5 juta lagi. Melainkan. 1,5 juta dikalikan 5 gram yaitu 7,5 juta. Lebih besar kan.

3. Transfer Saldo Emas di Pegadaian Digital

Kita juga bisa transfer saldo emas melalui aplikasi pegadaian pada fitur transfer saldo emas. Transaksi yang diperbolehkan adalah minimal 1 gram dan menyisakan setidaknya 0,1 gram di dalam tabungan.

4. Mencetak Emas Secara Online

Mencetak emas bisa lebih muda melalui aplikasi emas di pegadaian. Caranya dengan melakukan pembelian emas mulai dari 1 gram, 2 gram, 5 gram, 10 gram, 25 gram, 50 gram dan 100 gram.

Emas yang tercetak dipastikan resmi dan 24 karat karena berbentuk logam mulia. Jadi bisa dijadikan investasi yang tepat.

Cara Berinvestasi Melalui P2P Lending

Cara berinvestasi juga bisa dilakukan lewat P2P Lending yang bermanfaat untuk membantu UKM. Dimana P2P Lending sendiri adalah aplikasi online Peer-to-Peer Lending Indonesia yang resmi. Sudah mendapatkan ijin dan pengawasan langsung dari Otoritas Jasa Keuangan dengan Ketentuan no 77/POJK.01/2016.

Layanan P2P Lending yang dimaksud adalah Akseleran yang fusnginya untuk media pinjam meminjam uang untuk membantu para UKM yang membutuhkan modal usaha.

Penginvestasi juga bisa meminjamkan modal berupa investasi emas kepada peminjam melalui Akseleran. Bunganya ringan dan lebih bisa dipercaya yang memberikan pinjaman adalah perseorangan atau badan usaha.