Halo, guys! Kali ini, aku mau berbagi, nih, mengenai pengalamanku menggunakan PayLater di Traveloka. Berkat aplikasi ini, aku bisa membeli tiket pesawat dan reservasi kamar hotel dengan cicil tanpa kartu kredit. Kok, bisa, sih? Ya, bisa, dong! Zaman sekarang, semua sudah serba canggih. Kalau enggak pandai memanfaatkannya, kita yang rugi dan kehilangan kesempatan.

Cara Mendaftar dan Mengaktifkan PayLater

Cara Mendaftar dan Mengaktifkan PayLater

Oke, langsung saja, ya. Pertama, aku akan sharing mengenai cara mendaftar dan mengaktifkan PayLater hingga bisa digunakan untuk bertransaksi. Percaya, deh, enggak sulit sama sekali.

Tahap pertama, download dulu aplikasi Traveloka di smartphone kamu. Ingat, fitur PayLater memang hanya tersedia di aplikasi, ya, guys! Kalau kamu coba mencarinya di laman website, kamu akan langsung diarahkan untuk memasang aplikasinya, baik dari Google Play maupun App Store. Jadi, sebaiknya pasang dulu aplikasinya.

Tahap kedua, buka aplikasi Traveloka, kemudian ketuk travelokaPay, dan pilih PayLater. Sebagai calon pengguna, kamu akan masuk ke halaman pendaftaran.

Tahap ketiga, isi semua kolom yang kosong dengan informasi yang benar. Kamu akan diminta untuk mengisi data pribadi, data keluarga, dan data pekerjaan. Pastikan kamu mengisi nomor kontak anggota keluarga yang bisa dihubungi.

Tahap keempat, lakukan foto diri bersama dengan KTP. Foto ini dibutuhkan untuk keperluan verifikasi sebelum kamu bisa menggunakan akun untuk bertransaksi.

Tahap kelima, Setelah melakukan semua langkah tersebut, tunggu maksimal 1 jam kerja untuk proses verifikasi.

Nah, pada tahap ini, sangat penting untuk memastikan nomor telepon kamu dan anggota keluarga bisa dihubungi. Berdasarkan pengalaman, pengajuan PayLater bisa saja ditolak karena nomor kontak yang dicantumkan tidak aktif. Kalau sudah begini, jangan takut, kamu bisa mengulang pendaftaran dari awal.

Terakhir, jika semua syarat terpenuhi, kamu bisa langsung menggunakan akun PayLater untuk bertransaksi saat itu juga.

Oh, ya, penting dicatat juga, syarat usia pemohon adalah telah berusia 21 tahun atau maksimal 70 tahun. Selain itu, pemohon juga harus memiliki dokumen KTP yang sah karena dokumen ini nantinya akan dibutuhkan saat verifikasi.

Cara Bertransaksi dan Membayar Tagihan

Cara Bertransaksi dan Membayar Tagihan

Setelah memiliki akun PayLater, yuk langsung gunakan untuk membeli berbagai produk yang tersedia di Traveloka.

Begini cara mudah bertransaksi dengan PayLater:

  • Buka aplikasi Traveloka. Pilih produk yang ingin dibeli.
  • Setelah itu, masuk ke halaman Pembayaran. Pilih opsi PayLater untuk membayar transaksi.
  • Pilih opsi cicilan yang diinginkan. Perlu diketahui, nominal minimal cicilan adalah Rp100.000 per bulan.
  • Setelah memilih PayLater, kamu akan menerima OTP lewat SMS ke nomor telepon yang dicantumkan. Masukkan OTP di aplikasi dan transaksi pun otomatis selesai.

Bagaimana jika kamu ingin membayar tagihan atau cicilan di PayLater? Gampang juga, kok! Nih, aku beritahu step by step yang perlu kamu lakukan.

  • Buka aplikasi Traveloka, ketuk travelokaPay, dan pilih opsi PayLater.
  • Pada tab Payment atau Pembayaran, kamu akan melihat daftar Pembayaran Saat Ini atau Pembayaran Mendatang.
  • Pilih pembayaran yang ingin dilunasi. Beri centang pada kotak yang diinginkan.
  • Cek Jumlah yang akan dibayar. Jika sudah sesuai, ketuk Bayar Sekarang.
  • Pilih opsi pembayaran, bisa dengan menggunakan transfer bank atau Virtual Account.
  • Setelah itu, kamu akan mendapatkan notifikasi bahwa pembayaran telah berhasil.

Beberapa Keunggulan Traveloka PayLater

Kamu perlu tahu apa saja keunggulan PayLater Traveloka sebelum menggunakannya. Jadi, kamu bisa memaksimalkannya untuk memenuhi kebutuhan maupun keinginan.

Keunggulan pertama, limit awal PayLater mencapai Rp10.000.000. Artinya, sebagai pengguna baru, kamu bisa menggunakan akun ini untuk membeli berbagai produk yang tersedia hingga maksimal Rp10.000.000.

Ini penting banget, sih! Yang namanya biaya perjalanan memang enggak murah. Harga tiket pesawat aja bisa jutaan sekali jalan. Belum lagi harus booking kamar hotel, membeli tiket kereta api, dan membeli tiket atraksi atau masuk ke tempat wisata.

Akan tetapi, kamu tak perlu khawatir soal pembayaran ya, guys! Pembayaran bisa dilakukan dengan cicilan hingga 12 kali. Tiap bulan, minimal pembayaran sebesar Rp100.000. Wow! Ringan banget terutama bagi yang berpenghasilan biasa-biasa saja.

Soal bunga, pembayaran cicilan akan dikenakan bunga rendah dan flat sebesar 2.14%-5.00% per bulan. Jangan lupa, kamu bisa menggunakan promo potongan bunga cicilan PayLater jika ada untuk mengurangi kewajiban yang harus dibayar.

Untuk membayar cicilan atau tagihan, kamu hanya perlu melakukan transfer bank atau menggunakan Virtual Account. Praktis dan cepat. Enggak ada istilah menunda pembayaran karena proses yang rumit.

Kamu juga bisa melihat riwayat transaksi di PayLater secara real time. Ini penting banget bagi kamu yang sering tidak bisa mengontrol keinginan. Dengan melihat catatan tersebut, kamu bisa lebih bijak dan cermat dalam melakukan pembelian.

Selain itu, ada pula fitur terbaru yang ditawarkan aplikasi ini kepada para pengguna, yaitu Traveloka PayLater Virtual. Melalui fitur ini, pengguna bisa bertransaksi di berbagai merchant online pilihan hanya dengan menggunakan Virtual Number. Kamu pun bisa dengan mudah mengaktifkan Virtual Number melalui aplikasi.

Fitur terbaru ini tersedia untuk para pengguna terpilih yang telah memiliki akun PayLater. Virtual Number bisa diajukan sebelum melakukan pembayaran dan hanya valid selama 15 menit. Untuk transaksi di atas Rp1.000.000, kamu bisa melakukan pembayaran dengan metode cicilan hingga 12 bulan. Jadi, kebutuhan idaman tercukupi, pembayaran pun lebih ringan.