Mengisi waktu luang untuk memainkan permainan seru di ponsel adalah ide yang bagus. Bukan hanya memberi efek menghibur, aktivitas ini juga punya sisi manfaat lain.

Secara medis, memainkan game yang seru akan meningkatkan kemampuan kognitif manusia. Ada berbagai riset yang sudah mengungkapnya. Tentu saja, ini berlaku selama kamu tetap bijak dengan memperhatikan durasi dan kondisi.

Kami telah mengumpulkan deretan game terbaik yang kamu bisa mainkan di Android. Kamu bisa jajal sendiri untuk membuktikan keseruannya!

Game Farms Traveloka

Kalau kamu mencari game online yang memang dibuat untuk membuat player senang, tidak menguras pikiran dan emosi, serta simple, maka ini adalah jawabannya.

Dalam Game Farms Traveloka, kamu bisa memainkan puluhan game seru yang cocok dimainkan saat bersantai. Jadi, jika kamu bosan dengan satu game, kamu bisa main yang lain tanpa perlu keluar dari aplikasi Traveloka.

Menariknya, kamu juga dapat memainkannya melalui situs web tanpa mendownload aplikasinya. Jadi, selain bikin seru, Game Farms juga bikin kuota lebih hemat.

Hal yang paling spesial dari permainan seru gratis ini adalah hadiah yang bisa kamu dapatkan. Poin-poin yang kamu kumpulkan dalam setiap kemenangan, bisa kamu tukar dengan berbagai keuntungan saat reservasi hotel atau tiket pesawat di Traveloka.

Among Us

Permainan seru multiplayer yang muncul pada 2018 ini sempat viral dan memancing perhatian banyak gamers untuk mencobanya.

Game play-nya cukup sederhana. Sebagai player, kamu punya pilihan bermain sebagai crew mate atau impostor.  Jika kamu crew mate, maka tugasmu adalah menyelesaikan misi sebaik mungkin sekaligus mencegah sabotase dari impostor.

Apabila kamu bertindak sebagai impostor, maka tugasmu membunuh seluruh crew mate tanpa ketahuan dengan melakukan berbagai sabotase. Jadi, kamu menang jika sukses jadi pengkhianat.

Sayangnya, karena peminat game ini banyak, sebagian user di Google Play Store mengeluh karena susahnya terhubung dalam room untuk ikut bermain.

Pokemon GO

Game ini diadaptasi dari serial film kartun Pokemon yang populer pada awal tahun 2000-an di Indonesia.

Untuk dapat mengikuti alur permainan Pokemon Go, kamu perlu banyak keluar rumah dan berjalan-jalan untuk menemukan pokemon. Hal itu karena sistem yang developer game ini bangun menyesuaikan dengan realitas visual yang ada di Google Maps.

Dengan cara bermain yang seperti ini, jelas Pokemon Go bukan pilihan oke bagi kamu yang suka mager. Sebaliknya, untuk yang senang traveling, main Pokemon pasti seru. Hobimu akan klop dengan game ini.

Sayangnya, ketika kamu menutup aplikasi dan mematikan Maps, maka otomatis kamu tak akan mendapatkan notifikasi kehadiran pokemon. Jadi, meskipun cara mainnya tak begitu rumit, game ini bisa jadi menguras konsumsi baterai dan kuota.

Plants vs Zombie

Game seru gratis ini merupakan permainan yang semula hype di PC. Meskipun sederhana, untuk memenangkannya kamu tetap perlu mengasah otak dan kecepatan.

Sebagai player, kamu bertugas menjaga rumah agar tidak dimasuki Zombie. Caranya, dengan menanam aneka tanaman yang mampu membunuh dan menghambat Zombie untuk mendekat.

Kamu perlu mengumpulkan koin untuk upgrade kualitas tanaman dan mengalahkan gerombolan zombie yang bertambah banyak setiap level-nya dengan lebih cepat.

Jika mau simpel, kamu bisa mendapatkan koin dengan mengeluarkan uang. Tapi jika tidak, maka kamu harus bersabar untuk meraih kemenangan demi kemenangan.

Brain Out

Brain Out merupakan permainan seru android yang akan memaksa otak berpikir keras. Kamu perlu memecahkan misteri dalam setiap stage agar dapat menamatkan game dan menuntaskan rasa penasaran.

Selain mengasah IQ, game ini juga sebenarnya menuntut kehadiran imajinasi. Faktanya, terdapat pula jawaban dari banyak stage yang ternyata menabrak logika.

Sepanjang bermain, kamu akan ditemani dengan musik yang membantumu untuk berpikir dengan jernih.

Dengan berbagai fakta tersebut, kamu akan dapatkan keseruannya jika pada dasarnya kamu senang berpikir keras.

Jadi, jika kamu tak masuk kriteria ini, ada baiknya coba game yang lain.

Subway Surfers

Berlari terus dan mendapatkan sebanyak mungkin poin. Sesederhana itulah cara main Subway Surfers yang bisa juga kamu coba mainkan.

Kamu hanya perlu tap tap layar untuk menghindari rintangan agar tidak terjatuh. Semakin jauh kamu mampu berlari, maka semakin banyak potensi koin dan poin yang bisa kamu kumpulkan.

Dengan koin, kamu bisa upgrade perlengkapan, membeli karakter, pelindung dan berbagai item yang mempermudah permainan.

Meskipun terkesan seperti permainan anak-anak, namun game ini sebenarnya seru juga jika dimainkan orang dewasa.

Citampi Stories

Walau besutan developer lokal, game bergenre RPG (Role Playing Game) ini tak kalah seru dengan game RPG luar negeri.

Dalam permainan ini, kamu adalah seorang pemuda yang harus berjuang mencari uang di suatu desa bernama Citampi demi membayar hutang orang tua . Kamu akan menjalani real life dengan bekerja, bersosialisasi, hingga membangun rumah tangga.

Bagi generasi yang dulu akrab Playstation 1&2, game ini bisa bikin kamu bernostalgia dengan Harvest Moon karena kemiripan game play-nya.

Perbedaan paling mencolok terletak pada setting-nya yang khas Indonesia. Selain itu, kamu akan diberikan banyak quest untuk mendapatkan berbagai tahapan kehidupan yang baru.

Satu lagi, Citampi Stories juga merupakan permainan seru online dan offline yang hemat data.

Rekomendasi

Memang, pada dasarnya minat game itu kembali ke selera masing-masing. Namun, tak salah juga kan jika kami beri saran?

Hemat kami, misalnya kamu memang senang berpikir, kamu bisa pilihan game yang menuntut otak berpikir keras. Namun jika tujuan kamu bermain game sekedar hiburan, sebaiknya pilih permainan seru yang seperti Game Farms dari Traveloka.

Jadi, mana pilihanmu?