Pernahkah Anda tiba-tiba lupa untuk membayar tagihan layanan domain? Jika, iya, domain Anda sedang memasuki Domain Expired. Akan tetapi Anda bisa beli domain tersebut setelah melewati beberapa tahap sebagai Domain Expired.

Apalagi jika nama domain yang Anda buat untuk brand usaha, sehingga perlu untuk dimiliki kembali. Anda bisa memahami bagaimana proses domain sampai Domain Expired. Berikut status dari Domain Expired.

5 Status Domain Expired yang Perlu Anda Tahu

5 Status Domain Expired yang Perlu Anda Tahu

Yang perlu Anda ketahui bahwa Domain Expired merupakan domain yang telah habis masa aktif layanannya. Biasanya tergantung dari berapa tahun Anda telah membayar sewa layanannya. Jika sudah memasuki masa Expired, Anda harus menunggu lama yaitu tiga bulan untuk beli domain itu lagi. Untuk membeli domain yang expired, Anda perlu mengetahui statusnya sebagai berikut:

1. Domain Active

Adanya domain Expired karena sudah tidak menjadi Domain Active. Jadi Domain Active ini adalah domain yang belum habis masa layanannya. Durasi lama layanannya tergantung dari pembelian yang telah dilakukan. Dari satu tahun hingga 10 tahun sewa layanan hosting.

Jika domain terlupa tidak melakukan bayaran tagihan maka memasuki Domain Expired. Untuk memilikinya membutuhkan waktu yang lama. Sehingga Anda perlu pengingat agar tidak sampai menjadi Domain Expired.

2. RGP/Renewal Grace Period (30-40 hari)

Masa setelah domain tidak diperpanjang maka akan memasuki Renewal Grace Period selama 30 hingga 40 hari. Di status ini Anda masih punya kesempatan untuk membayar tagihan yang terlewat. Sehingga Anda tidak perlu khawatir domain akan hangus. Jadi jika terlewat dari tanggal perpanjang maka segeralah membayarnya sebelum 40 hari kemudian.

3. Redemption Period selama 30 Hari

Jika tahap sebelumnya pemilik domain tinggal bayar sesuai tagihan. Di Redemption Period Anda akan dikenakan biaya lebih mahal bisa sampai 10 kali lipat. Tapi kebijakan ini tergantung dari layanan hosting yang Anda pilih. Status Domain Expired ini jika telah melewati masa tenggang pembayaran.

Domain tahap ini sudah masuk penghapusan dari registasi domain. Sehingga untuk menebusnya lumayan tinggi.

4. Pending Delete

Pending Delete dimana domain tidak ada yang membayar tagihannya setelah masuk zona Domain Expired. Domain ini akan memasuki menjadi domain baru. Jadi orang lain bisa memiliki domain ini, karena sudah memasuki zona jual bebas.

Masa Pending Delete kurang lebih tujuh hari. Dan pemilik domain sebelumnya tidak bisa memilikinya lagi di masa ini.

5. Menjadi Domain Baru

Tahap terakhir adalah Domain sudah bisa  dibeli bebas oleh orang lain. Ketika menulis di pencarian penyedia hosting, Anda bisa mencoba untuk mengetik domain yang sudah expired dan ingin dibeli kembali.

Sekarang Anda tidak perlu khawatir jika domain yang telat bayar bisa dimiliki kembali. Pada tahapan 30 bulan pertama Anda harus segera membayar tagihannya. Masa transisi domain Expired sampai bisa dibeli lagi sampai tiga bulan.

Bagaimana jika Anda ingin membeli domain expired tapi bukan bekas milik Anda? Tentu bisa Anda lakukan, jika Anda melihat nama domain yang diinginkan ternyata sudah  expired. Salah satu alasan memilih domain expired adalah teknik SEO-nya yang bagus-bagus. Sehingga tidak heran banyak orang yang mencari domain expired.

Ada tips untuk Anda yang akan membeli domain expired, berikut tipsnya:

  1. Perhatikan isi website sebelumnya, hindari jika domain tersebut pernah digunakan untuk judi, menyinggung SARA atau website-website yang tidak tepat penggunaannya.
  2. Perhatikan apakah website sebelumnya sebagai tempat spam atau bukan.
  3. Parameter domain sesuai dengan SEO.
  4. Cek link yang mengarah ke spam atau bukan.  Jika ditemukan banyak spamnya sebagainya undur dir dari membeli domain expired. Karena kita tidak tahu siapa penggunanya sebelumya.

Jadi ketika membeli domain yang expired perlu waktu yang tidak sebentar. Juga tidak perlu khawatir domain Anda akan hilang selamanya. Ketika di masa tenggang segera untuk membayarnya.

Sekarang Anda bisa mencari nama-nama domain yang unik, SEO friendly, atau yang menurut Anda unik. Untuk mendapatkan layanan beli domain yang biayanya terjangkau dan bisa dipercaya Anda bisa kunjungi niagahoster.co.id.