Sama seperti asuransi pada umumnya, asuransi pada kendaraan juga sama pentingnya untuk anda miliki. Mobil adalah salah satu kendaraan, yang mana kendaraan masuk ke dalam kategori aset yang tidak murah. Maka dari itu anda perlu merawatnya dengan baik. Banyak sekali hal dan kejadian yang bisa merusak mobil anda, semisal kejadian-kejadian kecil seperti mentok dan lecet, mesin terendam banjir, mengalami kecelakaan yang berat bahkan hingga hilangnya mobil tersebut.

Kejadian-kejadian diatas akan membuat anda sadar akan pentingnya memiliki asuransi mobil. Anda tidak pernah tahu kapan mobil tersebut rusak karena mengalami kecelakaan, atau ada suatu komponen yang rusak, membuat anda harus membawa mobil tersebut ke bengkel dan memakan biaya yang tidak sedikit. Umumnya, asuransi mobil ada dua jenis, yakni asuransi mobil all risk dan asuransi mobil Total Lost Only (TLO).

Pentingkah Memiliki Asuransi Mobil? Ini Manfaat Asuransi Mobil yang Akan Anda Dapatkan

Asuransi mobil akan menjadi solusi untuk anda mengurangi resiko pengeluaran besar pada perawatan atau perbaikan mobil yang tidak akan bisa diprediksi. Jangan sampai pengeluaran anda tiba-tiba membludak karena hal ini. Ada banyak manfaat yang bisa anda dapatkan jika anda memiliki asuransi mobil, simak selengkapnya berikut ini.

1. Melindungi mobil dari resiko kecelakaan.

Banyak sekali hal dan kejadian yang kemungkinan bisa saja terjadi pada mobil anda, seperti kebanjiran ketika musim hujan, badan mobil yang penyok, hingga kecelakaan yang sangat berat. Asuransi mobil akan membantu anda menangani kerugian berat yang harus anda tanggung ketika anda mengalami kerusakan-kerusakan dari yang ringan hingga yang berat pada mobil anda. Anda tidak akan tahu kapan mobil anda akan mengalami kerusakan tersebut, maka dari itu asuransi akan melindungi mobil anda dari resiko-resiko kecelakaan hingga yang terberat dengan cara jaminan perbaikan pada mobil, tergantung dari kerusakan itu sendiri.

2. Mengurangi pengeluaran yang membludak.

Rusaknya mobil akibat kecelakaan ringan hingga yang terberat akan membuat anda bingung pada masalah keuangan. Anda perlu merogoh kocek dalam-dalam untuk memperbaiki semua kerusakan pada mobil anda. Namun anda tidak perlu khawatir lagi, asuransi mobil anda akan membantu meringankan beban pengeluaran ketika mobil anda mengalami kerusakan. Jadi, anda tidak perlu mengacaukan rencana keuangan anda untuk kedepannya.

3. Meringankan beban pikiran.

Ketika mobil anda mengalami kerusakan karena kecelakaan, anda perlu mengeluarkan biaya ekstra untuk memperbaikinya. Membeli mobilnya saja sudah mahal, ternyata memperbaikinya juga tidaklah semurah itu. Jika anda sudah mengambil asuransi mobil dari awal, anda tidak perlu khawatir lagi dan tidak memiliki beban berat terkait masalah keuangan untuk perbaikan mobil kedepannya. Biaya untuk perbaikan pada mobil anda akan lebih ringan dengan asuransi mobil yang anda miliki.

4. Mengurangi kerugian berat ketika mobil hilang.

Anda tidak akan tahu siapakah orang jahat disekitar anda. Resiko kemungkinan kehilangan mobil karena dicuri bisa terjadi dimana saja dan pada siapa saja. Beberapa perusahaan asuransi mobil bisa membantu anda menanggung kerugian ketika mobil hilang karena dicuri, namun ada syarat dan ketentuan tertentu di setiap jenis asuransi. Anda perlu menghubungi pihak perusahaan asuransi dan jangan lupa pahami cara klaim asuransi mobil tersebut agar pengajuan klaim asuransi mobil anda tidak ditolak.

Itu dia beberapa manfaat yang bisa anda dapatkan jika anda memiliki asuransi mobil untuk masa depan mobil anda. Jika anda sudah mengetahui manfaat-manfaatnya, sekarang anda tidak perlu berpikir panjang lagi untuk mengasuransikan mobil anda. Sebelum memutuskan memiliki asuransi mobil, jangan lupa pilih asuransi yang terbaik dan terpercaya. Saat ini, banyak sekali pilihan asuransi mobil yang bagus di Indonesia, pilihlah sesuai dengan kebutuhan anda.