Semarang termasuk salah satu kota yang punya ciri khas di Pulau Jawa. Ada lumpia Semarang yang terkenal enak atau tempat wisata yang bagus-bagus di sana. Tak heran jika Semarang sering dijadikan kota kunjungan wisata di Jawa Tengah.

Tahu tidak jika Semarang ternyata punya beberapa fakta unik yang menjadikannya pantas untuk dikunjungi.

Fakta Unik Kota Semarang

Fakta Unik Kota Semarang

Semarang adalah ibu kota dari Provinsi Jawa Tengah. Letaknya sekitar 558 kilometer dari timur Jakarta dengan luas wilayayh 373,70 kilometer persegi. Luasnya Semarang menjadikannya sebagai kotamadya terluas di Pulau Jawa. Selain itu Semarang juga termasuk kota metropolitan terbesar yang kelima di Indonesia, setelah Jakarta, Serabaya, Medan serta Bandung.

Nama Semarang sendiri menurut sejarah terdiri atas kata “Sem” yang berarti asem dan “arang” yang berarti jarang. Penamaan ini berdasarkan sejarah kota Semarang yang memang banyak ditumbuhi pohon asam jarang-jarang yang tumbuh berdekatan. Perkembangan selanjutnya, Semarang menjadi salah satu pusat pelabuhan paling penting bagi Belanda di Pulau Jawa selain Jakarta dan Surabaya.

Selain sejarahnya yang unik, ada beberapa fakta unik lainnya dari kota Semarang yang membuatnya dikunjungi banyak orang, yaitu :

1. Kota Pelabuhan

Semarang terlelak di wilayah pesisir, sehingga dibangun sebuah pelabuhan bernama Pelabuhan Tanjung Emas. Pelabuhan ini menjadi cikal bakal tumbuhnya Semarang menjadi sebuah kota. Semarang punya banyak sungai yang dulunya juga termasuk wilayah pelabuhan.

Pelabuhan menjadi tempat aktivitas perdagangan yang terjadi sejak jaman kolonial Hindia Belanda. Sampai sekarang Pelabuhan tetap menjadi pusat perdagangan dan jalur transportasi yang menentukan di kawasan Pulau Jawa.

2. Hari Jadi Kota Semarang

Hari jadi Semarang punya sejarah panjang yang tak terlupakan. Tepatnya pada masa Pandan Arang II, Sultan Hadiwijaya yang berasal dari Kesultanan Pajang memutuskan untuk mengubah Semarang yang saat itu pertumbuhan ekonominya meningkat, menjadi sebuah kabupaten.

Hari jadi kota yang terkenal dengan lumpia jatuh pada tanggal 2 Mei. Tepatnya 2 Mei 1547 yang bertepatan dengan tanggal 12 Rabiul Awal 954 H. Saat itu Sultan Hadiwijaya berkonsultasi dengan Sunan Kalijaga mengenai perkembangan kota Semarang yang kian maju.

3. Kereta Api di Semarang

Sejarah perkereta apian di Indonesia terjadi pertama kali di kota Semarang. Tepatnya di Desa Kemijen menuju Desa Tanggung dengan panjang 26 km. Gubernur Jenderal Mr. LAL Baron Sloet Van den Beele melakukan pencangkulan pertama pada tanggal 17 Juni 1864 dan dioperasikan tanggal 10 Agustus 1867.

Pembangunan kereta api ini dilakukan oleh Perusahaan kereta api Nederland Indonesia di bawah kepemimpinan Ir JP de Bordes. Setelah sukses, pembangunan kedua dilakukan dengan tujuan Semarang – Surakarta. Saat ini Semarang memiliki 2 stasiun kereta api, yaitu stasiun Semarang Tawang dan stasiun Semarang Poncol

4. Kota Beragam Julukan

Semarang memiliki beragam julukan. Sebut saja Venetie Van Java. Julukan ini diberikan Belanda, karena Semarang memiliki banyak sungai di dalam kota, persis seperti kota Venesia yang ada di Italia.  Ada lagi kota Lumpia, karena Semarang penghasil Lumpia yang terkenal enak. Perpaduan budaya Jawa dan China.

Semarang juga disebut sebagai kota ATLAS yang merupakan singkatan dari Aman, Tertib, Lancar, Asri dan Sehat. Akronim ini merupakan simbol pemelihatan kota Semarang yang dipakai sampai sekarang. Selain itu Semarang juga disebut sebaga Port of Java atau kota Pelabuhan, karena memiliki pelabuhan yang merupakan salah satu pusat pelabuhan Jawa.

5. Wisata Semarang

Banyak tempat wisata yang ada di Semarang dan sebagian besar memiliki nilai sejarah yang tinggi. Sebut saja Lawang Sewu, Saloka, Theme Park, Kota Lama Semarang, Klenteng Sam Poo Kong, Kampung Pelangi, Pagoda Avalokitesvar, Museum Rekor Dunia Indonesia, Museum Kereta Api Ambarawa, Taman Margasatwa Semarang, Brown Canyon Semarang, Dusun Semilir Eco Park serta Pantai Marina.

Tak cukup satu hari untuk menikmati keindahan tempat wisata di Semarang. Bahkan sekali berkunjung, tak jarang yang kembali lagi dan bahkan membawa rombongan.

6. Lumpia Khas Semarang

Siapa yang tak kenal Lumpia. Setiap kali ada yang menyebut Lumpia, pasti banyak yang mengenalnya sebagai makanan khas kota Semarang. Bedanya dengan lumpia pada umumnya adalah isinya. Jika isi lumpia kebanyakan adalah wortel, rebung atau kecambah, maka lumpia Semarang berisi daging ayam, udang ebi dan telur. Rasanya khas dan enak.

Selain lumpia, ada lagi kuliner khas Semarang. Seperti  Tahu Gimbal, Garang Asem Ayam, Soto Bangkong, Pisang Plenet, Mi Kopyok, dan banyak lagi lainnnya.

Sewa Hiace Jakarta untuk ke Semarang

Sewa hiace Semarang

Menikmati keindahan Semarang memang menyenangkan. Tak heran jika banyak yang berkunjung ke Semarang. Baik untuk jalan-jalan atau memang ada urusan kerja di sana. Bagi yang berasal dari Jakarta, tak ada salahnya untuk sewa hiace Jakarta.

Pergi ke Semarang bersama rombongan, paling enak menggunakan mobil Hiace yang kapasitasnya banyak. Tidak punya mobil hiace. Bisa sewa hiace Jakarta yang siap mengantarkan Anda ke Semarang.

Bagaimana jika Anda penduduk kota Semarang, tapi ingin berkeliling kota ini bersama keluarga dengan mobil hiace. Bisa banget. Tak perlu menunggu untuk punya mobil hiace dulu, baru bisa jalan-jalan. Sewa hiace Semarang siap membantu Anda dan menemani Anda sampai tujuan.

Sewa hiace Semarang yang terkenal bagus dan harga bersahabat yaitu Thalita Rent Car. Yaitu jasa rental mobil di Semarang yang sudah berpengalaman selama lebih dari 7 tahun dalam memberikan pelayanan terbaiknya untuk pelanggan

Thalita Rent Car memiliki banyak varian mobil yang bisa disewa. Salah satunya adalah mobil hiace yang cocok untuk piknik bersama keluarga besar. Ada layanan driver mauapun lepas kunci yang disediakan oleh Thalita Rent Car. Pilihaan sewa pun beragam. Mulai dari durasi 6 jam, 12 jam, 24 jam atau full day.

Ketika ingin menyewa mobil, Anda tak perlu datang ke rental untuk mengambil mobil. Thalita Rent Car yang akan mengantarkan mobil sewaan Anda ke tempat Anda. Baik rumah maupun penginapan.

Mau keliling Semarang tanpa ribet. Sewa hiace Semarang saja di Thalita Rent Car. Drivernya professional, mobilnya nyaman, bisa antar jemput selama 24 jam dan beragam keunggulan lainya yang bisa didapat. Informasi lengkapnya langsung saja ke www.thalita-rentcar.com.