Banyak orang menganggap bahwa Chain Block dan Lever Block sama. Alasannya karena memiliki fungsi yang sama yaitu sebagai alat pemindah barang. Namun kedua jenis pesawat angkat ini memiliki perbedaan dari kerangkanya dan cara menggunakannya. Beban limitnya ada Chain Block 3 ton atau takel 3 ton dan paling rendah 0,5 ton.

Meski sering menggunakan kedua jenis alat ini tapi harus memahami perbedaan dasar agar bisa memanfaatkan pesawat angkat dengan benar.  Chain Block dan Lever Block keduanya masuk kategori Hoist/pesawat angkat. Untuk lebih jelasnya silakan baca tulisan ini hingga selesai.

Apa itu Chain Block dan Lever Block?

Apa itu Chain Block dan Lever Block?

Chain Block bisa disebut Hoist Chain/takel, merupakan alat pesawat angkat yang masih konvensional untuk memindahkan barang dengan menggunakan rantai. Alat ini sering digunakan untuk pekerjaan-pekerjaan lapangan, seperti konstruksi. Chain Block mampu mengangkat beban mulai dari 0,5 ton hingga 30 ton. Chain block 3 ton/ Takel 3 ton juga sering digunakan bidang konstruksi.

Kerangka Chain Block terdiri dari :

  1. Chain/rantai yang langsung terhubung dengan hook bawah.
  2. Hand chain/rantai tangan fungsinya untuk menarik chain hook.
  3. Pulley atau roll.
  4. Gear/roda bergerigi yang membantu tarikan rantai jadi lebih ringan.
  5. Hook block atas maupun bawah. Merupakan pengait yang fungsinya pengait atas untuk dikaitkan dengan crane, pengait yang bawah dikaitkan dengan beban.

Lever Block atau Lever Hoist adalah pesawat angkat portable meski masih sebagai pesawat angkat sederhana. Lever Block ini menggunakan roda ratchet sebagai tenaga untuk mengangkat beban.

Penggunaan Lever Block sering ditemukan pada dermaga, perkapalan, industri, pertanian, maupun pertambangan. Namun, Lever Block sering digunakan di industri. Alasannya yang mudah digunakan untuk angkat beban.

Kerangka dari Lever Block yaitu:

  1. Hook Block atas dan bawah. Hook atau pengait digunakan untuk mengaitkan ke beban dan bagian atas untuk dikaitkan dengan crane.
  2. Chain/rantai hanya ada satu bagian yang terhubung langsung dengan beban.
  3. Roda Ratchet sebagai kekuatan dari Lever Block.’
  4. Hand Wheel, untuk mengoperasikan angkat barang dengan tangan. Satu sisi terdapat chain untuk menarik barang, sisi sebelahnya terdapat hand wheel untuk membantu proses pemindahan.

Dari pengertian dan kerangkanya keduanya memiliki banyak perbedaan. Terutama tenaga yang digunakan, jika Chain Block 3 ton menggunakan tenaga manusia yang dibantu oleh pesawat angkat, di Lever Block menggunakan kekuatan roda ratchet. Manusia hanya membantu memindahkan hand wheel saja.

Cara Penggunaan Chain Hoist dan Lever Hoist

Cara menggunakan Chain Block 3 ton atau Takel 3 ton sebagai berikut:

  1. Kaitkan hook atas ke crane atau tempat yang kuat untuk dikaitkan. Atur ketinggian sesuai kebutuhan.
  2. Hook bawah kaitkan dengan beban yang akan dipindahkan.
  3. Setelah kedua pengait sudah diaplikasikan, sekarang saatnya untuk menarik menggunak hand chain.
  4. Chain Block hanya bisa digunakan pemindahan secara vertikal.

Cara menggunakan Lever Block sebagai berikut:

  1. Pengait atau Hook penggunaannya sama dengan Chain Block.
  2. Tarik Hand Wheel untuk ditempatkan pada kebutuhan tenaga dari roda ratchet. Jadi tidak sembarang tarik, karena ada penanda untuk penempatan Hand Wheel.
  3. Lever Block bisa digunakan pemindahan vertikal, horizontal maupun untuk mengencangkan tali.

Dari cara menggunakannya pun berbeda. Chain Block hanya bisa secara vertikal sedangkan Lever Block bisa horisontal bahkan bisa untuk menguatkan tali.

Perbedaan Lainnya

  1. Chain Block, meski menggunakan bahan baja namun lebih berat dari Lever Hoist, alatnya lebih kecil, beban maksimalnya masih relatif rendah, dan tidak mudah dipindah-pindah.
  2. Lever Block, alatnya lebih ringan dari Chain Hoist, bisa mengangkat beban berat, pengoperasiannya lebih mudah, bisa dipindah-pindah tempat dengan mudah, dan ukurannya lebih besar.

Setelah mengetahui perbedaan Chain Hoist dan Lever Hoist sekarang bisa dengan maksimal cara menggunakannya. Namun keduanya membantu untuk memudahkan pemindahan barang. Untuk membeli Chain Block atau Lever Block disesuaikan dengan kebutuhan saja.

Jika ingin memiliki keduanya Anda bisa mengunjungi Megajaya.co.id. Website yang menjual segala kebutuhan lifting yang sudah terpercaya dan terjamin keasliannya. Silakan temukan Chain Block 3 ton disini.