USG 4D merupakan perkembangan teknologi kesehatan yang fungsinya untuk memantau perkembangan bayi pada ibu hamil. Hasil yang jelas bentuk janin dalam kandungan menjadi pilihan ibu hamil untuk melakukan USG 4D. Untuk USG 4D murah di Surabaya bisa dilakukan di Klinik Kehamilan Sehat.

Kehamilan merupakan anugerah dalam pernikahan bagi suami istri. Ketika hamil perawatan dan penjagaan agar ibu dan janin tetap sehat akan dilakukan apapun caranya. Salah satu caranya dengan melakukan USG.

Dulu hasil USG hanya berbentuk gambar hitam putih. Sekarang ini bisa terlihat bentuk janinnya dan di monitor USG terlihat bayi sedang bergerak. Cara inilah disebut menggunakan USG 4D. Untuk lebih mengetahui apa itu USG, jenisnya, dan perbedaannya baca selengkapnya di ulasan ini.

Tentang Ultrasonografi/USG

Ultrasonografi atau USG merupakan teknik menampilkan citra pada bagian dalam tubuh manusia yang memanfaatkan gelombang frekuensi tinggi untuk memindai. Seperti untuk memindai perut ibu hamil yang fungsi untuk mengetahui perkembangan janin.

Waktu untuk Melakukan USG

USD 4D

Melakukan pemeriksaan USG tidak ada standar yang pasti mulai usia kandungan keberapanya. Biasanya menunggu saran dari dokter kandungan. Waktu yang bagus ketika usia kandungan 18 minggu hingga 22 minggu ketika trimester kedua.

Namun tetap bisa dilakukan pada trimester pertama yaitu usia kurang dari 14 minggu. Untuk hasil gambar yang kualitasnya jelas dan bagus ketika usia 22 minggu hingga 28 minggu. Alasannya di usia tersebut air ketuban masih banyak.

Jenis Ultrasonografi

Ada 4 jenis USG yang bisa dilakukan oleh ibu hamil. Untuk melakukan jenis USG ibu hamil harus mendapatkan persetujuan dari dokter. Berikut jenis USG yang bisa menjadi pilihan:

1. USG Transvaginal

Jenis USG yang tidak hanya untuk melihat kondisi bayi juga keadaan serviks ibu hamil. Caranya dengan memasukan probe melalui vagina.

2. USG 2D

Jenis USG yang umumnya dilakukan oleh ibu hamil. Caranya dengan meletakan alat pemindai/transduser di atas perut. Hasil dari USGnya hanya gambar standar saja.

3. USG 3D

Untuk mendapatkan pemeriksaan USG 3D hanya dilakukan oleh klinik-klinik tertentu. Hasil dari USG 3D akan terlihat letak janin, lebar, dan tingginya. Sehingga hasilnya lebih detail dari yang standar.

4. USG 4D

Hasil dari USG 4D berbentuk video sampai terlihat bayangan janin. Dengan USG 4D akan lebih jelas gerakan janin, posisi, dan bentuk janin.

Jadi USG 4D adalah perkembangan pemeriksaan kehamilan paling modern untuk saat ini. Hasil dari USGnya lebih jelas, berbentuk video, dan lebih detail informasi keadaan janin dan ibunya.

6 Manfaat USG 4D Murah di Surabaya

Manfaat USG 4D Murah di Surabaya

Mengetahui kondisi janin dengan detail akan memberikan kelegaan bagi orang tuanya. Dengan menggunakan USG 4D hasil dari keadaan bayi bisa terlihat lebih detail. Hal apa saja yang menjadi kelebihan melakukan pemeriksaan USG murah di Surabaya:

  1. Aktivitas bayi dalam kandungan bisa terlihat dengan jelas dari video hasil USG 4D.
  2. Kualitas gambar sangat jelas sehingga bisa terlihat kondisi bayi, apakah sehat-sehat saja atau ada kelainan.
  3. Lebih terlihat kegiatan bayi dalam perut. Misalnya ketika bayi sedang tersenyum, mengedipkan mata, gerakan tubuh lainnya, bernafas, dan kegiatan lainnya.
  4. Detak jantung bayi terlihat lebih jelas.
  5. Deteksi lebih dini jika mengalami bibir sumbing, cacat lahir, kelainan pembuluh darah, dan kelainan lainnya.
  6. Hasil USG bisa dijadikan pedoman dalam proses melahirkan, apakah normal atau operasi. Jadi ibu hamil bisa mempersiapkan kehamilan dengan tenang.

Proses Pemeriksaan USG 4D

Apa yang harus dilakukan ketika mau melakukan USG 4D? Ibu hamil dalam keadaan kandungan kemih kosong 90 menit sebelum pemeriksaan. Hindari makan dan minum berlebih menjelang pemeriksaan, agar hasilnya tidak tertutupi janinnya.

Kemudian berbaringlah di tempat yang digunakan untuk pemeriksaan. Dokter akan memberikan gel khusus pada kulit perut. Gel ini fungsinya untuk menghubungkan antara gelombang dengan perut ibu. Kemudian dokter akan memeriksa dengan transduser untuk dihubungkan dengan monitor.

Informasi dari pemeriksaan yang diberikan sebagai berikut:

  • Ukuran bayi, tinggi dan lebar badan.
  • Detak jantung, posisi bayi, pernafasan, dan pergerakan bayi.
  • Letak plasenta bayi.

Informasi keadaan janin berdasarkan trimester kehamilan:

  1. Trimester pertama info yang didapat yaitu apakah benar hamil atau tidak, karena bisa terjadi hamil ektopik, usia kandungan, detak jantung, dan bayi sehat atau tidak.
  2. Trimester kedua, pengecekan potensi penyakit atau kelainan, usia kandungan, jenis kelamin bayi, cek cairan ketuban, dan evaluasi keseluruhan kandungan,
  3. Trimester ketiga, mengecek gerak gerik bayi, letak plasenta, keadaan rahim ibu, dan identifikasi potensial kematian bayi (IUFD)

Betapa pentingnya USG 4D untuk ibu hamil untuk melihat kesehatan, perkembangan bayi dan kelainan sejak dini. Sehingga sebagai orang tua bisa melakukan yang terbaik untuk merawat janin. Untuk mendapatkan USG 4D murah di Surabaya, cek disini!