Spending atau pengeluaran merupakan salah satu hal yang harus kamu perhatikan, terutama jika kamu telah memiliki penghasilan sendiri. Pengeluaran perlu kamu perhatikan agar nantinya tidak menjadi kebiasaan yang kurang baik di segi finansial.

Untuk mengetahui bagaimana pengeluaran yang kamu lakukan tiap bulannya, kamu bisa melihat dari berbagai sisi. Mulai dari mengetahui apa pengeluaran terbesar, bagaimana atau apa saja yang sudah menjadi daftar pengeluaran wajib, sampai pengeluaran tersier.

Apa Pengeluaran Terbesar Kamu Tiap Bulannya?

Salah satu hal yang bisa kamu jadikan sebagai kunci habit pengeluaran adalah dengan mengetahui apa pengeluaran terbesar dan berapa nominal yang harus kamu keluarkan. Terdapat beberapa hal yang bisa kamu jadikan acuan apa pengeluaran terbesar sepanjang hidup.

Salah satu hal yang menjadi pengeluaran terbesar adalah tempat tinggal. Kemudian, pengeluaran untuk membeli kendaraan dan pengeluaran untuk pernikahan di urutan terakhir. Dalam menata keuangan, ketiga hal ini memang sebaiknya benar-benar kamu perhatikan dan kamu pertimbangkan secara matang.

Sebenarnya, tidak ada penelitian dan analisis pasti seberapa besar pengeluaran dan untuk tujuan apa pengeluaran skala besar itu kamu buat. Dalam hal ini, kamu sebaiknya menilai seberapa besar dan seberapa stabil kondisi finansial. Jangan sampai kamu tidak siap dengan pengeluaran terbesar.

Apa Saja Daftar Keinginan Kamu?

Setelah setidaknya kamu tahu apa dan seberapa besar pengeluaran terbesar dalam hidup, baru kamu bisa menuliskan apa saja daftar keinginan yang akan kamu capai. Dalam menuliskan daftar keinginan ini, kamu juga sebaiknya mengurutkannya berdasarkan skala prioritas. Dahulukan yang paling mendesak.

Mungkin kamu akan bertanya-tanya, mengapa menulis wishlist atau daftar keinginan menjadi sesuatu yang sebaiknya kamu pikirkan? Sederhana saja, ini merupakan langkah lebih lanjut setelah kamu berhasil menyelesaikan pengeluaran terbesar.

Apa manfaat membentuk wishlist atau daftar keinginan? Sangat banyak!

Beberapa di antaranya seperti membantu kamu untuk lebih fokus pada hal-hal yang penting. Selain itu juga membantu kamu dalam proses apresiasi diri dan membantu mengevaluasi diri setiap akhir periode tertentu.

Apa yang Akan Kamu Berikan Kepada Seseorang Tersayang?

Ini juga termasuk hal yang perlu kamu perhatikan saat akan menilai bagaimana pengeluaran atau spending. Hadiah untuk orang tersayang memang bisa saja sederhana, tapi semua itu butuh perjuangan dan pengeluaran. Meskipun sebenarnya bisa saja hanya dengan waktu atau perhatian.

Dalam memberikan sesuatu, kamu juga sesekali bisa membelikan sesuatu yang mahal dan berkesan di hati. Terdapat beberapa rekomendasi gift di artikel ini. Kamu bisa menyimaknya sampai selesai. Hal yang satu ini bisa kamu sesuaikan dengan pribadi orang yang kamu cintai.

Rekomendasi Gift Untuk Orang Terdekat

Banyak hal dapat dijadikan hadiah atau gift untuk orang terdekat. Jika kamu bingung, mungkin kamu bisa memberikan gift berupa barang elektronik yang umumnya akan digunakan dalam jangka panjang. Apa saja kira-kira? Berikut beberapa di antaranya.

1. Ponsel

Ponsel merupakan salah satu barang elektronik dengan segudang manfaat. Baik untuk pendidikan, pekerjaan, sampai hiburan. Jika perlu, kamu bisa membelikan ponsel seri terbaru atau ponsel dengan kualitas produk kelas atas seperti salah satunya iPhone 12 atau Samsung Galaxy Note 20.

Tidak bisa dipungkiri, kedua ponsel tersebut selain kualitasnya yang tinggi, harganya pun juga tinggi. Namun kamu tak perlu khawatir karena kamu dapat menggunakan paylater, kemudian bayar angsurannya tiap bulan.

2. Laptop

Selain ponsel, kamu juga bisa menjadikan laptop sebagai gift. Kegunaannya juga bermacam-macam, bahkan bisa bertahan untuk jangka waktu yang lama.

Sama seperti ponsel, kamu bahkan bisa memanfaatkan paylater untuk mendapatkannya dan menggunakan sisa uang untuk lainnya.

3. Smartwatch

Jam Pintar sekarang ini sedang naik daun, lho. Kamu bisa menjadikannya sebagai gift. Banyak produsen dengan brand ternama mulai memproduksi jam tangan pintar untuk para pecintanya. Misalnya saja Apple dengan Apple watch, Samsung dengan Samsung Watch Active, atau Huawei dengan Huawei Watch GT 2 Pro.

Sekali lagi, kamu dapat membelinya dengan menggunakan paylater. Kemudian, bayar angsurannya setiap bulan. Dengan begitu, kamu tetap dapat atur spending dengan stabil.

4. TWS atau earphone tanpa kabel

Earphone tanpa kabel juga bisa kamu jadikan gift yang cukup menarik. Karena tanpa kabel, benda elektronik yang satu ini bisa membuat kamu lebih fleksibel dalam melakukan berbagai kegiatan sambil mendengarkan lagu atau menonton film.

Yang pasti, pilih TWS berkualitas dari brand ternama seperti samsung dengan Galaxy Buds Pronya atau Apple dengan airpods Pro  nya. Untuk mendapatkannya, gunakan paylater, kemudian tetap alokasikan pengeluaranmu sesuai rencana.

Penutup

Terdapat beberapa hal yang harus kamu ketahui sebelum mengetahui bagaimana kebiasaan pengeluaran bulanan yang rutin kamu lakukan. Mulai dari mengetahui pengeluaran terbesar, pengeluaran rutin, sampai pengeluaran untuk memberi gift.

Pertanyaannya, bagaimana spending kamu setiap bulan? Apakah sudah dalam kondisi yang baik? Atau justru kondisinya kurang baik?