Apakah itu DoS? Yang dimaksud dengan DoS atau Denial of Service, adalah sebuah penyerangan yang sangat populer dipakai oleh hacker untuk menjatuhkan sebuah situs website. Tekniknya sederhana, namun akibatnya fatal dan dengan modifikasi strategi yang terus berkembang, banyak yang belajar hacker untuk mengganggu sistem orang lain.

Cara kerja dan tujuan DoS sebenarnya sama saja, yaitu untuk mengganggu server dan menimbulkan kepanikan, yang berujung kerugian. Konsepnya begitu sederhana, yakni membanjiri traffic jaringan menggunakan data yang sangat banyak.

Konsep Denial of Service yang Harus Diketahui

Konsep Denial of Service yang Harus Diketahui
Konsep Denial of Service yang Harus Diketahui

Jika Anda mengikuti Cyber Security Course, maka selain belajar hacker juga akan mempelajari konsep DoS. Adapun konsep dari DoS itu sendiri terbagi menjadi tiga, yaitu:

1. Request flooding

Sebuah teknik yang akan membanjiri jaringan Anda memakai banyak request, akhirnya pengguna lainnya yang terdaftar malah tak bisa dilayani dengan semestinya

2. Traffic flooding

Teknik yang aakan membanjiri traffic dengan banyak sekali data, membuat pengguna lainnya tak bisa menggunakan situs Anda

3. Mengubah sistem konfigurasi

Biasanya juga bisa merusak komponen dan juga servernya, ini termasuk tipe DoS. Hanya saja sedikit yang memakai cara ini karena memang caranya cukup susah dan hanya bisa dilakukan oleh yang sudah benar-benar profesional

Kemudian jika mengkategorikannya dengan berdasar layer OSI, maka ada serangan pada layer aplikasi, pada protokol, dan juga volumetrik.

Ciri-Ciri Website yang Terkena DoS dan Cara Menghentikannya

Ada beberapa ciri-ciri utama yang menunjukkan bahwa website Anda terkena Denial of Service, misalnya saja bandwidth tiba-tiba saja mengalami traffic yang begitu padat, baik itu unggahan maupun unduhan. Selain tiba-tiba, juga berlangsung terus menerus nyaris tidak ada henti. Bila targetnya adalah VPS, itu bisa saja membuat bandwidth sampai ke batas maksimal penggunaan, dan tak bisa mengakses VPS.

Bisa juga ketika tidak ada proses yang sedang dieksekusi, namun load CPU begitu tinggi. Akhirnya kinerja pun jadi menurun, website Anda pun jadi tidak bisa diakses sama sekali.

Namun bila sistem yang Anda miliki berada dalam penyedia layanan VPS, beberapa di antaranya menyediakan layanan informasi juga. Jadi jika misalnya server mengalami aktivitas yang mencurigakan, maka akan ada pemberitahuan dan Anda bisa segera melakukan tindakan.

Jika website Anda mengalami DoS, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan. Silahkan ikuti beberapa caranya:

  • Perbaharui sistem operasinya ke versi yang paling anyar. Tujuannya supaya bisa mengatasi bagian-bagian yang rentan, dan ditutup permanen untuk mencegah akses ilegal dari orang yang tidak bertanggung jawab.
  • Lakukan pembatasan yang berasal dari dan ke sistem Anda, jadi bisa dengan mudah menyaring traffic data pada server atau komputer yang Anda pakai.
  • Saat ada serangan yang memakai Smurf, maka atasi dengan cara mematikan dulu untuk sementara broadcast address router Anda. Namun Anda juga bisa lakukan pembatasan atau penyaringan permintaan ICMP pada firewall di server.
  • Memanfaatkan software keamanan tambahan untuk server Anda.

Belajar Hacker untuk Mencegah DoS

Bagi Anda yang benar-benar mengurus website, apalagi dijadikan salah satu cara untuk menghasilkan pendapatan bulanan, tentu akan sangat dirugikan dengan aksi-aksi yang tak terpuji seperti serangan Denial of Service ini. Anda bisa mempercayakan keamanan situs website pada ahlinya, dengan merekrutnya sebagai teknisi tetap atau secara part time.

Namun jauh lebih praktis dan hemat, jika Anda pun memiliki kemampuan untuk mengotak-atik keamanan situs Anda sendiri. Apalagi belakangan ini begitu mudah untuk mengikuti Cyber Security Course, ada banyak lembaga pelatihan untuk orang-orang yang tertarik dengan IT Networking dan semua turunannya.

Salah satunya adalah Course-Net, sebuah lembaga pelatihan IT Network yang profesional dan sudah berhasil meluluskan lebih dari 7000 IT people dengan skill yang mumpuni. Anda bisa menjadi salah satunya, bisa memilih berbagai materi pelatihan yang sesuai dengan minat dan kebutuhan Anda, biayanya juga terjangkau karena banyak penawaran harga yang menarik.

Ditambah lagi sistem pelatihannya yang didampingi langsung oleh coach profesional, serta langsung praktek sehingga jauh lebih mudah menguasai materi pelatihan. Bahkan bagi Anda yang belum terlalu paham, bisa kembali mengulang kelas Anda tanpa perlu mengeluarkan biaya tambahan.

Oleh sebab itu, segera daftarkan diri Anda sekarang juga di Course-Net.com!