Usaha fotocopy saat ini masih banyak dibutuhkan. Terutama untuk menunjang proses akademik yang membutuhkan banyak fotocopy dan jilid menjilid. Itulah kenapa usaha fotocopy lebih banyak ada di sekitar kampus atau sekolahan. Tapi tak jarang juga ada di perumahan atau kampung.

Bagaimana kalau mau membuat usaha fotocopy di rumah. Apa saja bahan yang dibutuhkan untuk bisa menjalankannya. Tenang, penuhi dulu barang wajibnya baru barang penunjangnya.

Perlengkapan Usaha Fotocopy

8 Perlengkapan Usaha Fotocopy di Indonesia

Untuk memulai usaha fotocopy, perlu ada barang perlengkapan yang wajib punya. Tanpa adanya barang – barang ini, usaha fotocopy yang akan dibangun tampak sia-sia saja. Beberapa perlengkapan wajib fotocopy yaitu :

1. Mesin Fotocopy

Usaha fotocopy pasti membutuhkan mesin fotocopy itu sendiri. Apalah jadinya usaha fotocopy tanpa mesin fotocopy. Barang ini wajib dipunyai karena mesin fotocopy termasuk jantungnya usaha fotocopy. Gunanya untuk mengcopy dokumen menjadi sama persis dengan aslinya.

2. Komputer

Komputer termasuk barang wajib kedua yang harus dimiliki. Gunanya untuk meletakkan dokumen atau mentransfer dokumen yang ingin difotocopy. Misal dokumen perlu diedit terlebih dulu atau discan, lalu diprint dan difotocopy. Komputer juga berguna untuk mengatur file yang ingin disimpan.

3. Printer

Usaha fotocopy biasanya dekat dengan print out dokumen atau file penting. Karena itu perlu juga adanya printer untuk memaksimalkan usaha fotocopy yang Anda bangun. Gunakan printer terbaik yang berwarna. Ini akan berguna jika ada pelanggan yang ingin ngeprint file dengan warna, namun bisa juga digunakan untuk file hitam putih.

4. Scanner

Scanner berguna untuk scan dokumen dan dimasukkan ke dalam komputer atau flash disc. Gunanya agar file tersebut lebih aman tersimpan dan bisa digunakan sewaktu-waktu. Karenanya scanner diperlukan sebagai pendamping printer dan komputer.

5. Mesin Laminating

Mesin laminating diperlukan untuk melaminasi atau membungkus dokumen dengan plastik yang direkatkan. Gunanya untuk melindungi dokumen agar lebih awet dan tahan lama. Juga untuk mempercantik tampilan. Misalnya melaminasi ijazah atau surat berharga lainnya.

Mesin laminating ini juga penting untuk ada di usaha fotocopy karena diperlukan banyak orang. Biasanya orang yang datang ke tempat usaha fotocopy juga untuk melaminasi dokumen penting mereka. Jadi mesin laminating juga penting.

6. Mesin Jilid Spiral

Mesin jilid juga penting ada di usaha fotocopy. Apalagi jika dokumen yang difotocopy ternyata ingin dijadikan buku. Maka perlu yang namanya penjilidan. Kalau tipis mungkin masih bisa pakai lakban biasa dan hasilnya pun biasa. Tapi kalau kertasnya tebal, dibutuhkan mesin jilid spiral untuk mempercantik penjilidan. Dokumen dijilid rapi dan menarik. Bisa jilid biasa atau jilid spiral.

7. Straples Besar

Straples ukurann besar berguna untuk menyatukan kertas yang sudah difotocopy atau hendak dijilid. Jika banyaknya kertas sedikit, masih bisa menggunakan strapless kecil. Tapi jika kertas yang difotocopy atau yang dijilid banyak, maka dibutuhkan strapless ukuran besar

8. Mesin Potong Kertas

Mesin potong kertas termasuk salah satu mesin yang wajib ada di usaha fotocopy. Gunanya untuk memotong dokumen menjadi bagian yang lebih kecil sesuai dengan yang diinginkan. Misalnya fotocopy KTP sebanyak 6 kali. Maka KTP bisa difotocopy dalam satu kertas, lalu dipotong menggunakan mesin potong kertas sesuai dengan ukuran KTP.

Selain memotong dokumen menjadi ukuran yang diinginkan, mesin pemotong kertas juga berguna untuk merapikan pinggiran kertas yang akan dijilid. Jadi mesin potong kertas ini wajib ada di usaha fotocopy.

Mesin Potong Kertas Maxipro

Seperti namanya, mesin potong kertas adalah mesin yang fungsinya untuk memotong kertas menjadi bagian yang diinginkan. Selain itu fungsi dari mesin potong kertas juga untuk merapikan pinggiran kertas agar nampak lebih rapi dan untuk memadatkan tumpukan kertas ketika akan dijilid.

Mesin potong kertas ada dua macam yaitu mesin pemotong kertas otomatis dan mesin pemotong kertas manual.

1. Mesin Potong Kertas Otomatis

Mesin potong kertas otomatis bekerja secara otomatis dalam memotong kertas. Mesin otomatis ini menggunakan pisau potong berbentuk rotary trimmer yang berbentuk bulat dan menggeser di sepanjang kertas secara menyamping.

Mesin potong kertas otomatis ini berguna untuk memotong kertas dalam jumlah banyak dan tebal. Mesin akan bekerja sendiri tanpa perlu diawasi. Tinggal mengatur spesifikasinya berdasarkan kebutuhan dan mesin bisa langsung dikerjakan tanpa campur tangan manusia. Biasanya mesin potong kertas otomatis ini ada di percetakan besar.

2. Mesin Potong Kertas Manual

Mesin potong kertas manual digerakkan dengan tangan untuk mengoperasikannya. Pisau potongnya menggunakan guillotine yang berbentuk persegi panjang dan digerakkan dengan menekan ke arah bawah. Mesin potong kertas manual ini bisa memotong kertas dengan jumlah terbatas.

Maxipro adalah distributor dari mesin percetakan yang terbesar di Indonesia. Mesin-mesin yang di Maxipro terbuat dari bahan-bahan terbaik dan berkualitas tinggi. Spesifikasinya pun beragam dan variatif dengan harga yang bersahabat.

Maxipro juga menyediakan mesin potong kertas manual yang cocok untuk usaha ini. Mesin yang direkomendasikan yaitu mesin Telson 858 ST yang menggunakan pisau potong guillotine berkualitas terbaik. Hasil potongnya rapi dan mesinnya awet.

Masih banyak lagi jenis mesin potong kertas yang ada di Maxipro. Semuanya terjamin kualitasnya dan lengkap. Pilih mesin potong kertas yang bagus untuk usaha fotocopy. Ya di Maxipro saja. Untuk cek detail mesin potong kertas bisa mengunjungi websitenya di www.maxipro.co.id.