Perkembangan teknologi yang semakin maju sekarang ini, membuat segala hal menjadi lebih mudah untuk dilakukan. Bahkan kini, berbelanja barang kebutuhan sudah bisa dilakukan secara online dengan mengandalkan E-commerce yang ada di internet. Selain dapat menemukan produk fashion, kita juga bisa memenuhi segala kebutuhan sehari-hari, seperti perlengkapan mandi, dan bahan makanan dengan mudah di online shop.

Maka tidak heran, kalau saat ini belanja online menjadi kebiasaan yang tidak asing lagi di kalangan masyarakat Indonesia. Terlebih, pandemi Covid-19 saat ini mengharuskan kita mengurangi aktivitas di luar rumah, yang dimana belanja online bisa menjadi solusi terbaik untuk berbelanja dengan aman, dan nyaman.

Namun, biar kamu tidak boros saat belanja online, ketahui dahulu sejumlah tips hemat belanja online yang sudah kami rangkum di bawah ini.

1. Siapkan Budget untuk Belanja Online

Siapkan Budget untuk Belanja Online

Cara pertama untuk menghemat dana saat belanja online adalah dengan menyiapkan budget khusus belanja online. Tentukanlah jumlah nominal yang harus disisihkan untuk berbelanja online, misalnya kamu bisa menyisihkan uang sebesar Rp 500.000 untuk membeli barang kebutuhan.

Dengan menyediakan budget khusus untuk berbelanja online, maka kamu bisa mengontrol barang apa saja yang harus dibeli sesuai dana yang ada, sehingga masalah pemborosan dapat dihindari.

2. Buat List Belanja

Buat List Belanja

Saat ingin belanja bulanan secara online, sebaiknya susun daftar belanjaan yang dibutuhkan terlebih dahulu, contohnya sabun mandi, sabun cuci piring, atau bahan makanan yang sudah habis. Menyusun daftar belanjaan seperti ini, membuat kamu jadi bisa mengontrol pengeluaran dengan baik.

Hal ini juga dapat meminimalisir pembelian barang yang tidak terlalu penting saat belanja online, jadi masalah over budget ketika belanja pun tidak akan terjadi.

3. Belanja Sekaligus

Belanja Sekaligus

Agar ongkos kirim lebih hemat, usahakan untuk belanja barang yang diperlukan sekaligus. Kalau belum terlalu membutuhkan, sebaiknya tunda terlebih dahulu keinginan berbelanja.

Tunggulah hingga kebutuhan-kebutuhan lain terkumpul. Cara ini akan menghemat ongkos kirim, sekaligus menghindari keinginan untuk berbelanja barang yang sebetulnya tidak benar-benar dibutuhkan.

4. Manfaatkan Promo dan Diskon

Manfaatkan Promo dan Diskon

Hampir semua orang suka dengan promo dan diskon saat berbelanja. Trik ini memang paling manjur untuk menghemat pengeluaran bulanan. Biasanya di hari-hari tertentu, para E-commerce sering menawarkan promo dan diskon menguntungkan untuk para penggunanya. Contohnya, di momen hari raya Lebaran, atau Natal.

Harga produk yang ditawarkan tentu saja akan jauh lebih murah dari biasanya, sehingga kamu punya kesempatan untuk belanja kabel metal Indonesia dan keperluan lainnya dengan lebih hemat. Tapi ingat, belanja sesuai kebutuhan, dan rencana yang sudah tersusun di list belanjaan, ya. Sesekali memenuhi keinginan juga tidak ada salahnya, kok, yang terpenting tidak berlebihan.

5. Pilih Jasa Pengiriman yang Murah dan Terpercaya

Pilih Jasa Pengiriman yang Murah dan Terpercaya

Kamu bisa memanfaatkan layanan pengiriman gratis dari marketplace, untuk hemat biaya belanja. Namun, kalau hal ini tidak bisa didapat, kamu bisa memilih layanan pengiriman termurah, dan terpercaya. Meski terkadang memakan waktu yang lebih lama, tetapi ini adalah solusi terbaik untuk menghemat pengeluaranmu.

Belanja online tentu akan menjadi kegiatan yang menyenangkan jika kamu bisa mengelola keuangannya dengan baik. Oleh karena itu, jangan lupa terapkan tips-tips hemat tadi agar kamu bisa belanja online dengan lebih hemat, dan anti boros. Kalau perlu, kamu bisa share berbagai tips hemat tadi ke teman, atau kerabat yang hobi belanja.