Tahapan dalam Pembuatan Logo Perusahaan

Desain logo bagi perusahaan adalah suatu hal yang penting. Kenapa tidak? Logo merupakan gambar yang dapat menyampaikan makna tersendiri dari setiap perusahaan. Visi dan misi perusahaan dapat tersampaikan dari logonya.

Logo berperan sebagai identitas perusahaan, pembeda dari kompetitor, penarik perhatian, dan bentuk profesionalisme sebuah perusahaan.

Maka, menentukan desain sama saja dengan menentukan bagaimana perusahaan ingin dikenal konsumen. Anda perlu menguasai cara desain logo yang menarik perhatian dan dapat menyampaikan makna dengan baik.

Bagaimana jika perusahaan belum memiliki kemampuan untuk mendesain logonya? Jawabannya adalah dengan menggunakan layanan jasa desain logo.

Sebelum menggunakan jasa pembuatan logo perusahaan, Anda perlu mengetahui apa saja alur pengerjaan desain logo tersebut.

Nah, untuk itu saya akan sebutkan tahapan dalam pembuatan logo perusahaan yang biasanya dilakukan oleh jasa desain logo. Semoga dapat dipahami, ya!

Tahap Pembuatan Logo Perusahaan

Tahap Pembuatan Logo Perusahaan
Tahap Pembuatan Logo Perusahaan

Dalam pembuatan logo perusahaan, ada tahapan yang harus dilalui baik bagi klien maupun creator. Tahapan ini haruslah dengan serius dilakukan agar proses berjalan dengan lancar dan memuaskan.

Tahapannya adalah sebagai berikut.

Briefing

Pertama, klien dan creator akan bertemu dan membicarakan terkait desain yang diinginkan klien. Pada tahap ini, klien akan diminta untuk menjelaskan keinginan dan informasi tentang perusahaannya.

Creator akan meminta digambarkan secara rinci dan jelas apa yang ditawarkan perusahaan, nama brand, tagline perusahaan, informasi dasar produk, produk apa yang lebih diunggulkan, target pasar, dan kompetitor.

Klien juga akan diminta untuk memberikan referensi desain logo yang diinginkan. Creator akan memberikan pilihan kepada klien beberapa gaya logo seperti gaya Young vs Mature, Feminine vs Masculine, atau Modern vs Classic. Creator juga akan memberikan pilihan warna yang diinginkan.

Memahami Hasil Briefing

Setelah proses briefing berakhir, itu artinya sudah masuk pada tahap memahami hasil briefing. Creator haruslah memahami dengan baik apa saja yang sudah disampaikan oleh klien.

Dengan membaca dan memahami hasil briefing, creator akan lebih mudah dalam melihat sisi unik dari setiap perusahaan. Keunikan tersebut dapat menjadi gambaran untuk pembuatan desain logo.

Selain itu, saat creator paham sepenuhnya dengan apa yang disampaikan klien terkait perusahaannya, akan meminimalisir kemiripan desain logo yang dibuatnya dengan perusahaan lain.

Saatnya Membuat Sketsa

Nah, setelah image perusahaan berhasil dipahami. Saatnya creator membuat sketsa logo. Sama seperti gambar pada umumnya, logo pun memerlukan sketsa terlebih dahulu.

Sketsa ini dibuat untuk menentukan gambar mana yang lebih sesuai dan menggambarkan keinginan klien. Biasanya, creator akan menggambar sketsa berdasarkan benda-benda di sekitarnya. Juga mencoba-coba menggambarkan ide yang muncul dalam benaknya.

Semua ide yang muncul akan dicoba dan dipadupadankan hingga mendapatkan hasil yang memuaskan.

Setelah sketsa selesai dibuat, tahap berikutnya adalah menggambar logo. Media yang biasa dipakai untuk menggambar logo adalah Canva, Adobe Illustrator, Corel Draw, dan Adobe Photoshop.

Logo harus segera digambar setelah sketsa selesai dibuat. Sebab, jika creator menunda untuk membuatnya, akan ada ide lain yang mungkin muncul dan mengakibatkan hancurnya sketsa sebelumnya.

Eits, sebelum meminta pendapat klien tentang logo yang sudah dibuat, creator harus melihat kembali apakah logo yang sudah selesai dibuat sudah menarik atau belum. Apakah keinginan klien sudah tergambarkan dari logo tersebut atau belum?

Setelah selesai dan dirasa bagus, barulah masuk pada tahap terakhir yaitu meminta persetujuan klien.

Final Artwork

Setelah hasilnya dirasa sudah maksimal, barulah minta pendapat dari klien. Apakah sudah sesuai atau belum? Sudahkan klien puas atau malah ada yang harus direvisi?

Setelah serangkaian tahap dilakukan, akhirnya desain logo selesai dan bisa dicetak.

Jasa Pembuatan Logo Perusahaan di Jakarta

Jika Anda berada di Jakarta dan sedang membutuhkan jasa pembuatan logo perusahaan, firstpage.id bisa menjadi solusi.

Fistpage adalah perusahaan di bidang kreatif yang menyediakan desain-desain yang dapat membantu perusahaan untuk menunjukkan brandnya.

Bukan hanya jasa desain logo, Firstpage juga menyediakan layanan lainnya. Apa saja?

1. Brand Identity

Firstpage dapat membantu perusahaan dalam menunjukkan identitas brand-nya sehingga tampil menarik dan unik dibanding perusahaan kompetitor.

Firstpage menyediakan layanan jasa Brand naming, Logo design, Visual system, Brand guideline, dan sebagainya.

2. Website Design & Development

Firstpage juga dapat membantu perusahaan untuk memiliki web atau meningkatkan kinerja web perusahaannya.

Layanannya adalah Mobile Responsive, User-Friendly CMS, SEO Friendly, Custom Design, dan sebagainya.

3. Social Media Marketing & Management

Firstpage dapat membantu perusahaan untuk mengelola social media. Layanan yang ditawarkan seperti menentukan konsep dan strategi, content planning, content posting, dan sebagainya.

4. Graphic Design

Layanan yang ditawarkan dari jasa ini seperti marketing collateral, company profile, brochure design, dan sebagainya.

5.    TikTok Management

TikTok dapat juga digunakan dalam bisnis. Firstpage membantu perusahaan untuk menentukan konsep, membuat video, editing, dan sebagainya.

6.    SEO

Firstpage juga menyediakan layanan konsultasi terkait SEO, link building, dan lainnya.

Logo perusahaan adalah hal yang penting untuk diperhatikan karena dapat menunjukkan citra perusahaan. Jika dirasa belum mampu dan menguasai cara desain logo, Anda dapat menggunakan jasa desain logo.

Harga pembuatan logo perusahaan akan berbeda-beda tergantung kondisi dan kerumitan. Pasarannya adalah dari ratusan sampai jutaan rupiah. Namun, jangan khawatir. Harga yang dipakai akan sebanding dengan kepuasan yang akan Anda dapatkan.

Tinggalkan komentar