Pisang ambon merupakan salah satu jenis buah yang sangat mudah ditemukan. Selain itu, pisang ambon juga sering disebut dengan pisang ibu hamil.

Pada pisang ambon ada banyak sekali manfaat kesehatan bagi tubuh. Untuk kesempatan kali ini akan dibahas sampai dengan tuntas mengenai kalori pisang dan manfaat pisang. Bagi anda yang penasaran dengan pisang ambon bisa simak penjelasan lebih lengkapnya di bawah ini.

Macam-Macam Pisang Ambon untuk Kesehatan

Macam-Macam Pisang Ambon untuk Kesehatan

Sampai dengan saat ini pisang menjadi salah satu buah paling populer dan banyak dikonsumsi oleh kalangan masyarakat. Buah yang satu ini pertama kali muncul di kawasan Asia Tenggara.

Akan tetapi, seiring berjalannya waktu buah pisang tumbuh subur di beberapa Negara yang ada di dunia. Pada satu buah pisang mempunyai berat kurang lebih 118 gram.

Sedangkan, untuk jumlah kalori pisang bisa mencapai 105 kalori. Sebagian besar kandungan kalori tersebut berasal dari karbohidrat dan air mineral.

Selain itu, pisang juga menjadi salah satu buah yang mempunyai banyak kandungan serat. Dengan adanya buah pisang ambon bisa menjadi jawaban dari pertanyaan bolehkan ibu hamil muda makan pisang.

Sesuai dengan kandungan kalori yang ada di buah pisang. Maka untuk jawaban dari pertanyaan tersebut adalah boleh dikonsumsi oleh ibu hamil muda.

Ada 5 manfaat buah pisang ambon yang harus diketahui oleh kalangan masyarakat. Untuk 5 manfaat dari buah pisang ambon bagi kesehatan adalah:

1. Menjaga Kestabilan Gula Darah

Manfaat pertama dari mengkonsumsi buah pisang ambon adalah untuk menjaga kestabilan gula darah. Di dalam buah pisang terdapat kandungan pektin yang membuat tekstur lebih kenyal.

Kandungan pektin yang ada di dalam buah pisang berfungsi untuk menyeimbangkan kadar gula darah. Selain itu, pektin juga digunakan sebagai alat untuk mengurangi nafsu makan yang berlebihan.

2. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Jenis buah yang mempunyai kandungan banyak serat, sudah dipastikan baik untuk pencernaan. Biasanya setiap 1 buah pisang sudah mempunyai kandungan serat sebanyak 3 gram.

Serat yang ada di dalam buah pisang tidak bisa langsung diserap oleh pencernaan. Sehingga, buah pisang akan berhenti pada usus besar dan menjadi makanan bagi beberapa bakteri.

Dengan adanya kandungan serat, menjadi salah satu jawaban kenapa buah pisang sangat baik untuk meningkatkan usus besar. Bahkan, dengan mengkonsumsi pisang bisa memperlancar proses pencernaan.

3. Membantu Dalam Proses Penurunan Berat Badan

Kandungan kalori pisang yang rendah bisa membantu anda yang ingin menurunkan berat badan. Pada setiap 1 buah pisang hanya mempunyai kandungan kalori sebesar 100 gram saja.

Meski kandungan nutrisi masuk kedalam kategori sedikit, akan tetapi buah pisang bisa membuat anda tahan di dalam kondisi kenyang. Selain itu, untuk asupan serat pada buah pisang sudah terbukti bahwa bisa membantu anda yang ingin menurunkan berat badan.

4. Meningkatkan Kesehatan Pada Jantung

Manfaat pisang ambon selanjutnya adalah bisa membantu memelihara kesehatan jantung. Di dalam buah pisang mempunyai kandungan potasium yang berfungsi untuk mengontrol tekanan darah.

Untuk beberapa jenis makanan lain yang mempunyai kandungan potasium mempunyai fungsi sama yaitu memberikan kesehatan pada organ jantung. Bahkan, kandungan potasium bisa membuat tubuh lebih kebal dari beberapa jenis penyakit.

5. Mempunyai Kandungan Antioksidan yang Tinggi

Tidak hanya buah pisang ambon saja yang mempunyai kandungan antioksidan tinggi. Akan tetapi, untuk beberapa jenis bahan sayur dan buah lainnya juga mempunyai kandungan antioksidan yang tinggi.

Kandungan antioksidan yang ada di berbagai jenis makanan, bisa membantu dalam proses perawatan tubuh. Selain itu, di dalam buah pisang ambon juga mempunyai kandungan dopamin dan katekin.

Untuk kedua kandungan tersebut bisa membantu anda dalam menurunkan resiko penyakit jantung. Bahkan, untuk beberapa jenis penyakit degeneratif juga bisa dihilangkan secara perlahan dengan cara mengkonsumsi buah pisang ambon.

Semua manfaat pisang ambon yang sudah disebutkan diatas tidak jauh dengan khasiat pisang merah. Bagi anda yang tidak bisa menemukan pisang ambon, bisa menggantinya dengan pisang merah.

Nah, itulah dia penjelasan secara lengkap mengenai beberapa manfaat pisang ambon. Semoga dengan adanya penjelasan diatas bisa membantu kalangan masyarakat yang ingin mendapatkan tubuh sehat dengan mengkonsumsi buah pisang ambon.