Hoodie adalah jaket yang memiliki penutup kepala. Kata hoodie berasal dari bahasa Inggris yaitu hood yang berarti tudung atau penutup kepala. Bahan yang bisa digunakan untuk membuat hoodie pria tentunya cukup beragam.

Ada yang menggunakan bahan fleece maupun baby terry. Kedua bahan ini memiliki karakteristik yang berbeda dan masing-masing memilki kelebihannya.
Kenali Bahan Sebelum Membeli Hoodie Pria
Oleh karena itu, sebelum membeli hoodie pria sebaiknya kita mengetahui bahan apa yang digunakan dalam hoodie tersebut. Berikut bahan-bahan yang biasa digunakan pada hoodie.

Fleece

Bahan hoodie yang sering berada di pasaran adalah fleece. Bagian luar bahan ini sama seperti kain single knit. Sedangkan pada bagian dalam, serat kain fleece berupa bulu halus dan tebal agar membuat hangat saat dipakai. Bahan fleece pun dibagi dua jenis, yaitu:

  1. Cotton Fleece, bagian luarnya sama seperti bahan kaus. Serat lebih besar dan kasar dibanding kaus. Bagian dalamnya berupa bulu harus mirip kapas atau wol. Bahannya hangat.
  2. Polyester Fleece, bagian luarnya sama seperti kaos PE atau polyester. Bagian dalamnya berupa bulu harus mirip kapas atau wol. Bahan lebih kaku.

Baby Terry

Penyebutan nama baby terry sendiri awalnya karena mayoritas pakaian yang dibuat dari bahan ini untuk anak-anak khususnya bayi atau balita.

Tentu kita ketahui bahwa bayi atau balita memiliki kulit yang cenderung sensitive, sehingga mereka tidak bisa mengenakan pakaian sembarangan karena bisa menyebabkan iritasi.
Tekstur yang dimiliki oleh bahan baby terry sangat lembut sehingga cocok untuk jenis kulit bayi. Karena teksturnya yang sangat nyaman dan juga lembut, bahan baby terry juga digunakan pada pakaian orang dewasa salah satunya hoodie.

Kanvas

Hoodie dengan bahan kanvas biasanya dilengkapi dengan zipper. Karakter bahan kanvas yaitu, kainnya tebal dan kasar.

Jadi, hoodie dengan bahan kanvas fungsinya sangat tepat untuk menghangatkan tubuh di malam hari saat berkendara atau di dalam ruangan kantor. Kelebihan lainnya adalah bahan kanvas lebih awet.

Taslan

Bahan taslan terbuat dari serat polyester berkualitas tinggi. Karakter permukaan bahan taslan yaitu, licin, tebal namun ringan dan nyaman. Kelebihan lainnya yang dimiliki hoodie dengan bahan taslan kain yaitu memiliki teknologi tinggi sehingga mampu menyerap keringat. 

Terdapat enam jenis bahan taslan, yaitu: kain taslan salur, kain taslan milky, kain taslan coating bening, kain taslan balon, kain taslan latex, dan kain taslan parasut.

Mikro

Bahan mikro biasanya dibuat untuk jaket olahraga yang terbuat dari serat mikro. Meskipun bagian luarnya tipis seperti parasut, hoodie dengan bahan mikro akan sangat cepat menyerap keringat. Terdapat empat jenis bahan kain mikro, yaitu:

  1. Kain Mikro bintik yang punya karakteristik lembut dan ringan.
  2. Kain mikro TR yang anti air dan punya serat kuat.
  3. Kain mikro ripstop yang dibuat dari benang sintetis. Karakteristik kain ini lembut dan ringan dengan tekstur kotak-kotak.
  4. Kain mikrofiber terbuat dari benang polyester yang halus dan nyaman dipakai.

Drill

Kain drill merupakan bahan yang terbuat dari katun dan polyester. Dengan karakter bahannya yang ringan, kain drill digunakan untuk membuat hoodie, baju para koki hingga pakaian olahraga. Terdapat tiga macam bahan drill, yaitu:

  1. Kain twist drill, karakter seratnya lebih kecil. Bahkan ada juga yang water repellent.
  2. Kain american drill, memiliki serat berukuran sedang dan permukaan luarnya lebih lembut.
  3. Kain japan drill, seratnya lebih besar sehingga lebih kuat dan tebal.