Seprai akan menjaga kasur tetap nyaman dipakai. Meski kelihatannya bersih, namun seprai tetap harus dicuci secara rutin. Ada tips yang bisa Anda gunakan agar sprei nyaman dan awet.

Cara mencuci seprai tak boleh sembarangan, pastikan seprai benar benar bersih dari kotoran dan debu. Jika tidak, untuk kulit yang sensitive bisa saja mengalami alergi atau penyakit kulit lainnya.

Mencuci dengan Benar untuk Seprai Nyaman

Mencuci dengan Benar untuk Seprai Nyaman

Proses Perendaman

Pertama adalah proses perendaman, perendaman sebaiknya dilakukan dengan suhu air hangat sekitar 60 derajat celcius. Proses perendaman bisa dilakukan selama beberapa jam sampai kuman benar benar mati.

Pisahkan dengan Sarung Bantal dan Selimut

Berikutnya adalah memisahkan seprai, bantal dan juga selimut. Seprai nyaman harus dicuci secara menyeluruh agar bakteri dan kuman mati. Jangan lupa untuk memisahkan sarung bantal, selimut dan seprainya.

Bilas Sampai Bersih

Jika Anda sudah mencucinya sampai bersih, langkah selanjutnya adalah membilasnya sampai busanya hilang. Jika tak ingin berbau apek dan seprai menjadi kasar, Anda harus memastikan tak ada busa yang tersisa.

Proses Menjemur

Selanjutnya adalah proses penjemuran, sebaiknya jemur seprai di bawah sinar matahari. Penjemuran yang dilakukan sampai kering akan membuat seprai lebih nyaman dan tak berbau apek.

Seprai nyaman tak hanya berbau harum, namun juga tak ada jamur atau bakteri yang ada di dalamnya. Biasanya jamur dan bakteri berkembang di serat kain, dengan penjemuran di bawah sinar matahari, maka jamur ataupun kuman bisa mati.

Keringkan dan Simpan

Proses pencucian sudah selesai, Anda bisa mengangkatnya dan menyimpannya. Jika ingin memasangnya langsung di seprai, Anda sebaiknya menyetrikanya terlebih dahulu. Namun jika ingin menyimpannya, simpan di tempat yang kering dan bersih.

Untuk jadwal pencucian, bisa dilakukan sekali seminggu. Anda disarankan untuk menuci seprai jika memang sudah kotor dan berbau apek. Sehingga tidur tetap nyaman dan berkualitas

Itulah panduan untuk membuat seprai nyaman digunakan dalam jangka waktu panjang. Semoga informasi ini memberikan manfaat untuk pembaca, jangan lupa untuk menerapkannya ya!