Belajar mendesain baju atau desain jaket tentunya menjadi salah satu hal yang tidak mudah, apalagi bagi orang yang tidak memiliki background sebagai fashion design.

Karena mendesain pakaian tentunya berbeda dengan mendesain barang lainnya, ada banyak faktor yang harus diperhatikan terutama faktor estetika.

Oleh karena itu kebanyak fashion designer memiliki keterampilan dasar menggambar terutama menggambar sketsa.

Meski susah dilakukan oleh pemula dengan perkembangan zaman dan juga teknologi saat ini, Anda bisa membuat desain pakaian sendiri mulai dari desain kaos, desain jaket, hingga desain jaket bomber.

Pasalnya saat ini sudah banyak sekali media seperti instagram atau Youtube yang bisa membantu Anda dalam belajar tentang bagaimana caranya mendesain sebuah pakaian untuk para pemula.

Dalam mendesain sebuah pakaian ada beberapa hal mendasar yang harus Anda ketahui terlebih dahulu agar desain yang Anda buat menjadi menarik dan terlihat fashionable.

Teknik Dasar Desain Jaket

Teknik Dasar Desain Jaket

Hal pertama yang harus dikuasai oleh seorang pemula ketika akan mendesain pakaian seperti kaos, jaket atau kemeja adalah menguasai keterampilan dasarnya terlebih dahulu.

Ada dua hal penting dalam teknik dasar mendesain sebuah pakaian agar pakaian yang didesain bisa memenuhi standar yang diinginkan oleh orang-orang.

1. Teknik Menggambar

Hal pertama yang harus dikuasai oleh seorang fashion desainer adalah teknik menggambar dan yang kedua adalah prinsip dasar tentang desain pakaian.

Jika Anda ingin menghasilkan karya seperti desain kaos, desain jaket, desain jaket bomber atau desain jaket kulit keren hal pertama yang harus dilakukan adalah melatih kemampuan Anda dalam menggoreskan pensil di kertas putih.

Anda harus bisa memvisualisasikan apa yang ada di dalam pikiran Anda ke dalam sketsa gambar agar lebih mudah untuk mengimplementasikan menjadi sebuah pakaian.

Untuk menjadi fashion design terutama untuk kelas pemula tidak harus memiliki bakat ilustrator yang hebat karena tidak semua orang memiliki bakat alami dalam bidan tersebut.

Seiring berjalannya waktu dan juga proses yang dilalui pasti hasil gambar atau ilustrasi dari imajinasi Anda akan semakin berkembang dan semakin baik.

Agar memiliki ciri khas dan membedakan dengan fashion desainer yang lain Anda bisa mengembangkan gaya tersendiri dalam mendesain setiap pakaian.

Untuk mempertajam kualitas gambar Anda lakukan kegiatan menggambar setiap hari, misalnya Anda bisa mengalokasikan 30 menit dalam satu hari untuk menghasilkan satu gambar sketsa entah itu kaos, jaket, atau kemeja.

2. Teknik Desain Pakaian

Setelah belajar menggambar hal selanjutnya yang harus Anda pelajari adalah mengenai bagaimana teknik dasar tentang desain pakaian yang baik dan benar.

Sebagai desainer barang yang digunakan untuk menunjang penampilan seseorang Anda harus tahu prinsip-prinsip dasarnya seperti apa.

Setelah belajar mengenai teknik dasar mengenai desain pakaian yang baik dan benar, pelajar selanjutnya yang Anda bisa lakukan adalah belajar mengenai teknologi yang digunakan untuk mendesain pakaian.

Karena saat ini teknologi sudah berkembang sangat pesat jadi bisa dimanfaatkan untuk membuat desain pakaian seperti kaos, desain jaket, desain jaket keren depan belakang dan lain sebagainya menjadi lebih real dan keren tentunya.

Berbeda dengan zaman dahulu dimana ketika mendesain pakaian masih di atas kertas yang tidak bisa memperlihatkan secara detail dari desain tersebut.

Dengan menggunakan bantuan software atau aplikasi desain seperti Corel Draw atau Adobe Photoshop dan juga Adobe Illustrator maka gambar desain yang dihasilkan akan jauh lebih bagus.

Selain itu akan menghindari kesalahan dan lebih efektif serta efisien jika dibandingkan mendesain menggunakan kertas.

3. Teknik Menggambar Sketsa Orang

Karena desain pakaian atau desain jaket yang akan Anda buat ditujukan untuk orang maka saat mendesain Anda harus bisa membuat sketsa orang.

hal terpenting yang harus Anda perhatikan adalah bagaimana jika pakaian yang Anda desain dikenakan oleh orang apakah sudah cocok atau belum.

Karena poin pentingnya adalah pada pakaian yang kamu desain maka jangan cemaskan mengenai komposisi dari manusianya.

Anggap saja Anda sedang menggambar untuk manekin dua dimensi yang terpenting adalah komposisi dari pakaian atau jaket yang Anda desain.

Jangan sampai membuat desain yang terlalu rame atau terlalu mencolok dan lain sebagainya, usahakan dalam mendesain jaket Anda memperhatikan tren yang sedang terjadi saat ini.

4. Teknik Menjahit

Langkah selanjutnya ketika Anda ingin mendesain pakaian atau mendesain jaket tetapi baru belajar adalah mengetahui bagaimana teknik menjahit yang baik.

Meski terlihat mudah kegiatan menjahit diperlukan keahlian khusus yang tidak dimiliki oleh semua orang, perlu ada proses belajar yang panjang sehingga seseorang mahir dalam menjahit.

Teknik menjahit disini yang harus Anda pelajari mulai bagaimana membuat pola masing-masing bagian dari pakaian yang akan dijahit.

Cara memotong pola yang baik dan benar, karena potongan dari masing-masing bagian sangat mempengaruhi kualitas dari pakaian yang akan dihasilkan.

Pasti Anda sering menemukan potongan baju terutama kemeja yang tidak simetris, sebaiknya Anda harus menghindari hal-hal seperti itu agar pakaian yang dihasil memiliki kualitas yang baik.

Setelah semua pola terpotong Anda harus belajar menjahit yang tepat karena ada beberapa teknik menjahit sendiri disesuaikan dengan kebutuhan dari pakaian yang akan dihasilkan.

Jadi pembahasan di atas adalah empat  hal yang harus Anda perhatikan ketika mendesain pakaian atau mendesain jaket.

Jika Anda sedang mencari penyedia jasa desain jaket, desain jaket bomber, desain jaket kulit keren bahkan desain jaket alumni keren bisa langsung melihat di situs fastwork.id