Bepergian dengan kereta api sudah menjadi favorit banyak orang di Pulau Jawa. Baik itu untuk urusan pekerjaan, mengunjungi keluarga hingga liburan. Hal ini tak mengherankan karena infrastruktur kereta api di Jawa sudah sangat baik. Tiket KAI pun bisa dibeli dengan mudah sehingga semakin memudahkan siapa saja naik kereta ke berbagai kota di Jawa.

Bicara soal liburan, di masa pandemi ini tentu kita masih bisa pergi liburan dengan syarat melakukan protokol kesehatan dengan baik serta menjaga kondisi tubuh tetap sehat agar tidak muda sakit. Lalu naik kereta api enaknya liburan kemana? Nah berikut ini ada 7 kota wisata di Pulau Jawa yang asyik dikunjungi dengan naik kereta api. Yuk simak penjelasannya berikut ini.

7 Kota Wisata yang Paling Pas Dikunjungi Naik Kereta Api

1. Bandung

Kota yang lokasinya dekat dengan Jakarta ini sudah jadi pilihan tempat wisata favorit banyak orang. Jika kamu berangkat dari Jakarta, naik kereta api ke Bandung hanya memakan waktu sekitar 3 jam saja lho! Dan jika kamu melakukan perjalanan ke Bandung di siang hari, maka kamu bisa menikmati pemandangan hijau yang cantik hingga perasaan seru dan deg-degan saat melewati Jembatan Cikubang.

Di kota ini ada banyak sekali pilihan tempat wisata yang bisa dikunjungi, mulai dari wisata alam hingga wisata sejarah. Jika suka dengan suasana kota, di pusat Kota Bandung pun banyak wisata yang bisa dinikmati. Sebut saja Jalan Braga yang ikonik, Jalan Asia Afrika yang juga dekat dengan Alun-alun kota. Lalu ada juga banyak taman tematik dan juga museum keren yang bisa dikunjungi.

Jika lebih suka wisata alam, daerah Lembang punya banyak destinasi wisata menarik untuk dikunjungi. Seperti misalnya Floating Market, Farm House, Dusun Bambu, Orchid Forest, Gunung Tangkuban Perahu dan masih banyak lainnya. Kamu dijamin tidak akan kehabisan opsi tempat liburan jika berkunjung ke kota ini deh!

2. Jakarta

Nah, jika kamu tinggal di luar Jakarta, berkunjung ke Jakarta naik kereta api juga seru lho! Sebagai ibukota Negara, Jakarta memang  punya banyak daya tarik yang bisa jadi tujuan liburan seru di sela-sela kesibukan.

Selain ada banyak sekali mal keren yang bisa dikunjungi jika ingin nongkrong atau bersantai, ada banyak juga taman yang bisa dikunjungi gratis, termasuk kawasan Gelora Bung Karno yang biasa dipakai untuk olahraga maupun piknik santai di hutan kota-nya.

Ada juga Monas yang jadi ikon-nya Jakarta, Masjid Istiqlal yang sudah selesai direnovasi, Gereja Katedral hingga Kebun Binatang Ragunan yang bisa dikunjungi. Kamu juga bisa menjajal MRT lho!

Tak hanya itu, kamu juga bisa mengunjungi pulau-pulau di Kepulauan Seribu yang punya begitu banyak pesona.

3. Semarang

Ibukota Provinsi Jawa Tengah ini juga punya banyak sekali hal menarik untuk dijelajahi. Mulai dari pilihan tempat wisata yang beragam serta kuliner legendaris yang begitu menggoda.

Jika ke Semarang, jangan lupa untuk mampir ke Lawang Sewu yang merupakan ikon-nya Semarang ya. Selain itu ada juga Kawasan Kota Lama yang punya bangunan-bangunan klasik yang masih berdiri kokoh hingga kini.

Jika suka wisata alam, kamu bisa main ke daerah Ungaran yang punya banyak tempat menarik untuk dikunjungi. Contohnya saja Candi Gedong Songo yang tak hanya punya bangunan yang masih berdiri kokoh, pemandangan dari candi ini juga begitu cantik. Kamu juga bisa mampir ke Ayanaz Gedung Songo yang ada di kawasan candi untuk bersantai sekaligus hunting foto yang instagramable. Tak ketinggalan ada Umbul Sidomukti yang bisa kamu kunjungi di daerah ini.

4. Yogyakarta

Kota yang punya sejuta pesona ini memang selalu cocok dikunjungi kapan saja. Ada banyak sekali pilihan tempat wisata menarik di Yogyakarta yang menarik untuk dikunjungi, terutama wisata alamnya. Ada kawasan Kalibiru yang menawarkan keindahan hutan pinus dan perbukitan hijau yang asik untuk menyegarkan mata dan pikiran.

Ada juga daerah Gunungkidul yang punya banyak sekali pantai-pantai cantik nan eksotis yang bisa dikunjungi. Tak ketinggalan di tengah Kota Yogyakarta ada Keraton Yogyakarta, Malioboro yang jadi ikon-nya wisata Jogja, lalu ada juga Pasar Beringharjo.

Ke Yogyakarta tidak lengkap tanpa icip-icip kuliner khasnya lho! Ada gudeg asli, oseng mercon, sate klathak yang unik, bakmi Jawa, dan masih banyak lainnya.

5. Malang

Kota di Jawa Timur ini punya banyak sekali pilihan wisata menarik yang bisa kamu kunjungi. Sebut saja ada Jatim Park yang sangat populer sebagai tujuan wisata keluarga, lalu ada juga Museum Angkut yang punya koleksi berbagai jenis transportasi dari dulu hingga kini.

Tak ketinggalan pula daerah Kota Batu yang menyimpan banyak sekali tempat wisata seru, seperti Coban Talun, Bukit Paralayang, Coban Rais dan masih banyak lainnya.

Nah itu tadi berbagai kota wisata yang asyik untuk dikunjungi dengan naik kereta api. Hal ini karena harga tiket kereta api ke kota-kota tersebut sangat terjangkau dan fasilitas naik kereta api sekarang pun sudah sangat nyaman.

Namun pastikan kamu merencanakan liburan dengan baik, apalagi di masa pandemi seperti sekarang ini. Kamu harus update peraturan mengenai naik kereta api perlu rapid test atau tidak. Jika ya, berapa lama waktu berlaku surat negatif rapid tes yang dilakukan. Peraturan ini dapat berubah sesuai dengan kondisi virus corona di Indonesia. Selain itu kamu jangan lupa segera amankan tiketnya dengan beli di Traveloka saja. Mudah, cepat dan aman, kamu pun bisa menyusun rencana liburan dengan lebih tenang.

Jadi, mau kemana nih kamu di liburan kali ini?