Bagi siswa SMA/SMK/MA yang akan melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi tentunya tidak asing lagi dengan ujian masuk perguruan tinggi UTBK SBMPTN. Jalur ini paling populer dan menghadirkan antusiasme yang besar.

Akan tetapi, selain UTBK SBMPTN, terdapat beberapa jalur untuk bisa masuk ke universitas pilihan. Sehingga jika di salah satu jalur belum lulus, dapat memilih jalur lainnya.

Jalur Masuk Perguruan Tinggi di Indonesia

Jalur Masuk Perguruan Tinggi di Indonesia

Jalur masuk perguruan tinggi UTBK SBMPTN selalu menarik antusias para calon mahasiswa baru untuk bisa masuk ke universitas. Apalagi jika yang dituju merupakan univesitas terbaik dan favorit di Indonesia sesuai dengan jurus yang diminati.

Agar tetap bisa kuliah di pergurua tinggi pilihan, kamu harus tahu beberapa jalur masuk perguruan tinggi di bawah ini sebagai referensi jika gagal di salah satu ujian masuk.

1. SNMPTN

Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) tidak kalah populer dengan UTBK SBMPTN. Hal ini karena seleksi jalur SNMPTN dilihat dari prestasi akademis.

Sayangnya quota untuk Jalur SNMPTN hanya 20% setiap PTN. Dimana persaingannya akan lebih ketat lagi. Walau begitu, jika memang memiliki prestasi gemilang tidak ada salahnya coba SNMPTN.

Syarat untuk mengikuti seleksi SNMPTN yaitu rapor, prestasi akademis dan termasuk akreditasi sekolah.

2. UTBK SBMPTN

Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) menjadi incaran banyak siswa untuk bisa masuk di universitas pilihan. Terlebih setiap peserta dapat memilih 2 jurusan pendidikan di 1 PTN atau 2 PTN sekaligus.

Sedangkan untuk tes ujian masuk meliputi Tes Potensi Skolastik (TPS), TKA Saintek dan TKA Soshum.

3. Pendaftaran Jalur Mandiri PTN

Seleksi pendaftaran jalur mandiri PTN bisa kamu pilih untuk bisa masuk ke perguruan tinggi pilihan. Misalnya ingin kuliah di Universitas Indonesia maka bisa mengikuti seleksi SIMAK UI.

Untuk jalur mandiri ini karena setiap PTN memiliki kebijakan masing-masing, sehingga harus cek secara mandiri di website universitas mengenai syarat pendaftaran jaur mandiri.

4. Seleksi Mandiri Perguruan Tinggi Sswasta

Tidak hanya untuk PTN, Perguruan tinggi swasta pun banyak diminati mahasiswa baru. Karenanya, untuk kuliah di perguruan tinggi swasta bisa mencoba jalur mandiri PTS.

5. SNMPN

Jangan tertukar dengan SNMPTN, ya. SNMPN merupakan jalur masuk perguruan tinggi untuk masuk politeknik negeri. seleksi SNMPN cocok untuk kamu yang ingin meneruskan pendidikan di bidang vokasi atau politeknik.

Pendaftaran SNMPN dilihat dari prestasi akademik. Biasanya ada undangan khusus dari perguruan tinggi ke sekolah-sekolah. tetapi, bisa diikuti juga oleh sekolah yang tidak mendapatkan undangan, lho. jadi, terbuka untuk siapa saja.

6. Seleksi PTKIN

Buat yang ingin kuliah di perguruan tinggi islam, terdapat seleksi jalur masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN). Perguruan tinggi ini berada dibawah naungan Kementrian Agama RI, seperti UIN, IAIN, dan STAIN.

7. SNMPTN Barat

Ada juga jalur pendaftaran SNMPTN Barat yang merupakan jalur mandiri bagi calon mahasiswa baru. Seleksinya dilakukan serentak oleh perguruan tinggi yang tegabung dalam BKS-PTN Indonesia Wilayah barat.

Demkian 7 jalur masuk perguruan tinggi yang bisa kamu coba. Setelah berhasil masuk ke perguruan tinggi, kamu harus menyiapkan berbagai hal dan kebutuhan sebagai mahasiswa baru. Salah satunya mencari tempat kos yang dekat dengan tempat kuliah.

Cari Kos Dekat Tempat Kuliah di Mamikos.com

Untuk mendapatkan tempat kos yang nyaman, biaya sewa terjangkau, dan lokasi yang strategis dekat dengan tempat melanjutkan pendidikan di perguran tinggi bisa cek di https://mamikos.com/info/.

Mamikos.com adalah platform atau aplikasi yang mempertemukan pemilik kos dan penyewa kos No. 1 di Indonesia. Di sini tersedia banyak pilihan tempat kos yang tersebar di lebih dari 140 kota di seluruh wilayah Indonesia.

Untuk kualitas tempat kos pun pasti terjamin, karena ada tim khusus yang langsung survey ke lapangan. Sehingga setiap foto yang terdapat di website atau aplikasi Mamikos sesuai dengan kondisi aslinya.

Oleh sebab itu, agar lebih mudah dan praktis dalam mencari tempat kos saat kuliah cek sekarang juga di https://mamikos.com/info/.