Apakah kamu ingin menikmati masa pensiun yang menyenangkan? Semua orang pasti menginginkan hal ini. Masalahnya, ketika sudah mencapai masa pensiun, kondisi fisik tidak lagi fit untuk melakukan berbagai aktivitas yang diinginkan. Dalam keadaan begini, walaupun punya banyak waktu dan uang, masa pensiun akan terasa kurang menyenangkan.

Supaya dapat menikmati kondisi financially independent retire early, seseorang harus mempersiapkan diri dengan baik. Hal ini tidak mustahil untuk tercapai asalkan kamu memiliki upaya untuk mewujudkannya. Nah, apa saja tahap yang harus dilewati untuk mencapai kondisi pensiun dini yang ideal? Baca lebih lanjut tulisan ini.

Pensiun Dini: Bagaimana Cara Mewujudkannya?

1. Meyakini Tujuan Pensiun Dini

Sejak kapan kamu terpikir untuk pensiun dini? Umur berapa kamu akan pensiun dini? Hal seperti ini seharusnya sudah disadari sejak awal karena mempersiapkan pensiun dini tidak bersifat instan. Rentang waktu yang cukup panjang akan membuat peluang pensiun dini lebih besar dan mungkin terwujud.

Karena itu, langkah pertama yang perlu dilakukan adalah meyakini tujuan untuk pensiun dini. Tetapkan pada usia berapa kamu akan berhenti bekerja dan menikmati kehidupan yang lebih santai tanpa tertekan urusan ekonomi. Dengan demikian, kamu bisa melakukan perencanaan yang tepat.

2. Bekerja Keras Sejak Muda

Langkah selanjutnya adalah mulai bekerja keras sejak masih muda. Contoh sederhana, bekerja sambil belajar saat kuliah. Melakukan kedua hal ini secara bersamaan memang tidak mudah. Kamu harus membagi waktu dengan tepat supaya salah satu di antaranya tidak berantakan.

Bekerja keras sejak muda juga bisa jadi akan mengurangi waktu kamu untuk bersenang-senang. Apabila teman-teman kamu yang lain bebas untuk melakukan keinginan dan hobi mereka, kamu harus berkutat dengan pekerjaan sehingga bisa menghasilkan uang. Ini semua perlu dilakukan guna mencapai tujuan pensiun dini.

3. Menabung Secara Disiplin

Rahasia orang-orang yang memiliki kehidupan finansial yang sehat salah satunya adalah kedisiplinan dalam menabung. Ada banyak orang yang tidak dapat menabung karena gaya hidup yang berlebihan. Padahal menabung merupakan titik awal dalam pengelolaan keuangan.

Untuk itu, kamu bisa menggunakan berbagai cara yang kreatif untuk menabung. Hal ini akan membantu kamu dalam mencapai jumlah tabungan yang ditentukan. Tantangan dalam menabung biasanya adalah ketidakmampuan menahan keinginan. Karena itu, pastikan kamu bisa mengontrol keinginan tanpa mengabaikan kebutuhan.

4. Cari Sumber Pemasukan Tambahan

Dengan penghasilan seperti biasa, kamu mungkin bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari. Bagaimana caranya agar bisa menyisihkan uang untuk tabungan masa pensiun? Selain mengurangi pengeluaran, kamu juga bisa menambah penghasilan. Karena itu, kamu bisa mencari sumber pemasukan tambahan.

Agar bisa mendapatkan tambahan pemasukan, hal pertama yang kamu perlu lakukan adalah mengasah keahlian. Kemudian, gunakan keahlian tersebut sebagai modal untuk mencari pekerjaan. Dapatkan bayaran atas keahlian kamu dan alokasikan sebagai tabungan. Mudah, bukan?

5. Membangun Sumber Passive Income

Saat pensiun dini, kebutuhan sehari-hari masih harus terus dipenuhi. Jika tidak lagi bekerja, bagaimana cara memenuhinya? Salah satu trik penting yang harus dilakukan adalah membangun sumber passive income. Pemasukan pasif artinya pemasukan yang bisa didapatkan tanpa perlu bekerja terlalu keras.

Contoh passive income adalah memiliki properti yang bisa disewakan, misalnya kos atau kontrakan. Jika memiliki properti ini, kamu hanya perlu menunggu orang yang membutuhkan dan menerima uang sebagai biaya sewa. Membangun passive income butuh waktu dan upaya, tetapi hasilnya juga tidak mengecewakan.

6. Membangun Bisnis Sejak Awal

Apabila kamu ingin pensiun dini, jalur bisnis menjadi salah satu solusi yang bisa kamu coba. Namun, kamu harus memulainya sejak awal, yaitu ketika kamu masih berusia muda. Keuntungan melakukan ini adalah kamu memiliki banyak waktu untuk mengembangkannya.

Ketika bisnis telah berada dalam kondisi stabil, kamu bisa melepasnya perlahan-lahan dan menikmati waktu tenang tanpa khawatir dengan penghasilan. Membangun bisnis memang tidak mudah. Kamu juga mungkin akan mengalami sejumlah kegagalan. Asal terus mencoba, kamu bisa menjadi sukses dalam bisnis.

7. Belajar Investasi dengan Tekun

Masih ada orang yang merasa ragu atau takut untuk memulai investasi. Ada pula yang merasa terkendala dengan modal. Faktanya, belajar investasi harus dimulai dari sekarang. Selain itu, modal untuk investasi tidak harus selalu besar. Kini ada banyak aplikasi yang memungkinkan investor pemula berlatih berinvestasi dengan modal seadanya.

Untuk melatih kemampuan dalam mengelola keuangan demi tujuan pensiun dini, kamu sebaiknya menjadi member Ternak Uang. Platform Ternak Uang ditujukan bagi orang-orang yang belajar keuangan dengan banyak mentor di bidang fiannsial sehingga bisa mencapai tujuan pensiun dini.

Untuk menjadi member, ada voucher promo khusus yang bisa digunakan untuk pembaca blog ini yaitu: TUBLOGGERMAR2. Dengan promo ini kamu bisa mendapatkan diskon 15% saat daftar menjadi member di Ternak Uang nanti.

Dengan wawasan yang luas, pengambilan keputusan akan menjadi lebih objektif dan tepat. Nah, inilah beberapa hal yang perlu kamu lakukan guna mencapai tujuan pensiun dini dengan mudah.