Minyak goreng akhir-akhir ini memang  menjadi pembicaraan di mana-mana akibat dari harganya yang tinggi. Tak heran, karena minyak goreng merupakan salah satu produk yang pasti selalu ada di dapur-dapur setiap rumah sebab kegunaanya yang begitu dibutuhkan dalam dunia masak. Namun, tahukah Anda bagaimana cara menyimpan minyak goreng yang benar?

Cara Menyempan Minyak Goreng yang Benar

Jika minyak goreng tidak disimpan dengan benar, zat-zat minyak akan menjadi cepat rusak. Rusaknya zat dalam minyak bahkan dapat menimbulkan bau tengik. Agar minyak goreng Anda terhindar dari kerusakan senyawanya, inilah tips menyimpan minyak goreng dengan benar:

1. Hindari Meletakkan Minyak Goreng dekat Kompor

Sebagian besar dari ibu rumah tangga biasanya menyimpannya dekat kompor agar memudahkan ketika ingin menuangkannya ke dalam wajan. Namun, meletakkan minyak goreng dekat dengan kompor akan menyebabkan minyak goreng terkena panas dari api kompor. Hal ini bisa menyebabkan minyak goreng menjadi lebih gampang menguap sehingga menurunkan kualitas dari minyak goreng tersebut.

2. Letakkan di Tempat yang Tidak Terkena Sinar Matahari Langsung

Suhu panas dapat menghilangkan kandungan antioksidan minyak goreng dan dapat mempercepat pembusukan. Oleh karena itu, minyak goreng tidak boleh disimpan di tempat yang terkena sinar matahari langsung.

3. Simpan dalam Botol Kaca

Biasanya minyak goreng disimpan dalam kemasan plastik atau dalam botol plastik. Jika Anda juga melakukan hal tersebut, Anda sebaiknya memindahkan minyak goreng Anda saat ini juga ke dalam botol kaca.

Pasalnya, kualitas minyak goreng yang disimpan dalam botol plastik atau dalam plastik akan membuat kualitas minyak goreng lebih cepat menurun dibandingkan dengan yang disimpan dalam botol kaca.

Bahan plastik lebih cepat memuai dan larut ke dalam minyak. Terlebih lagi, jumlah peroksida (patokan nilai kerusakan pada minyak) akan cepat naik. Semakin tinggi bilangan peroksidanya, maka semakin cepat pula timbul bau tengik pada minyak.

Tips Memilih Botol Minyak Goreng

Tips Memilih Botol Minyak Goreng

Selanjutnya, Anda perlu cermat dalam memilih botol kaca untuk penyimpanan minyak goreng Anda. Simak tips berikut agar Anda bisa mendapatkan botol yang berkualitas dan bagus.

1. Pilihlah Botol yang Mempunyai Tutup

Tutup yang ada pada botol jelas akan melindungi minyak goreng Anda dan akan mencegah minyak goreng Anda tumpah. Selain itu, tutup juga akan membuat minyak goreng Anda tetap higienis serta bersih.

Jika tidak ada tutupnya, maka ujung mulut botol berpotensi terkena debu dan kotoran lainnya. Dan pastikan Anda menutupnya dengan rapat sehingga tidak celah yang dapat dimasuki hewan atau serangga kecil.

2. Pilihlah Botol yang Mudah Diatur Takarannya

Botol minyak goreng dengan takaran akan memudahkan Anda ketika Anda membutuhkan menuangkan minyak goreng dalam berbagai jumlah yang dibutuhkan.

Selain itu juga bisa Anda akali dengan memilih botol minyak goreng dengan ujung corong yang sangat kecil. Sehingga minyak goreng dapat Anda keluarkan sedikit demi sedikit tanpa takut kelebihan takarannya.

Pada masa sekarang yang lebih serba mudah ini, terdapat botol minyak goreng yang dilengkapi dengan model kepala berbentuk spray. Tentunya dengan hal ini Anda dapat mengeluarkan minyak dalam jumlah yang sangat sedikit sekaligus minyak goreng akan lebih mudah tersebar di wajan tanpa perlu Anda meratakannya.

3. Pilih dengan Mempertimbangkan Bentuk Mulut Botol

Disarankan agar Anda membeli berdasarkan mulut botol yang berbentuk corong. Bentuk dengan mulut corong dapat memudahkan Anda ketika menuangkannya ke wajan dan membuat minyak goreng tidak tumpah ke tempat yang tidak diinginkan.

4. Pertimbangkan Membeli Botol Minyak Goreng Karena Desain

Desain atau bentuk memang memberi kesan indah, tetapi terkadang desain botol justru menyulitkan. Pilihlah desain yang memudahkan Anda untuk menuang minyak goreng.

5. Perhatikan Ukuran Botol Minyak Goreng

Ukuran botol minyak goreng berbeda-beda. Ada yang berukuran 500 ml, 1 liter, atau bahkan 2 liter. Pilihlah ukuran yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Itulah beberapa tips mengenai minyak goreng. Mulai dari tips penyimpanan hingga tips memilih botol minyak goreng. Berbagai jenis botol minyak goreng bisa Anda temukan di Grinn Living. Produk Grinn Living dapat Anda pilih untuk memenuhi kebutuhan dapur Anda. Selain itu peralatan dapur Grinn Living juga menghadirkan peralatan lain yang berkualitas bagi rumah Anda.