Banjarwangi.com – Kuliah memang menuntut kita untuk lebih banyak berpikir. Bukan hanya tentang tugas-tugas dosen yang super duper sulit saja, tetapi juga seabrek masalah lainnya.

Salah satunya adalah masalah finansial. Terus-terusan minta kepada orangtua? Duh, mulai merasa malu. Jangan khawatir, banjarwangi.com punya solusinya. Yuk intip pekerjaan part time yang mungkin cocok untuk kamu dalam list di bawah ini.

5 Pekerjaan Part Time untuk Mahasiswa

5 Pekerjaan Part Time untuk Mahasiswa

1. Guru Les

Sekarang ini banyak agensi les yang merekrut mahasiswa-mahasiswa untuk mengajar les anak SD hingga umum. Kalau kamu tipe orang yang mudah bergaul dengan siapa saja, bisa menjelaskan materi dengan baik, kamu bisa coba daftar ke salah satu agensi atau buka les-lesan sendiri.

Kelemahannya gaji pengajar les dari agensi biasanya rendah, berbeda jika kamu mengajar les independen tanpa agensi apapun. Jika kamu cukup pede bisa mendapatkan murid les tanpa agensi, coba saja buat pamflet dan promosikan sendiri.

2. Penulis

Siapa bilang orang tidak bisa makan dari menulis? Fyi, ini dia part-time favorit mahasiswa. Mulai dari menulis artikel untuk website, media cetak, hingga jadi penulis fiksi pun bisa loh. Modalnya cukup satu yaitu konsistensi.

Kalau kamu adalah orang yang punya banyak ide, penyabar, ulet, dan tidak bosan bekerja dari dalam kamar kosan, coba saja menjadi seorang penulis.

3. Bisnis Online

Manfaatkan jaringan sosial media untuk memasarkan barang daganganmu. Makin unik dan nggak biasa barang dan cara pemasaran kamu, makin besar kesempatan kamu untuk meraih banyak pembeli.

Misalnya, kamu bisnis online dengan konsentrasi barang-barang kos bekas seperti rice cooker, lemari, tv, dispenser, dan lain-lain. Daripada membeli yang baru, lebih murah yang bekas. Cukup banyak loh mahasiswa yang berpikiran seperti itu.

4. Penerjemah

Mahasiswa mana sih yang nggak berkutat dengan jurnal internasional dan handbook berbahasa Inggris? Sayangnya, tidak semua orang mahir berbahasa Inggris. Akhirnya banyak di antara mereka yang justru memasrahkan tugasnya kepada Google Translate.

Sayangnya terjemahan ala Google Translate nggak selamanya bagus karena hanya bisa menerjemahkan kata per kata dan bukan jagonya menerjemahkan kalimat. Nah, sekarang saatnya kamu-kamu yang jago bahasa Inggris beraksi.

Buka jasa translate kecil-kecilan, lalu iklankan dirimu di social media yang dipakai teman-teman kamu. Kalau perlu, minta testimoni dari teman yang pernah pakai jasa kamu. Peluang besar, kan?

5. Desainer

Ini cocok sekali untuk kamu yang bisa desain visual. Kamu bisa jadi freelancer di berbagai situs freelance seperti sribulancer.com atau menjual desain kamu di dunia maya.

Kalau ada modal, bisa juga kamu bikin desain kaos, lalu open pre-order dengan bekerja sama dengan konveksi untuk jualan kaos atau jaket dengan desain unik. Kedengarannya menggiurkan, kan?

Itulah beberapa contoh pekerjaan part-time yang bisa kamu coba selama kuliah. Dengan mencoba beberapa rekomendasi di atas, kamu jadi bisa meringankan beban orangtua kamu. Semangat mencoba dan semoga berhasil.