Perkembangan teknologi dan informasi benar-benar merubah banyak hal dalam kehidupan manusia, tidak terkecuali dalam transaksi jual beli.

Dahulu kala ketika transaksi jual beli dilakukan dengan cara barter atau saling tukar menukar barang untuk memenuhi kebutuhan sebelum adanya uang.

Kemudian zaman menjadi lebih maju, manusia menemukan uang terutama uang logam yang terbuat dari emas dan perak sebagai alat pembayaran untuk mendapatkan barang atau jasa.

Setelah itu perkembangan sistem pembayaran terus berkembang, mulai ditemukan berbagai jenis alat atau barang yang bisa digunakan dalam transaksi jual beli.

Sampai pada zaman sekarang dimana uang kertas maupun uang logam sudah tidak menjadi prioritas dalam metode pembayaran. Pasalnya sudah banyak bermunculan sistem pembayaran yang dilakukans secara online.

Sistem pembayaran yang dilakukan secara online sangat membantu pengguna ketika melakukan transaksi jual beli.

Pasalnya dengan adanya sistem pembayaran yang berbasis online, kini masyarakat tidak perlu lagi khawatir membawa uang dalam jumlah yang banyak terutama untuk transaksi yang nilainya besar misalnya ratusan juta atau bahkan milyaran rupiah.

Bisa dibayangkan bagaimana ribet dan was-wasnya ketika melakukan pembayaran dalam jumlah yang besar menggunakan uang tunai.

Untuk yang belum tahu apa yang dimaksud dengan sistem pembayaran adalah sistem yang digunakan untuk memindahkan dana atau uang dari pembeli satu pihak kepihak yang lain. Misalnya dari penjual ke pembeli dan sebaliknya.

5 Sistem Pembayaran Favorit di Indonesia

Sistem Pembayaran Favorit di Indonesia

Di Indonesia sendiri sudah berkembang banyak sekali sistem pembayaran yang memberikan kemudahan masyarakat.

Mulai dari yang konvensional hingga berbasis teknologi, bahkan saat ini sudah berkembang sistem pembayaran dimana pembeli bisa membayar nanti, meskipun barang yang dibeli sudah digunakan.

Berikut adalah lima sistem pembayaran yang menjadi favorit masyarakat Indonesia terutama dalam melakukan transaksi jual beli.

1. Cash on Delivery atau COD

COD atau cash on delivery masih menjadi sistem pembayaran yang paling favorit di Indonesia, pasalnya sistem pembayaran ini menjadi sistem pembayaran yang dinilai paling aman sejauh ini.

Selain itu sistem pembayaran ini juga mencegah terjadinya hal-hal tidak diinginkan seperti penipuan atau yang lainnya.

Sistem pembayaran COD ini juga menjamin pembeli suatu barang atau jasa akan menerima barang sesuai dengan kualitas yang ditawarkan di awal.

Pasalnya jika tidak sesuai dengan kualitas yang ditawarkan di awal, pembeli memiliki hak untuk membatalkan transaksi. Sistem ini sebenarnya memberikan perlindungan kepada penjual dan pembeli.

2. Transfer Bank

Transfer bank menjadi metode pembayaran kedua yang menjadi favorit masyarakat Indonesia untuk berbagai keperluan transaksi.

Salah satu kelebihan dari transfer bank adalah memiliki keamanan yang cukup baik selain itu Anda sebagai pembeli bisa melakukan pengecekan karena ketika melakukan transfer Anda akan melihat nama pemilik rekening bank.

Sekarang transfer bank juga lebih mudah karena tidak harus menggunakan mesin ATM dengan adanya internet banking atau SMS banking, jadi transfer bank bisa dilakukan di mana saja.

3. E-Money

Electronic money atau uang digital menjadi pembayaran ketiga yang sekarang digemari oleh masyarakat Indonesia.

Pasalnya dengan adanya e-money ini memberikan kemudahan bagi penggunanya dalam melakukan transaksi pembayaran terutama dalam hal kepraktisan karena kebanyakan e-money hanya membutuhkan smartphone tidak membutuhkan kartu.

Selain itu e-money juga sekarang banyak digunakan oleh berbagai toko atau outlet bahkan UMKM sudah banyak yang melayani pembayaran dengan e-money.

4. Rekening Bersama

Sistem pembayaran ini muncul bersamaan dengan banyaknya e-commerce di Indonesia, rekening bersama adalah rekening sementara yang digunakan oleh e-commerce untuk menampung dana dari pembeli sebelum diserahkan ke penjual.

Dengan adanya rekening bersama maka memberikan perlindungan kepada pembeli, karena jika barang yang datang tidak sesuai dengan spesifikasi dan kualitas yang dijelaskan pembeli bisa melakukan retur dan mendapatkan uangnya kembali.

Selain itu dari sisi penjual adanya rekening bersama juga memberikan perlindungan karena penjual tidak akan ditipu oleh pembeli yang belum melakukan pembayaran. Karena barang akan dikirim jika dana dari pembeli sudah masuk ke rekening bersama.

5. Kartu Debit

Kartu debit menjadi alat pembayaran kelima yang cukup favorit di Indonesia, apalagi sekarang kartu ATM berfungsi juga sebagai kartu debit.

Sehingga memudahkan penggunanya dalam melakukan pembayaran terutama untuk transaksi pembayaran dengan nilai yang besar.

Karena kelemahan dari metode pembayaran yang lain biasanya dibatasi untuk jumlah tertentu sedangkan pada kartu debit rata-rata bisa digunakan untuk jumlah besar.

Penggunaan kartu debit juga sangat mudah karena sama dengan menggunakan kartu ATM cukup menggunakan pin ATM saja.

Jadi di atas adalah lima sistem pembayaran yang menjadi favorit di Indonesia, dengan banyaknya metode pembayaran tersebut sangat membingungkan terutama bagi penjual atau UMKM mau memilih yang mana.

Untuk mempermudah pengelolaan sistem pembayaran dan mampu memenuhi semua jenis pembayaran yang dilakukan oleh konsumen Anda bisa menggunakan Midtrans.

Midtrans sendiri adalah salah satu software atau sistem yang bisa mengakomodasi seluruh jenis pembayaran yang ada dengan mudah, cepat dan yang paling penting aman.

Dengan dukungan layanan 24 jam baik offline atau online tentunya akan sangat membantu bisnis Anda. Dan yang terpenting mampu membuat konsumen menjadi puas.

Untuk pengaplikasian Midtrans sendiri sangat mudah dan tidak perlu melakukan pelatihan khusus yang memakan banyak biaya.