Tipe-Tipe Senior yang Harus Junior Kenal

Senioritas dalam dunia kampus memang tak sekejam senioritas di masa SMA. Terutama karena ada pula kemungkinan seorang senior menghadiri kelas yang sama dengan juniornya.

Namun, itu bukan berarti anak kuliahan tidak harus mengenal senior-seniornya. Justru karena kampus merupakan replika dari kehidupan yang sebenarnya, kamu harus kenal betul senior-senior kamu karena akan terbantu dalam banyak hal.

Satu, senior kamu lebih berpengalaman dalam dunia kampus.

Dua, it’s also about the link! Kamu akan mendapatkan keuntungan yang nggak kamu sangka-sangka di masa depan kamu.

Nah, apa saja tipe-tipe senior itu? Ayo baca daftar di bawah ini.

5. Senior Pejabat

Ketua BEM (Image by Aneka Info)

Ketua BEM (Image by Aneka Info)

Senior pejabat ini merupakan senior-senior yang menduduki posisi-posisi strategis dalam politik kampus. Misalnya dengan menjadi ketua atau menteri BEM, ketua senat, dan lain sebagainya.

Kenal mereka berarti kamu mengenali iklim kampus. Lebih bagus lagi kalau kamu juga mengenal mereka secara personal karena bisa mendapatkan ilmu-ilmu tak terduga terkait masalah organisasi.

4. Senior Akademisi

Senior Akademisi (Image by Sedang Hangat)

Senior Akademisi (Image by Sedang Hangat)

Senior tipe yang satu ini adalah jagonya PKM, IPK selalu di atas 3,8, dan merupakan senior yang namanya pertama kali disebut oleh dosen karena banyaknya prestasi akademik yang bagus.

Ingin tahu bagaimana strategi belajar yang harus kamu tempuh untuk semester depan? Jangan ragu untuk bertanya pada senior tipe akademisi. Senior yang baik akab dengan senang hati berbagi ilmu denganmu.

3. Senior Alim

santri-750x422

Anak Rohis (Image by Hipwee)

Senior ini biasanya tergabung dalam organisasi kerohanian seperti rohis atau orginasasi keagamaan lainnya.

Biasanya senior alim ini lebih ramah daripada senior-senior tipe lainnya. Dengan menjalin hubungan dengan senior tipe alim, kamu tidak akan terseret arus kehidupan mahasiswa yang menjerumuskan. Apalagi pergaulan kampus jaman sekarang sangat mengerikan saking bebasnya.

Mereka akan jadi ‘penjaga’ kamu supaya kamu tetap dekat dengan Tuhan dan rajin beribadah.

Sedikit banyak kamu juga akan ketularan baiknya senior alim ini sekaligus memperdalam ilmu agama. Apalagi matakuliah agama biasanya hanya ada di semester satu saja.

2. Senior Fasilitator

Suasana PMB (Image by Hipwee)

Suasana PMB (Image by Hipwee)

Mulai dari menjadi fasilitator kegiatan PMB hingga fasilitator dalam pelatihan kepemimpinan.

Ketika awal penerimaan mahasiswa baru, kamu pasti dikenalkan dengan beberapa senior yang akan membantu kamu selama mengikuti proses kegiatan PMB. Biasanya kakak-kakak senior itu berasal dari divisi PSDM jurusan atau fakultas masing-masing.

Percaya atau tidak, kenal ketika PMB akan memberi banyak manfaat untuk kamu loh. Mulai dari tanya-tanya tentang kos yang lebih nyaman dari kos kamu yang sekarang, hingga konsultasi ukm apa yang sebaiknya kamu masuki.

1. Senior Asisten Dosen

Asisten Dosen (Image by blogspot)

Asisten Dosen (Image by blogspot)

Untuk kamu yang kuliah di jurusan saintek, pasti sudah tidak asing lagi kan dengan istilah asistensi.

Ya, menjalin hubungan yang baik dengan asisten-asisten itu tidak hanya akan mendongkrak nilai tugas kamu tetapi juga membuka peluang bagi kamu untuk bertanya-tanya secara lebih intensif terkait mata kuliah kamu sekarang.

 

Sudah berkenalan belum? Kalau belum, tunggu apa lagi? Manfaatkan kesempatanmu sekarang juga. Punya pengalaman unik ketika berkenalan dengan senior? Yuk tuliskan di kolom komentar.

Jika bermanfaat, mohon like fb page kami ya!!

Jangan lupa share artikel ini ya!

Komentar

comments

Leave a Reply