Kegiatan Sosial Yang Wajib Kamu Lakukan Selama Menjadi Mahasiswa

Salah satu tridharma perguruan tinggi adalah pengabdian masyarakat. Itu artinya kamu harus menunjukkan bakti kepada masyarakat selama kamu menjadi mahasiswa dan selepas lulus nanti diharapkan akan memberikan manfaat kepada masyarakat.

Supaya terbiasa, kamu harus sering-sering aktif dalam kegiatan sosial sejak dini. Berikut beberapa kegiatan sosial yang biasanya diadakan oleh mahasiswa. Kamu juga harus coba.

 

5. Mengajar

Yuk ngajar (Image by Ayo Mengajar Indonesia)

Yuk ngajar (Image by Ayo Mengajar Indonesia)

Bukan sembarang mengajar, tetapi mengajar di sekolah dasar dengan fasilitas yang masih terbatas, hingga mengajar untuk anak-anak jalanan.

Hampir semua ukm yang memiliki divisi pengabdian sosial, pasti pernah mengadakan acara semacam ini.

Ada banyak manfaat yang bisa kamu berikan melalui pengabdian yang satu ini.

Dengan ikut mengajar di sekolah yang tertinggal, kamu bukan hanya akan meringankan pekerjaan guru setempat yang biasanya terbatas, tetapi juga memberi inspirasi kepada adik-adik untuk mengejar mimpi mereka melalui pendidikan.

 

4. Donor Darah

Kampanye Donor Darah (Image by Hafifah Bella)

Kampanye Donor Darah (Image by Hafifah Bella)

Sudah jadi mahasiswa dan belum pernah donor darah?

Wah, malu rasanya. Donor darah saja sekarang sudah sering diadakan di SMA loh.

Donor darah biasanya tidak terikat waktu yang panjang. Sekalipun kamu tidak menjadi salah satu panitia donor darah, kamu masih bisa menunjukkan kepedulian kamu terhadap masyarakat dengan menyumbangkan darah. Sebab, di luar sana ada banyak orang yang membutuhkan donor dari orang lain.

Tapi untuk pembaca banjarwangi.com yang memiliki tekanan darah rendah, atau tidak memenuhi kriteria pendonor, jangan dipaksakan ya.

 

3. Bakti Sosial di Panti Asuhan

Main ke panti asuhan (Image by Orphan Act)

Main ke panti asuhan (Image by Orphan Act)

Ada yang bilang bermain bersama anak-anak bisa membuat hati jadi lembut. Terutama bermain bersama anak-anak di panti asuhan.

Selain membantu meringankan beban mereka, bisa jadi refreshing juga loh untuk kamu yang merasa penat dengan tugas-tugas kuliah dan urusan organisasi.

Sesekali, luangkan waktu kamu untuk berkunjung ke panti asuhan bersama teman-temanmu. Tidak harus mengadakan acara yang besar. Cukup dengan iuran seikhlasnya dengan kawan-kawan dekatmu, lalu pilih satu hari yang luang untuk mengunjungi mereka.

 

2. Bersih Alam

Belajar berbakti pada alam (Image by Save Planet Earth)

Belajar berbakti pada alam (Image by Save Planet Earth)

Bukan melulu manusia yang kita perhatikan, alam juga jangan sampai luput dari kasih sayang kita.

Hampir di setiap kampus pada awal semester baru, biasanya ada acara bersih-bersih kampus yang diikuti oleh mahasiswa-mahasiswa fakultas yang bersangkutan.

Terkadang ada juga aktivitas bersih alam dalam bentuk yang berbeda, seperti bersih desa, bersih sungai, bersih hutan, bersih pantai, dan lain sebagainya.

Tinggal ajukan diri saja jadi volunteer pada acara yang sedang diadakan. Buktikan kalau mahasiswa jaman sekarang tidak hanya peduli pada fenomena media sosial yang sedang ngetren saja, tapi juga peka pada isu-isu sosial dan alam.

 

1. Bank Buku

Daripada menganggur, yuk donasikan (Image by Sangar Daun)

Daripada menganggur, yuk donasikan (Image by Sangar Daun)

Ini dia bakti sosial yang paling mudah dilakukan. Tidak perlu jadi panitia penyalur sumbangan buku.

Kamu cukup perlu sebuah buku yang masih layak untuk disumbangkan kepada bank buku, lalu menyerahkan masalah penyaluran kepada panitianya.

Mudah kan? Tidak perlu mendaftar jadi volunteer dan yang pasti kamu telah memberikan manfaat dengan mempermudah akses ilmu anak-anak yang kurang beruntung.

 

Sudahkah pembaca banjarwangi.com melakukan salah satu pengabdian di atas? Kalau belum, yuk cari kesempatannya. Kalau memanfaatkan kesempatan yang ada saja belum cukup, kamu bisa memperbesar peluang kamu untuk join kegiatan pengabdian seperti di atas dengan bergabung dengan ukm pengabdian sosial.

Jika bermanfaat, mohon like fb page kami ya!!

Punya pengalaman unik ketika sedang mengabdi? Jangan lupa komentar dan share artikel ini kepada teman-teman lainnya ya.

Komentar

comments

Leave a Reply