7 Situs Pustaka Ini Menyediakan Referensi-Referensi yang Dapat Kamu Download

Bete ngerjain tugas karena sulit mencari sumber pustaka ? Googling kemana-mana tapi tetep nggak ketemu juga?

Eiits, tenang dulu…

Kamu boleh coba  menjelajahi deretan situs-situs pustaka yang menyediakan beragam referensi di bawah ini. Kabar baiknya, referensi yang disediakan cukup luas karena menyediakan literatur untuk berbagai bidang keilmuan.

Penasaran? Jangan lupa bookmark juga ya..

1. Microsoft Academic

Microsoft Academic

Image by academic.microsoft.com

Microsoft Academic adalah salah satu situs wajib yang harus dikunjungi. Situs ini menyediakan berbagai macam literatur dari berbagai bidang keilmuan. Misalnya saja art, biology, business, chemistry, computer science, dan masih banyak lagi. Bahkan, Microsoft academic juga menyediakan fitur informasi dan artikel terkini, lho. Kamu dapat mengunjunginya di www.academic.microsoft.com

2. Academia

Academia

Image by academia.edu

Kamu wajib bikin akun di situs pustaka yang satu ini. Situs www.academia.edu  adalah salah satu situs populer untuk mencari referensi jurnal dan publikasi hasil penelitian. Tampilannya user friendly banget. Kamu pun dapat dengan mudah menemukan referensi yang kamu cari. Kamu juga dapat membagikan hasil penelitian dan publikasimu juga, lho.

3. Google Scholar

Google Scholar

Image by Google Scholar

Google Scholar itu ibarat mesin pencarian pada umumnya namun khusus publikasi ilmiah. Cara menggunakannya pun cukup mudah. Kamu cukup googling seperti biasanya. Ketikkan saja kata kunci yang kau cari. Voilaaa…. hasil pencarianmu akan muncul. Kamu tinggal pilih deh, publikasi-publikasi ilmiah yang memang sesuai dengan kebutuhanmu. Google Scholar juga menyediakan fitur koleksi, waktu publikasi, dan urutan relevansi. Kamu tinggal mengetikkan www.scholar.google.com

4. Indonesia OneSearch

Indonesia OneSearch

Image by IndonesiaOneSearch

Indonesia OneSearch itu ibarat ‘pintu kemana saja’ untuk mengakses beragam koleksi pustaka, jurnal, arsip, dan sumber-sumber elektronik yang ada di Indonesia. Fitur-fiturnya pun lengkap banget. Ada anti duplikat, pencarian full text, satu interface pencarian, dan masih banyak lagi. Kabar baiknya, kamu bisa menghemat waktu saat browsing. Gimana, ngerjain tugas ternyata bisa dibikin efektif, bukan. Kunjungi situsnya di www.onesearch.id

5. Indonesian Publication Index

Indonesian Publication Index

Image by portalgaruda.org

Pusing dan hampir menyerah karena referensi jurnal yang kamu dapatkan berbahasa Inggris?

Duh, jangan nyerah dulu dong…

Sebagai alternatifnya, kamu bisa kunjungi Indonesian Publication Index di www.portalgaruda.org

6. Project Gutenberg

Project Gutenberg

Image by Gutenberg.org

Halo mahasiswa Sastra, Seni, Sains, dan Sejarah… Bingung mencari sumber pustaka untuk bikin tugas? Kunjungi saja www.gutenberg.org  Project Gutenberg sendiri menyediakan lebih dari 53.000 ebook gratis lho..

Kabar baiknya, kamu bisa mendownloadnya dan membacanya secara online.

Bikin akun di Project Gutenberg gratis kok.. Hanya saja, kalau kamu merasa situs ini berguna, kamu dapat memberikan bantuan berupa donasi.

7. Perpustakaan Nasional Republik Indonesia

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia

Image by perpusnas.go.id

Diera serba canggih seperti sekarang ini, kamu nggak perlu jauh-jauh ke Jakarta buat dateng ke perpustakaan nasional. Kunjungi saja di www.perpusnas.go.id. Ada banyak banget referensi belajar yang bisa kamu pilih. Jangan lupa untuk mendaftarkan diri sebagai angota di situs pustaka ini, ya..

Jika bermanfaat, mohon like fb page kami ya!!

Sekarang nggak ada lagi alesan – alesan seperti ‘kesulitan mencari referensi’ saat mengerjakan tugas ya… Sumber-sumber pustaka online dapat dengan mudah kamu dapatkan. Untung aja kita hidup di era serba canggih seperti ini. Coba bayangin deh, kalau kamu jadi mahasiswa di era 10-20 tahun yang lalu.. Seharusnya kita jadi makin semangat dan nggak mengeluh, kan?

 

Komentar

comments

Leave a Reply