Yuk, Berkenalan dengan 5 Aksi Demo Unik dari Berbagai Penjuru Dunia Berikut Ini

Demo atau demonstrasi adalah salah satu cara yang dilakukan untuk menyampaikan aspirasi.Aksi demo sendiri merupakan hal yang tidak asing dijumpai di negara demokrasi.Aksi demo seperti apa yang pernah kamu lihat?

Aksi damai dengan longmarch, teaterikal, atau ala-ala demo katrok ‘nggak banget’ yang rusuh dan bikin macet? Berikut merupakan berbagai aksi demo unik dan anti mainstream dari berbagai negara.

1. Demo Menari dan Mannequin Challenge

Demo Menari dan Mannequin Challenge

Image by newsinfo.inquirer.net

Saat ini aksi mannequin challenge memang sedang mem-booming. Seperti patung manekin, kita diminta untuk diam membisu dan bergaya bak patung sungguhan. Aksi mannequin challenge memang memiliki pesannya tersendiri. Misalnya mannequin challenge yang dilakukan oleh salah satu satuan kepolisian untuk edukasi tertib berlalu lintas.

Ternyata, demam mannequin challenge ini dimanfaatkan masyarakat Filipina sebagai ajang demonstrasi. Sebanyak 80 peserta aksi dari alumni UP Samasa dan Relawan Koalisi Menolak Pemakaman Marcos menari dan melakukan mannequin challenge. Pada statementnya, UP Samasa menyatakan bahwa Ferdinand Marcos tak layak untuk dimakamkan di taman makam pahlawan.

2. Aksi Demo dengan Membagikan Makanan

Aksi Demo dengan Membagikan Makanan

Image by firstpost.com

Sekelompok nelayan di India melakukan aksi demo dengan membagi-bagikan bubur di pantai Pramban. Sekelompok nelayan tersebut menuntut dibebaskannya 28 nelayan lain yang ditangkap oleh angkatan laut Srilanka. Pemimpin dari kelompok nelayan yang melakukan aksi tersebut menjelaskan bahwa mereka telah kehilangan mata pencaharian akibat angkatan laut Srilanka yang melarang nelayan untuk menjaring ikan.

3. Aksi Selamatkan Petani Tomat

Aksi Selamatkan Petani Tomat

Image by aktual.com

Pada Agustus 2015, di Bundaran HI, Jakarta, ratusan orang melakukan aksi menyelamatkan petani tomat yang terus merugi karena harga jual yang merosot. Betapa tidak, petani tomat merugi lantaran harga jual yang jauh lebih murah dibandingkan dengan biaya produksi yang ditanggung. Selain melakukan aksi makan tomat, pengunjuk rasa juga mengkampanyekan gerakan satu orang satu kilogram tomat supaya petani tidak terus merugi.

4. Berdemo dengan Sepatu

Berdemo dengan Sepatu

Image by republika.co.id

Manusia yang melakukan aksi demo adalah hal yang biasa. Namun, apa jadinya jika justru sepatu-sepatu yang ikut berdemo? Aksi unjuk rasa ini sendiri terjadi di Paris, Prancis. Aksi ini dilakukan sebagai bentuk protes perubahan iklim menjelang KTT Perubahan Iklim COP 21. Tercatat sebanyak 20 ribu pasang sepatu mewarnai Place de la Republic di Paris sebagai aksi damai.

5. Aksi Camping di London

Aksi Camping di London

Image by viva.co.id

Camping memang asyik. Tapi, kalau camping untuk ‘berunjuk rasa’ kira-kira bagaimana ya rasanya? Ratusan aktivis berbondong-bondong mendirikan tenda di depan Katedral St Paul di London, Inggris. Mereka menuntut adanya reformasi bidang ekonomi yang dapat membantu meningkatkan kesejahteraan rakyat.

Dari sekian aksi demo di atas, pernahkah kamu mendengar salah satu di antaranya? Kamu pernah demo? Aksi demo seperti apa sih yang pernah kamu lakukan?

Jika bermanfaat, mohon like fb page kami ya!!

 

Komentar

comments

Leave a Reply