Galau Menemukan Jati Diri? 5 Langkah Ini Dapat Membantumu Untuk Menemukannya!

Semenjak remaja, kita sering mendengarkan istilah jati diri.

Sebenernya apa sih jati diri itu?

Jati diri adalah ideologi hidup yang kita pegang. Ideologi itu dapat dimanifestasikan dalam prinsip, paradigma,dan keyakinan. Namun, menurut Arnold Dashefsky, jati diri juga disebut dengan ‘identitas diri’ yang merujuk pada pribadi seseorang.

Saat menjadi mahasiswa seperti sekarang, sesungguhnya kita telah memasuki fase masa dewasa muda. Pada masa dewasa muda seperti ini, pembentukan jati diri sesungguhnya dalam bentuk ‘pembinaan’ dan ‘pemupukan’.

Namun, bagi kalian yang masih bingung dengan ‘siapa dirimu’ yang sesungguhnya, langkah-langkah ini dapat kamu lakukan untuk membantumu dalam menemukannya.

1. Kenali apa yang kamu sukai dan yang tidak kamu sukai

Kenali apa yang kamu sukai dan yang tidak kamu sukai

Image by 500px.com

Setiap manusia pasti memiliki hal mana yang disukai dan mana yang tak disukainya. Hal ini menunjukkan bahwa setiap manusia memiliki ketertarikan tersendiri dalam suatu bidang.

Lakukanlah hal-hal yang kamu sukai dan membuatmu bahagia. Jangan kamu bohongi hatimu sendiri dengan melakukan hal-hal yang tidak kamu sukai karena mengikuti orang lain, ya.

2. Temukan kelebihan dan kekuranganmu

Temukan kelebihan dan kekuranganmu

Image by 500px.com

Mengetahui kelebihan dan kekurangan diri sendiri memang klise. Namun, justru hal seperti inilah yang rasanya sulit untuk dilakukan. Kelebihan dan kekurangan diri sendiri dapat menuntunmu untuk menjadi manusia seperti apa kelak nantinya.

Selain itu, kelebihan dan kekurangan yang kita miliki dapat membantu menempatkan kita di posisi yang tepat. Kelebihan dan kekurangan juga dapat membantumu untuk mengenal diri sendiri.

3. Pahami lebih dalam tentang nilai dan prinsip yang kamu pegang

Pahami lebih dalam tentang nilai dan prinsip yang kamu pegang

Image by 500px.com

Prinsip dan keyakinan adalah ideologi penting yang harus kamu miliki.

Segala keputusan yang diambil dan perilaku yang dilakukan nantinya akan berpedoman pada nilai-nilai dan prinsipmu ini.

Jika kamu meyakini nilai-nilai yang kurang tepat, hal ini justru akan mengarahkanmu pada pola pikir dan tindakan yang keliru.

4. Refleksikan hidupmu dan belajar dari masa lalu

Refleksikan hidupmu dan belajar dari masa lalu

Image by 500px.com

Masa lalu bukan untuk ditangisi dan disesali. Namun masa lalu adalah guru yang berharga dalam kehidupan.

Berdamailah dengan masa lalumu.

Jangan terlalu sedih dan terluka karenanya. Ambil sebagai pelajaran. Dan jadilah seseorang yang lebih baik lagi dimasa depan.

5. Cari tahu apa yang kamu inginkan dan lakukan dalam hidup ini

Cari tahu apa yang kamu inginkan dan lakukan dalam hidup ini

Image by 500px.com

Sebenernya, apa sih tujuan hidupmu selama ini?

Pertanyaan yang satu ini simpel namun sulit untuk dijawab.

Jika kamu sudah mengetahui apa tujuanmu hidup di dunia ini, segera lakukan tindakan-tindakan nyata untuk mewujudkan skenario hidupmu ini.

Lakukanlah semua tindakanmu dengan baik setiap saat. Jangan biarkan hidupmu masuk ke dalam fase pemikiran yang ‘kosong’. Jangan lakukan perilaku random yang sepertinya terlihat baik, namun justru tak berguna dan tak bermakna.

Jika bermanfaat, mohon like fb page kami ya!!

Menemukan jati diri ‘siapa dirimu’ yang sesungguhnya tidak semudah yang dibayangkan. Semuanya membutuhkan proses yang panjang. Jangan takut, peristiwa yang menyakitkan, menyedihkan, hingga menyenangkan adalah perjalanan kita menuju gerbang pendewasaan.

Komentar

comments

Leave a Reply