Sudut Pandang Pemikiran yang Harus Kita Punya Ketika Menjadi Mahasiswa Tingkat Akhir

Ketika menjadi mahasiswa tingkat akhir pasti akan banyak tekanan yang datang dari berbagai pihak, tapi disisi lain kita juga pasti memiliki fokus yang bukan hanya untuk memikirkan tugas kuliah ataupun tugas akhir yang harus kita selesaikan. Oleh karena sangat penting untuk mengubah pola pikir ataupun sudut pandang yang kita punya selama menjadi proses tersebut. Berikut beberapa sudut pandang pemikiran yang harus kita punya agar semangat kita terus terjaga :

Bekerja sesuai deadline

Jika kita selalu terbiasa bekerja sesuai deadline, maka apa yang kita kerjakan akan berjalan dengan sesuai konsep atau rencana yang telah kita buat. Adanya deadline beserta dengan adanya list yang bisa dikerjakan kita akan terbiasa dengan hidup yang teratur. Adanya deadline mungkin terkadang membuat kita bekerja dibawah tekanan, tapi kita bisa mengambil sisi positifnya yaitu pekerjaan yang kita harapkan dapat selesai dengan tepat waktu atau bahkan bisa selesai sebelum waktu yang ditentukan itu lebih baik.

 

http://cwclouisville.net/2016/10/13/dont-miss-the-deadline/

 

Waktu tidak akan pernah terulang kembali

Pernahkah kita mendengar pepatah yang mengatakan waktu adalah uang? Atau waktu itu jahat? Itu mengartikan bahwa kita seharusnya bisa menggunakan waktu dengan sebaik-baiknya.. jangan pernah memiliki kebiasaan menunda pekerjaan. Apa yang bisa kita kerjakan saat ini kerjakan dengan baik, dan selalu anggap seolah-olah setiap hari adalah hari terakhir kita. Dengan adanya pola pikir seperti itu maka kita dapat memaksimalkan waktu yang ada.

 

http://log.viva.co.id/

Mengingat pengorbanan orang tua

Orang tua merupakan faktor yang sangat tepat dan yang paling utama ketika kita sudah memasuki masa-masa menjadi mahasiswa tingkat akhir dan dalam penyusunan skripsi. Orang tua dapat menjadi penyemangat kita jika kita merasa lelah dalam pengerjaan tugas akhir. Yang penting selalu harus kita ingat adalah adanya harapan orang tua yang ingin anaknya menjadi seorang sarjana, dan adanya pengorbanan orang tua yang bekerja keras selama kita menempuh pendidikan.

 

http://www.satujam.com

Belajar dari pengalaman orang lain

Pengalaman adalah guru yang paling baik. Belajar dari pengalaman tentunya bukan hanya belajar dari pengalaman yang kita miliki sendiri, tapi pengalaman orang lain juga dapat kita jadikan pelajaran yang berharga. Jika timbul rasa mengeluh akan penyelesaian tugas akhir yang sedang kita kerjakan selalu ingat orang yang dibawah kita. Selalu ingat dengan segala nikmat dan apa yang telah kita raih saat ini. Maka dari situ akan timbul rasa syukur, sehingga semangat kita akan tetap terjaga.

 

http://www.ventiq.com

Menumbuhkan rasa malu

Jika bermanfaat, mohon like fb page kami ya!!

Rasa malu dibentuk atas dasar pemikiran agar kita cepet menyelesaikan segala sesuatunya dengan tepat waktu. Yang selalu menjadi pertanyaan ketika kita menjadi mahasiswa tingkat akhir yaitu “kapan lulus?” atau “kapan wisuda?” , pertanyaan itu selalu timbul di permukaan ketika kita sudah berada di tahun-tahun terakhir. Oleh karena itu kita harus bisa menanamkan pemikiran “kalau bisa jangan timbul pertanyaan seperti itu”, maka dari itu harus tercipta rasa malu yang terbentuk agar hal-hal tersebut tidak timbul dipermukaan.

http://www.mibah.com

Komentar

comments

Leave a Reply