Beda! Ospek Jaman Dulu vs Ospek Jaman Sekarang

Jaman telah berubah, generasi pun berubah. Jika dulu kita mengenal Orientasi Studi dan Pengenalan Kampus atau Ospek sebagai hal yang menakutkan, kini para maba tidak perlu khawatir lagi. Sebab Ospek jaman sekarang ternyata mengalami perubahan yang cukup jauh dibandingkan Ospek jaman dulu.

Apa saja perbedaannya?

Yuk kita intip informasi berikut ini.

1. Full Bullying vs No More Perploncoan

Ospek jaman dulu (Image by qofm11)

Ospek jaman dulu (Image by qofm11)

Jika dulu kita sering mendengar masalah mahasiswa dianiaya bahkan ada yang sampai meninggal dunia karena Ospek, sekarang bisa dibilang hampir nggak ada lagi masalah demikian.

Ospek jaman dulu selalu dihiasi dengan drama bentak-membentak, senioritas yang tinggi, dan hal-hal lain yang bisa membuat bulu kuduk berdiri lainnya.

Tapi Ospek jaman sekarang, maba lebih santai. Sebab mahasiswa senior yang menjadi fasilitator Ospek kini dituntut lebih ramah dan full smile. Materi Ospek pun sekarang lebih banyak dari dosen. Bisa dibilang maba justru dimanjakan dengan kebijakan-kebijakan kampus seperti ini.

Jika ada mahasiswa baru yang merasa terintimidasi sedikit saja, boleh langsung lapor kepada dekan.

2. Alien Ngampus vs Setelan Hitam Putih

Say goodbye kepada kostum aneh-aneh saat Ospek (Image by dakwatuna.com)

Say goodbye kepada kostum aneh-aneh saat Ospek (Image by dakwatuna.com)

Sudah nggak jaman lagi senior mewajibkan juniornya menggunakan baju dan atribut-atribut aneh pada hari Ospek. Mahasiswa baru sekarang cukup memakai atasan kemeja putih lengkap dengan dasinya, ditambah bawahan berwarna hitam dan sepatu pantofel.

Yap, mirip mahasiswa tingkat akhir yang mau sidang.

So sweet sekali bukan? Masuk universitas dan lulus nanti memakai pakaian yang sama.

3. Pengawas vs Pembimbing

Ospek masa kini jadi lebih akrab sama senior (Image by qofm11)

Ospek masa kini jadi lebih akrab sama senior (Image by madz666)

Jika dulu mahasiswa baru yang akan ngampus untuk pertama kalinya disibukkan mencari barang-barang aneh dengan kode aneh-aneh seperti susu ngantuk (baca: susu bantal), lalu tugas-tugas aneh lainnya yang cukup ribet, sekarang pendekatan yang dilakukan ketika Ospek maba sedikit berbeda.

Jarang ada kakak tingkat yang marah-marah. Atau memberi hukuman keras kepada juniornya karena lupa penugasan atau melakukan pelanggaran.

Ospek jaman sekarang, kakak-kakak tingkat lebih berperan sebagai ‘pembimbing’ adik-adik maba daripada jadi ‘pengawas’ yang selalu mantengin kesalahan mereka.

 

Itu adalah tiga perbedaan yang paling terlihat dari Ospek jaman dulu dan jaman sekarang. Ada yang bilang mahasiswa baru sekarang kurang memiliki respek kepada senior dan jadi manja karena pola orientasi mahasiswa baru yang sekarang ini.

Tetapi banyak juga yang bersyukur karena Ospek jaman dulu dinilai lebih ‘kejam’ dan tidak mendidik.

Jika bermanfaat, mohon like fb page kami ya!!

Wah, kalau pembaca banjarwangi.com lebih setuju pada yang mana?

Komentar

comments

Leave a Reply