Kelihatannya Enak Sih, Tapi Anak Kos Harus Hindari Tiga Makanan Ini

Menjadi mahasiswa yang super sibuk dengan dompet tipis, seringkali dijadikan alasan untuk tidak memerhatikan gizi makanan sehari-hari. Akibatnya, banyak mahasiswa yang nyaris setiap hari mengonsumsi makanan instan atau membeli makanan sembarangan di warung.

Kelihatannya enak sih, tapi sebenarnya makanan-makanan tadi, bisa jadi nggak baik untuk tubuh kamu. Berikut adalah tiga makanan yang harus anak kos hindari.

1. Mie Instan

Kelihatannya enak sih (Image by tips-cara.info)

Kelihatannya enak sih (Image by tips-cara.info)

Mie instan memang sudah menjadi menu andalan anak kos. Selain murah dan tahan lama, rasanya pun juga lezat. Sehingga banyak mahasiswa yang tinggal di kos yang melarikan diri kepada mie instan untuk berhemat, terutama ketika akhir bulan.

Namun, mengonsumsi mie instan terlalu sering ternyata bisa berbahaya loh.

Kandungan sodium yang tinggi pada mie instan bisa meningkatkan risiko penyakit jantung. Selain itu, terdapat zat lilin pada mie instan yang bisa menyebabkan kanker. Batasi makan mie instan kamu maksimal tiga hari sekali supaya kesehatan kamu terjaga.

2. Seblak

Hindari seblak dalam kemasan styrofoam begini (Image by Kuliner Indonesia)

Hindari seblak dalam kemasan styrofoam begini (Image by Kuliner Indonesia)

Sebenarnya seblak bukanlah makanan yang berbahaya. Jika dikonsumsi dengan frekuensi dan tingkat kepedasan yang normal.

Yang berbahaya adalah kemasan yang digunakan sebagai wadah makanan yang satu ini. Ya, styrofoam. Pembuatan styrofoam diproses dengan menggunakan benzana, padahal zat kimia ini bisa menimbulkan penyakit jika sampai memasuki tubuh.

Semakin panas dan berlemak suatu makanan yang dimasukkan ke dalam kemasan styrofoam ini, semakin cepat pula efek buruk yang ditimbulkannya.

Wah, padahal seblak disajikan panas-panas ya. Begitu diangkat dari penggorengan, langsung dimasukkan dalam kemasan.

3. Gorengan

Kandungan minyaknya.... (Image by Majalah Kesehatan)

Kandungan minyaknya…. (Image by Majalah Kesehatan)

Mahasiswa seringkali ditemani gorengan ketika sedang belajar, rapat, kerja kelompok, atau sekadar ngumpul biasa. Rasa gorengan yang gurih dan terkadang manis, makin terasa sedap kalau disantap panas-panas.

Tapi ternyata, dibalik kelezatannya itu, gorengan menyimpan bahaya yang tidak boleh disepelekan. Minyak goreng, bahkan minyak zaitun sekali pun, ketika dipanaskan akan segera berubah menjadi lemak trans. Lemak trans inilah yang berpotensi merusak pembuluh darah kita.

Jika dikonsumsi dalam jangka waktu yang panjang, bisa juga berpotensi menyebabkan kanker.

Selain itu, minyak goreng yang sudah digunakan berkali-kali, juga tidak baik loh untuk kesehatan tubuh.

 

Wah, kelihatannya memang enak sih. Tapi ternyata tiga makanan yang sudah akrab di kehidupan anak kos tadi berbahaya bagi kesehatan. Jadi, mulai sekarang hindari makanan-makanan tadi jika ingin tetap sehat di usia senja nanti. Karena apa yang kita lakukan di masa muda akan berefek besar di hari tua.

Jika bermanfaat, mohon like fb page kami ya!!

Merasa artikel ini bermanfaat? Yuk share ke teman-teman lainnya.

Komentar

comments

Leave a Reply