Tipe-Tipe Dosen dan Cara Menaklukkannya

Lagi semangat-semangatnya jadi mahasiswa baru, ternyata nggak pengin masuk kuliah karena dosennya nggak enak. Wah, jangan sampai itu terjadi sama kamu.

Dosen memang punya karakteristik yang berbeda-beda. Cara menghadapinya pun berbeda-beda. Orang bilang dunia perkuliahan sangat subjektif, sekali pun nilai uts dan uas kamu bagus tapi kalau manner di hadapan dosen nggak sesuai dengan yang dosen kamu harapkan, nilai di khs bisa jadi anjlok.

Berikut adalah tipe-tipe dosen dan cara menaklukkannya dari banjarwangi.com

1. Dosen Killer

Dosen killer (Image by forgic)

Dosen killer (Image by forgic)

Tipe dosen yang satu ini biasanya bikin mahasiswa takut.

Biasanya dosen tipe ini tida mau menolerir keterlambatan, tidak suka ada mahasiswa yang berisik di kelas, dan tidak suka mahasiswa yang penampilannya nggak rapi.

Cara menaklukkan dosen tipe killer ini, kamu harus selalu pasang wajah yang ramah dan selalu mematuhi kontrak kuliah.

Ada bagusnya juga kalau kamu mencaritahu minat dosen tipe ini dan meminta beliau untuk sharing. Biasanya dosen tipe ini sangat suka berbagi dengan mahasiswa.

2. Dosen Obat Tidur

Semua mahasiswa jadi mengheningkan cipta di kelas dosen ini (Image by brilio.net)

Semua mahasiswa jadi mengheningkan cipta di kelas dosen ini (Image by brilio.net)

Dosen yang satu ini seringkali berbicara dengan nada yang bikin ngantuk. Tapi sayangnya, kamu nggak boleh tidur di dalam ruang kuliah.

Supaya materi dapat kamu terima dengan baik, dan citra kamu di hadapan dosen baik meskipun kuliahnya bikin ngantuk, kamu bisa mendengarkan mata kuliah beliau sambil membaca buku yang ada kaitannya dengan perkuliahan.

Lebih baik lagi kalau setelah membaca buku itu, kamu jadi punya pertanyaan yang bisa diajukan kepada dosen kamu.

3. Dosen Dikit-Dikit Marah

Dosen galak (Image by media.ihram.asia)

Dosen galak (Image by media.ihram.asia)

Dosen tipe dikit-dikit marah tidak suka melihat kesalahan mahasiswa. Jika ada satu hal saja yang dinilai mengganggu perkuliahannya, beliau pasti akan marah.

Bersin saja bisa susah loh di kuliah dosen dengan tipe ini.

Tapi jangan khawatir, jika kamu terlanjur membuat kesalahan atau ada kesalahpahaman yang terjadi antara kelas dan dosen kamu, segeralah mengatasinya dengan minta maaf terlebih dahulu.

Jika ternyata yang salah adalah dosen kamu, dengarkan dulu pembicaraan beliau, baru lakukan pembelaan setelahnya.

Mahasiswa yang berani meminta maaf dan santun pasti akan selalu diingat oleh dosen.

4. Dosen Jarang Masuk

Ekspresi kamu ketika udah buru-buru ke kampus dan nggak ada dosen (Image by Ton de Graaf)

Ekspresi kamu ketika udah buru-buru ke kampus dan nggak ada dosen (Image by Ton de Graaf)

Ada kuliah sih, tapi dosen baru masuk satu jam kemudian. Terkadang bukannya masuk, tetapi hanya meninggalkan pesan kalau perkuliahan diganti hari lain karena ada urusan.

Wah, ini dia yang agak susah. Sebab komunikasi dengan dosen tersebut jarang terjadi.

Untuk menaklukkan dosen tipe ini, handphone kamu nggak boleh mati. Kamu harus selalu update informasi tentang perkuliahan beliau. Jangan sampai kamu lagi santai-santai tidur, ternyata ada kelas mendadak dari dosen tersebut.

5. Dosen Idaman

Dosen ini enak banget cara jelasinnya (Image by brilio.net)

Dosen ini enak banget cara jelasinnya (Image by brilio.net)

Ini adalah dosen yang diinginkan oleh semua mahasiswa. Kalau kita terlambat input krs, bisa-bisa kita tidak bisa masuk kelas beliau karena banyak yang ingin diajar oleh dosen dengan tipe ini.

Tapi ingat, meskipun dosen idaman ini adalah dosen yang super baik, kamu tidak boleh ngelunjak. Jangan karena dosennya baik, lalu bolos kuliah melebihi jatah yang bisa diambil.

 

Nah, itu tadi tipe-tipe dosen dan cara menaklukkannya a la banjarwangi.com. Jangan pernah lupa untuk selalu bersikap baik dan penuh etika di hadapan dosen.

Namun, jika dosen-dosen kamu tidak kooperatif dan profesional, kamu juga punya hak loh untuk melapor dengan melakukan evaluasi dosen pada akhir semester.

Jika bermanfaat, mohon like fb page kami ya!!

Merasa artikel ini bermanfaat? Jangan lupa untuk share kepada teman-temanmu.

Komentar

comments

Leave a Reply