Ingin Mengambil Semester Pendek? Baca Dulu Plus Minusnya Di Bawah Ini

Saat berkuliah nanti, kamu akan menemukan banyak istilah asing yang baru kamu dengar.

Mulai dari SKS (Sistem Kredit Semester), Mata Kuliah, IPK (indeks Prestasi Kumulatif), dan KRS.

Kamu juga tak akan asing dengan istilah Semester Pendek (SP).

Sebagian kampus mungkin tidak menerapkan kebijakan semester pendek.

Namun, sebagian kampus dan jurusan tertentu masih memiliki program semester pendek untuk membantu mahasiswanya.

Jadi, apa sih sebenernya semester pendek itu?

Semester pendek adalah semester tambahan yang terdapat diantara semester genap dan ganjil. Dapat dikatakan pula bahwa semester pendek adalah semester yang singkat.

Misalnya saja, semester pendek akan diadakan saat peralihan dari semester 4 ke semester 5.

Sebelum kamu memutuskan untuk mengambil semester pendek, yuk pahami dulu plus minusnya di bawah ini.

1. Bisa lebih cepat lulus

Bisa lebih cepat lulus

Image by 500px.com

Semester pendek itu diadakan saat musim liburan tiba.

Coba lihat dan cek lagi.

Kira-kira ada tidak mata kuliah yang belum kamu ambil yang tersedia saat semester pendek?

Jika kamu lagi selo dan nggak ngapa-ngapain, mending ambil aja!

2. Memperbaiki Nilai

Memperbaiki Nilai

Image by 500px.com

Misalnya saja kamu punya nilai C, D, bahkan E dalam transkrip nilaimu.

Jika kampusmu membuka program semester pendek, kabar baiknya kamu bisa ambil program ini untuk memperbaiki nilaimu.

Ambil mata kuliah yang nilainya ingin kamu perbaiki.

Kelebihannya, kamu tidak perlu mengulang mata kuliah ini satu semester penuh.

Namanya juga semester pendek, kamu cukup belajar dan mengulang kembali mata kuliah tersebut selama kurang lebih empat minggu/satu bulanan saja.

3. Ruang Kelas Nyaman dan Kondusif

Ruang Kelas Nyaman dan Kondusif

Image by 500px.com

Saat kamu mengambil semester pendek, kamu akan merasakan suasana belajar yang berbeda.

Jika biasanya ruang kelas akan ramai, pada kelas semester pendek ruang kelas cenderung tenang dan sepi.

Hal ini dikarenakan mahasiswa yang mengambil semester pendek tidak begitu banyak.

Suasana pembelajaran di kelas juga menjadi kondusif.

Tak jarang banyak mahasiswa yang baru mengerti dan memahami materi kuliah justru saat belajar di semester pendek, lho!

4. Tambahan Biaya

Tambahan Biaya

Image by 500px.com

Nah, mengambil semester pendek ternyata ada keterbatasannya, nih..

Salah satunya adalah tambahan biaya.

Yap! Bener banget, kamu harus merogoh kocek lebih untuk program semester ini.

Kalau gratis, bisa bangkrut dong, fakultas..

5. Kerja Ekstra 2x Lipat

Kerja Ekstra 2x Lipat

Image by thekoterie.wordpress.com

Buat kamu yang mengambil semester pendek untuk akselerasi, jangan dikira perkuliahan akan tenang dan santai-santai saja, ya..

Semuanya akan berjalan seperti biasa.

Bahkan, kamu harus mengeluarkan pikiran dan tenaga 2x lipat dari biasanya.

Hal ini dikarenakan materi kuliah yang dipadatkan dalam waktu yang singkat.

Jika bermanfaat, mohon like fb page kami ya!!

Sebelum mengambil semester pendek  ada baiknya kamu mempertimbangkan kelebihan dan kekurangannya . Jika keberadaan semester pendek bagimu akan membantu, ambil aja.. Jangan sia-siakan kesempatan yang ada, ya 😉

 

 

Komentar

comments

Leave a Reply