Bingung Ikut UKM Mana? Ikuti Tips Berikut Ini.

Mahasiswa memang tidak bisa hanya menuntut ilmu dari dalam kelas saja dengan mengikuti perkuliahan. Tetapi juga baiknya mencari pengalaman berorganasisasi dengan mengikuti unit kegiatan mahasiswa atau UKM yang ada di universitasnya.

Melalui organisasi, seseorang akan dilatih softskillnya dalam berinteraksi dengan orang-orang dengan berbagai macam kepribadian, terlatih mental kepemimpinannya, hingga mengekspresikan diri dan bakat yang tidak bisa diasah di dalam perkuliahan.

Tapi, gimana sih caranya milih UKM yang cocok? Salah-salah, kita malah merasa nggak nyaman dan kabur dari UKM tersebut. Ini dia yang nggak boleh sampai terjadi.

Nggak mau salah pilih UKM? Yuk intip tips-tips dari banjarwangi.com berikut ini.

 

1. Jangan Ikut-Ikutan Temen

Ikut-ikutan temen, apalagi pacar tuh nggak asyik (Image by baca.co.id)

Ikut-ikutan temen, apalagi pacar tuh nggak asyik (Image by baca.co.id)

Say big no no no sama ikut-ikutan teman.

Sebab, minat dan bakat semua orang berbeda-beda. Bisa jadi teman kamu memang tertarik sama UKM yang dia pilih, tapi kamu yang sebenarnya nggak tertarik, nggak ada minat sama sekali untuk masuk UKM itu kecuali karena temen gaul kamu di kampus ikutan UKM yang sama.

2. Kenali Minat dan Bakat Kamu

Join UKM Fotografi kalau kamu suka fotografi (Image by Three Summits)

Join UKM Fotografi kalau kamu suka fotografi (Image by Three Summits)

Bercita-cita untuk bekerja di dunia produksi film suatu saat nanti? Jangan ragu-ragu untuk ikutan UKM Film.

Begitu pula jika kamu punya minat yang besar dalam dunia jurnalistik, segera deh gabung dengan UKM yang mengelola media kabar di kampus kamu.

Kuncinya adalah mengenali minat dan bakat sendiri. Lalu memaksimalkannya dengan ikutan UKM yang ada.

 

3. Cari Tahu Kebermanfaatan UKM yang Akan Kamu Ikuti

Pilih UKM yang banyak memberikan manfaat (Image by Reigate)

Pilih UKM yang banyak memberikan manfaat (Image by Reigate)

Ada UKM-UKM tertentu yang ketika diikuti, ternyata nggak beda dengan perkumpulan biasa yang isinya cuma hang out-hang out saja.

Oleh karena itu, tahu kebermanfaatan UKM yang kamu minati adalah hal nomor satu yang harus kamu pertimbangkan ketika memutuskan untuk mendaftar di suatu UKM.

Misalnya dengan ikut Rohis, kamu akan banyak dilibatkan dalam kegiatan sosial keagamaan yang pastinya banyak memberi manfaat kepada banyak orang. Selain itu, kamu dapat pahala lagi.

Kalau kamu tahu betapa banyak manfaat yang bisa kamu dapat dan berikan dengan gabung ke organisasi tertentu, kamu akan punya alasan untuk mengingatkan diri sendiri ketika dilanda kemalasan suatu saat nanti.

Jadi, pastikan kebermanfaatan sebagai salah satu pertimbangan kamu ya.

4. Tipikal Mahasiswa Senior yang Sudah Ikut Organisasi Itu

Salah satunya adalah cari tahu tempat nongkrong favorit anggotanya (Image by Atjeh Cyber Media)

Salah satunya adalah cari tahu tempat nongkrong favorit anggotanya (Image by Atjeh Cyber Media)

Ini penting sekali.

Karena kamu jadi tahu dengan orang-orang seperti apa kamu akan bekerjasama. Selain itu, kamu juga akan punya bayangan gimana sih organisasi akan membentuk kepribadian kamu nantinya.

Bisa jadi awalnya kamu adalah mahasiswa yang nggak neko-neko, tetapi karena gabung dengan UKM yang suka rapat di tempat makan mahal, dengan kakak-kakak tingkat yang hedonismenya tinggi, kamu jadi terpengaruh hedonnya juga bahkan setelah purna dari organisasi tersebut.

Wah, tentu kita maunya tertular kebaikannya saja bukan?

 

Nah, itu tadi tips-tips yang bisa kamu pertimbangkan saat mau memilih UKM mana yang akan kamu ikuti. Jadi, sudah menemukan UKM mana yang cocok untuk kamu?

Jika bermanfaat, mohon like fb page kami ya!!

Jangan lupa bagikan artikel ini ke akun sosial media kamu supaya teman-teman kamu juga merasakan manfaatnya.

Komentar

comments

Leave a Reply