Tipe-Tipe Kost Mahasiswa Sesuai Kepribadian

Orang bilang fase menjadi seorang mahasiswa adalah fase pematangan diri. Oleh karena itu, mencari lingkungan yang baik menjadi sebuah kebutuhan. Pintar-pintar memilih kost adalah salah satu faktor penentu masa depan kamu nantinya.

Bagaimana cara memilih kos yang baik sesuai dengan kepribadian kamu? Yuk simak tipe-tipe kost mahasiswa sesuai kepribadian berikut ini.

1. Kost Gaya Bebas

Seberantakan apa pun kamu tidak akan kena marah (Image by Kaskus)

Seberantakan apa pun kamu tidak akan kena marah (Image by Kaskus)

Bisa dibilang semuanya bebas di kost ini. Tidak ada penjaga kos dan aturan yang mengikat.

Teman boleh keluar masuk kost dengan bebas dan tidak jarang laki-laki atau perempuan boleh saja berkunjung sampai jam berapa pun.

Kost ini cocok untuk tipe mahasiswa yang cuek, sibuk, dan suka hang out sehingga kerap kali pulang ke kost hingga larut malam.

Sebab di sini, kamu tidak akan kena omel pemilik kost karena kamar kost kamu yang tidak terawat.

Namun, kost yang seperti ini tidak direkomendasikan untuk kamu yang mencari lingkungan belajar yang baik.

2. Kost Idaman

Bye bye pakaian kotor! (Image by laundry)

Bye bye pakaian kotor! (Image by laundry)

Di kost ini, kamu tidak perlu lagi pergi ke warteg untuk sarapan atau pun ke laundry untuk cuci baju. Sebab ibu kost kamu sudah menyediakan semuanya! Ada warung makan di depan kostan sekaligus laundry dari ibu kost kamu sendiri.

Enaknya tinggal di kost ini, jika ibu kostnya kebetulan baik hati, kamu terkadang bisa kecipratan makanan-makanan gratis dari warungnya.

Kost tipe ini cocok sekali untuk kamu tipe mahasiswa yang produktif di kampus dan jarang memerhatikan urusan ‘domestiknya’.

Dengan tinggal di kost seperti ini, kamu yang merasa jarang punya waktu untuk mencuci akan selalu punya pakaian wangi.

Selain itu, tidak ada lagi alasan lagi buat aktivis kampus untuk telat makan karena nggak ada waktu untuk beli makan di luar.

3. Kost Dikit-Dikit Bayar

Saking banyaknya tagihan (Image by Hipwee)

Saking banyaknya tagihan dompet jadi kosong (Image by Hipwee)

Kost tipe dikit-dikit bayar ini sebenarnya tidak terlalu mahal jika dibandingkan dengan kost-kost sekitarnya, malahan bisa jadi cenderung lebih murah.

Tapi, kamu juga harus hati-hati. Sebab biasanya ada biaya-biaya tambahan lagi untuk listrik, wifi, iuran sampah, iuran gas, dan masih banyak lagi.

Kost seperti ini sebenarnya bagus untuk mahasiswa yang berusaha ngirit dengan masak sendiri di kost, tetapi untuk kamu yang jarang masak, jarang bisa ada di kost, sebaiknya hindari kost tipe dikit-dikit bayar ini.

Sebab, fasilitas kost yang kamu bayar jarang kamu manfaatkan sendiri. Bisa-bisa bukannya irit, dompet kamu justru jebol karena saking banyaknya iuran.

4. Kost Rasa Kampung Halaman

Asyiknya ngumpul bareng temen-temen sedaerah (Image by prediksi bola)

Asyiknya ngumpul bareng temen-temen sedaerah (Image by prediksi bola)

Tinggal di perantauan dan hanya bisa pulang setahun sekali ketika lebaran memang nggak asyik. Tapi kerinduan akan kampung halaman sebenarnya bisa kamu atasi dengan memilih tipe kost yang satu ini.

Banyak sekali persatuan mahasiswa daerah yang mengontrak rumah kemudian mengelolanya sebagai kost-kostan untuk mahasiswa-mahasiswa yang berasal dari daerahnya.

Misalnya kost mahasiswa Batak, kost mahasiswa Papua, kost mahasiswa Sukoharjo, dan masih banyak lagi.

Di sini kamu bisa memasak makanan-makanan khas daerah kamu, berbicara dengan bahasa daerah, dan lain-lain.

Kost rasa kampung halaman ini cocok untuk kamu mahasiwa yang melankolis, gampang dilanda homesick, dan yang pasti suka berada di lingkungan yang homogen.

5. Kost Mahasiswa Santri

Di kost odel ini, kamu harus sekamar berdua (Image by Nyarikos)

Di kost model ini, kamu harus sekamar berdua (Image by Nyarikos)

Ini bukan pesantren mahasiswa. Hanya sebuah kost dengan lingkungan yang religius ala ala pesantren.

Di kost ini, biasanya ada pengajian rutin, salat yang hampir selalu diadakan berjamaah, hingga hapalan Al Qur’an!

Mahasiswa-mahasiswa yang tinggal di sini pun biasanya tergabung dalam ukm kerohanian seperti rohis di jurusan, fakultas, universitas, hingga lembaga zakat.

Kost tipe mahasiswa santri ini cocok sekali buat mahasiswa-mahasiswa yang ingin memperbaiki dirinya, menambah ilmu agama, juga mahasiswa-mahasiswa yang peduli dengan sesamanya.

Karena di kost seperti ini, kamu akan dipaksa untuk bersosialisasi dengan bukan hanya satu dua tetangga kamar saja, tetapi semua penghuni yang ada di kost kamu.

 

Nah, itu tadi tipe-tipe kost mahasiswa berdasarkan kepribadiannya ala banjarwangi.com. Sudah menemukan kost yang sesuai dengan kepribadianmu? Jangan lupa share artikel ini supaya teman-temanmu juga merasakan manfaatnya.

Jika bermanfaat, mohon like fb page kami ya!!

Gambar header via gambarumah.us

Komentar

comments

Leave a Reply