Ritual Ini Harus Kamu Lakukan Sejak Dini Kalau Nggak Mau Jadi Mahasiwa Abadi

Cerita-cerita dari kakak tingkat tentang susahnya perjuangan mereka menyelesaikan skripsi membuat kamu bergidik ngeri? Tenang saja, bayang-bayang tentang jadi mahasiswa abadi tidak akan menimpamu kalau kamu melakukan tips-tips di bawah ini.

Berikut ritual-ritual wajib yang harus kamu lakukan sejak dini kalau nggak mau jadi mahasiswa abadi:

 

1. Rajin-Rajin Baca Skripsi Kakak Tingkat

Ini wajib sekali kamu lakukan, terutama setelah memilih peminatan.

Membaca skripsi kakak tingkat sebelumnya, membuat kamu ada sedikit gambaran tentang bagaimana cara penulisan skripsi, topik-topik apa yang biasanya diangkat, dan sssstttt… berapa lama biasanya kakak-kakak tingkat di jurusan kamu bisa lulus.

 

2. Cari Isu-Isu Hangat di Jurnal Internasional

Kebanyakan mahasiswa semester akhir sering kebingungan mencari referensi skripsi.

Tapi kamu tidak perlu bingung-bingung cari referensi, atau source jurnal-jurnal internasional yang mungkin bisa bantu penelitian skripsi kamu.

Dengan rajin-rajin menengok jurnal internasional, kamu juga jadi melek isu-isu kekinian yang berhubungan dengan bidang studi kamu.

Penelitian-penelitian itu bisa kamu akses gratis di jurnal internasional seperti Science DirectJournal International, atau jurnal-jurnal lainnya.

 

3. Bikin Resolusi Tiap Semester

Bikin Resolusi Tiap Semester

Image by cermati.com

Resolusi penting. Supaya target-target tiap semester jelas dan terencana dengan baik.

Dengan begitu, masa depan karir kamu juga akan lebih jelas daripada mereka yang tidak punya resolusi tiap semesternya.

 

4. Rajin Silaturahmi dengan Dosen

Rajin Silaturahmi dengan Dosen

Image by dagelan.co

Terkadang lulus tidaknya kita pada mata kuliah tertentu bukan karena kita tidak bisa.

Bisa jadi dosen mata kuliah itu sangat subjektif, atau kadang-kadang justru salah kita sendiri yang lalai dengan ngambil jatah absen yang kelewatan.

Tenang saja, itu bisa kamu atasi dengan rajin-rajin silaturahmi dengan dosen.

Dengan menjalin silaturahmi, kamu akan mendapatkan keuntungan-keuntungan yang tak terduga. Mulai dari konsultasi materi tertentu, mudahnya bimbingan skripsi di semester akhir nanti, hingga jalinan koneksi untuk mendapatkan pekerjaan nanti!

 

5. Ibadah Harian

Nah, ini dia ritual paling penting yang suka dilupakan mahasiswa. Padahal ini juga tidak kalah penting loh dibanding tips-tips yang diberikan di poin sebelumnya.

Sebab sering-sering beribadah akan membuat kita dekat dengan Tuhan, jadi berdoa apa pun―termasuk biar cepat jadi sarjana―pasti akan dikabulkan.

 

Itulah tips-tips yang bisa diterapin bagi kamu yang tidak mau jadi mahasiswa abadi. So, pastikan  ritual-ritual di atas kamu lakukan tiap harinya mulai dari sekarang.

Jika bermanfaat, mohon like fb page kami ya!!

Merasa artikel ini bermanfaat untuk kamu? Jangan lupa bagikan ke teman-temanmu supaya mereka juga dapat merasakan manfaatnya!

Komentar

comments

Leave a Reply