Alasan Bagus Untuk Ngeles Ketika Ditanya Kenapa Nggak Lulus-Lulus

Kapan lulus?

Gimana skripsi kamu?

Sepupu dia udah lulus loh. Tiga setengah tahun. Dia kok…

Menjadi mahasiswa tingkat akhir, terutama setelah melewati semester 8, memang tidak mudah.

Ada saja pertanyaan-pertanyaan dan celetukan yang tidak jarang membuat mahasiswa tingkat akhir galau.

Daripada mematahkan semangat, yuk intip tips-tips berikut ini untuk menghadapi serangan pertanyaan “Kenapa nggak lulus-lulus?”

1. Jadi Aktivis Kampus

mahasiswa aktivis

Image by kompasiana

Bisa jadi mahasiswa semester akhir belum lulus-lulus juga karena jadi pejabat kampus.

Mendapat jabatan di BEM Universitas pada semester 7 dan baru purna tugas di akhir semester 9, tentu saja bisa jadi alasan bagus ketika ditanya kenapa nggak lulus-lulus.

Kamu bisa menjawab dengan bangga, “Di kampus saya memperjuangkan hak-hak rakyat dan mahasiswa.” Wah, keren bukan?

Tentu saja yang terpenting bukan alasannya, tetapi kontribusi kamu untuk organisasi yang kamu ikuti.

2. Jadi Mahasiswa Pengusaha

mahasiswa enterpreneur

Image by vemale

Alasan ini bisa dipakai kalau kamu tipe mahasiswa yang suka jualan dan berwirausaha.

Apalagi kalau kamu megikuti program hibah wirausaha dari kampus atau lembaga lainnya, yang mengharuskan kamu punya status mahasiswa.

Jadi mahasiswa sekaligus pengusaha tentu adalah hal yang membanggakan.

Saat lulus nanti, kamu sudah tidak perlu bingung cari kerja ke mana-mana, sebaliknya kamu justru bisa jadi wirausahawan yang membuka peluang kerja bagi banyak orang.

3. Aku Mau Bikin Penelitian yang Bagus

mahasiswa akhir thaun bikin skripsi

Image by wovgo

Bikin skripsi memang nggak semudah membalikkan telapak tangan.

Terkadang judul saja perlu direvisi berkali-kali.

Tapi, tetangga-tetangga dan kerabat yang menanyakan “Kapan lulus?” belum tentu memahami ribetnya menulis skripsi.

Nah, untuk menjawabnya dengan elegan, kamu bisa memakai alasan ini.

Semester berapa sekarang?

Semester 9, Tante.

Kok belum lulus-lulus?

Iya, nih, Tan. Aku nggak mau bikin penelitian yang setengah-setengah. Jadi memang butuh waktu agak lama.

Setelah memakai alasan ini, pastikan juga kalau kamu bersungguh-sungguh dalam menggarap skripsi.

Lalu, buktikan kepada semua orang bahwa meskipun kamu lulus terlambat, tetapi hasil kamu sangat memuaskan.

Ini bisa jadi motivasi juga loh!

4. Aku Lagi Cari Pengalaman Om, Tante

mahasiswa cari pengalaman

Image by goodschools

Alasan ini cocok untuk kamu tipe mahasiswa yang suka mencari kegiatan di luar kampus dan perkuliahan.

Segala macam kesempatan diambil, semua kegiatan diikuti. Ada kesempatan magang di perusahaan besar, siapa takut?

Di sela-sela pembuatan skripsimu, kamu bisa sambil mencari informasi tentang pertukaran mahasiswa ke luar negeri, lomba membuat paper internasional, magang di perusahaan-perusahaan kelas wahid, dan lain sebagainya.

Tentu saja semua itu hanya bisa kamu lakukan selama kamu menjadi seorang mahasiswa, bukan?

Selalu ditanya kapan lulus memang menyebalkan.

Tapi, jangan khawatir. Dengan memakai alasan-alasan tadi, kamu akan tetap kelihatan keren kok.

Selain itu, daripada merasa gondok kepada si penanya, jangan lupa untuk meminta doa mereka supaya kamu bisa cepat lulus.

Jika bermanfaat, mohon like fb page kami ya!!

Nah, apakah artikel ini bermanfaat untuk kamu? Jangan lupa share supaya teman-teman lain juga bisa merasakan manfaatnya.

Komentar

comments

Leave a Reply