Ternyata 3 Hal Utama Inilah yang Menyebabkan AC Tidak Dingin Lagi

Tinggal di negara beriklim tropis tentu saja menjadikan AC sebagai salah satu barang elektronik yang dijadikan kebutuhan primer bagi sebagian masyarakat Indonesia.

Adanya AC bahkan bisa membantu kelancaran aktifitas Anda, karena kegiatan cenderung lambat saat Anda tidak nyaman dengan situasi ruangan Anda bukan?

Namun AC sama halnya dengan barang elektronik lainnya yang membutuhkan perawatan. Salah saja merawat AC, maka fungsinya dalam menyejukan ruangan Anda bisa berkurang. Dengan demikian, rawatlah AC Anda dan kenalilan 3 hal yang menyebabkan AC Tidak dingin lagi berikut ini:

Freon AC Perlu Ditambah

Freon merupakan salah satu alat penting dari AC yang berfungsi mengeluarkan gas udara dingin dari AC. Dengan demikian jika ada kendala pada bagian ini, secara otomasis udara tidak bisa keluar dari AC. Dengan demikian, ada baiknya Anda melakukan pengecekan Freon AC setiap bulan atau minimal 2-3 bulan sekali. Jika habis maka tambahkan atau segera ganti dengan Freon AC baru.

BTU AC Tidak Lebih Besar dari BTU Ruangan

Sangat penting bagi Anda menyesuaikan BTU AC dengan suhu dan ukuran ruangan. Jika BTU tidak lebih besar dari BTU ruangan, maka kemungkinan udara yang dihasilkan AC tidak mampu menyejukkan ruangan Anda. Oleh karena itu pastikan BTU AC Anda lebih besar dari BTU ruangan yang akan dipasang AC.

Penempatan AC yang Tidak Tepat

Penempatan AC yang tidak tepat juga bisa menyebabkan AC terasa tidak dingin. Dengan demikian pastikan AC dipasang pada tempat dengan sirkulasi udara yang baik agar mampu menyejukkan ruangan Anda secara maksimal.

Faktor Lain

Selain 3 faktor diatas, AC juga bisa terasa tidak dingin jika berada pada masalah tertentu, seperti, posisi ruangan bukan berada dilantai 1, ruangan langsung terkena sinar matahari dengan tembok yang terbuat dari bahan yang berpengaruh pada suhu ruangan seperti kapur, terlalu banyak orang pada satu ruangan, cela jendela lebih besar hingga membiarkan angin masuk, dll.

Keempat faktor penyebab AC tidak dingin diatas sangat wajib diperhatikan, karena jika tidak maka akan menyebabkan AC tidak bekerja sesuai yang diharapkan.

Pastikan pula Anda merawat AC Anda dengan rutin membersihkannya dengan alat dan bahan khusus.

Penulis Leonardus Govinda

Jika bermanfaat, mohon like fb page kami ya!!

Img credit

Komentar

comments

Tags:

One Response

Leave a Reply