3 Jenis Bentuk Kavling yang Harus Anda Tahu

Membeli rumah tidaklah hanya mempertimbangkan masalah bangunan dan bentuk juga desainnya saja. Tapi juga mengenai tempatnya. Karena, lokasi dari rumah sendiri memiliki keuntungan tersendiri.

Beberapa rumah dijual di Surabaya, Bandung, Jakarta dan kota lain memiliki lokasi yang berbeda, padahal berada dalam satu kavling atau kompleks perumahan. Hal inilah yang harus diperhatikan

Banyak pengembang yang mencoba untuk menawarkan lokasi terbaik di perumahan yang akan dikembangkannya. Besaran luas tanah, lokasi terdekat ke gerbang utama, fasilitas lainnya ditawarkan untuk menarik pembeli. Pembeli memang tinggal memilih lokasi yang paling cocok dengan kebutuhan.

Hanya saja, ada banyak tipe kavling yang memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, cobalah tengok bentuk, dan letak tanah di perumahan yang berbeda. Maka dari itu, perhatikan beberapa tipe tanah berikut agar anda tidak salah memilih kavling yang cocok dengan kebutuhan Anda.

Cul-de-sac

Lokasi cul-de-sac merupakan lokasi yang merupakan jalan buntu. Cul-de-sac sendiri merupakan bahasa Prancis yang berarti buntu. Maka dari itu, rumah atau tanah yang berada do lokasi cul-de-sac biasanya berada di ujung jalan yang tidak ada jalan keluarnya atau buntu.

Kelebihan dari cul-de-sac adalah keamanannya sangat baik. Karena jalan hanya satu pintu masuk dan keluar. Selain itu, biasanya tanah cul-de-sac memiliki bagian belakang yang melebar karena tanah-tanah ini melingkar. Karena buntu, maka tidak banyak kendaraan yang melintas sehingga sangat nyaman bagi para penghuni yang mencari ketenangan.

Hanya saja, rumah pada posisi cul-de-sac memiliki kekurangan. Di antaranya adalah pintu masuk yang sempit, area yang sulit dieksplorasi, dan lahan parkir yang terbatas.

Tusuk Sate

Sesuai dengan sebutannya, tanah ini terletak tepat di persimpangan pertigaan sehingga serupa dengan huruf T. Karenanya, model lokasi ini juga dikenal dengan sebutan T-Intersection lot.

Kelebihan dari lokasi ini adalah luasnya pemandangan yang bisa dilihat. Anda juga bisa melihat kendaraan yang keluar masuk melalui jalan di depan rumah Anda. karena letaknya, lokasi ini sangatlah strategis sehingga cocok dijadikan tempat komersial.

Hanya saja, lokasi ini kurang nyaman dijadikan tempat tinggal. Karena banyaknya kendaraan yang akan lalu-lalang di depan rumah. Tidak hanya itu, hal ini juga membuat lokasi ini menjadi kurang aman.

Tiang Bendera ā€œLā€

Tanah ini memiliki bentuk seperti huruf ā€œLā€ atau bendera; maka lokasi ini juga dikenal dengan sebutan Flag lot. Biasanya, bentuknya memanjang masuk di depan dan meluas di belakang.

Kelebihan dari lokasi ini adalah keamanannya yang terjamin karena posisi rumah biasanya akan tertutup oleh kavling lain di depan. Maka dari itu, lokasi ini juga memberikan keamanan dan kenyamanan.

Jika bermanfaat, mohon like fb page kami ya!!

Hanya saja, lokasi ini tidak cocok untuk dijadikan lokasi bisnis karena tidak terlihat dari depan dan cenderung tersembunyi. Lokasi ini juga tidak memiliki akses langsung ke jalan utama sehingga agak sulit untuk mengaksesnya.

Komentar

comments

Leave a Reply