5 Cara Ini Terbukti Membantu Menghafal dengan Cepat

Memahami dan menghafal materi pelajaran menjadi satu keharusan tersendiri bagi seorang pelajar.

Namun terkadang banyak sekali kesulitan yang ditemui saat harus menghafal di sekolah ataupun ditempat bimbel. Contohnya adalah sulit memahami pelajaran, ataupun gangguan disekitar tempat belajar yang membuat fikiran tidak fokus karenanya.

Namun tenang saja, kami memiliki 5 tips untuk Anda agar bisa menghafal dengan mudah. 5 tips tersebut adalah:

1. Lakukan dengan Cara Mengulang Materi yang Ingin Dihafal

Untuk lebih mudah memahami dan menghafal materi, coba bacalah secara berulang. Lakukan pengulangan tersebut sampai Anda benar-benar memahami inti dari materi yang Anda pelajari.

2. Belajar Diluar, Berganti Tempat dan Posisi, Serta Usahakan Rileks Saat belajar

Agar belajar Anda lebih menyenangkan, cobalah untuk tidak stay belajar pada satu tempat dengan posisi yang sama. Belajar diluar tentu akan lebih menyenangkan bukan ketimbang membaca buku dikamar? Usahakan pula Anda rileks saat belajar. Lupakan masalah apapun, agar Anda lebih mudah menyerap pelajaran yang sedang Anda pelajari.

3. Berbincang dengan Rekan/Guru yang Memahami Materi yang Ingin Anda Kuasai

Untuk membantu Anda memahami dan menghafal, coba sharing dengan rekan/guru yang memang menguasai materi yang ingin Anda pahami. Jangan ragu untuk meminta bantuan padanya dan jangan malu pula untuk bertanya.

4. Belajar dengan Melihat Video/Gambar yang bersangkutan dengan Materi

Terkadang membaca buku justru membuat belajar lebih mudah ngantuk. Dengan demikian cobalah belajar dengan melihat gambar atau video, yang akan lebih mudah Anda pahami. Metode ini juga biasanya lebih mudah diingat ketimbang membaca teori.

5. Coba Lakukan Tes Untuk Diri Kamu Sendiri

Untuk membuat pemahaman Anda lebih baik, coba lakukan tes untuk diri sendiri kerjakan soal atau pintalah soal pada teman atau guru Anda. Lihatlah apakah ada perkembangan sebelum dan setelah belajar?.  Jika belum, teruslah belajar memahami dengan melakukan 4 tips sebelumnya.

Pada hakikinya memahami lebih penting dari menghafal. Jika Anda memahami, maka akan terus teringat dalam otak Anda.

Dengan demikian lakukan 5 metode diatas sebagai panduan yang tidak hanya bertujuan untuk menghafal tetapi juga memahami, karena 5 metode diatas juga terbukti mampu membantu Anda memahami materi pelajaran tertentu.

Komentar

comments

Leave a Reply