15 Situs untuk belajar internet marketing untuk pemula

Akhir-akhir ini semakin banyak orang yang menyadari potensi blog dan media sosial sebagai sarana untuk menjual atau mempromosikan produk atau usahanya.

Pembaca yang memiliki usaha pasti sudah tidak asing lagi dengan hal ini. Karena popularitasnya sebagai cara untuk menjangkau calon konsumen, muncul istilah online marketing.

Apa yang dimaksud dengna online marketing?

Online marketing adalah suatu cara, alat atau strategi untuk menyebarluaskan atau memperkenalkan brand maupun perusahaan kepada masyarakat.

SEO hanya salah satu unsur dari online marketing, masih banyak elemen yang termasuk ke dalam proses online marketing.

Bagi pembaca yang pemula seperti saya dalam online marketing (hehehe) tentu bertanya, apa sajakah itu?

Meskipun Anda bukan seorang yang memiliki bisnis jutaan dolar atau malah belum merintis usaha apapun, tidak ada salahnya untuk belajar sedikit di bidang ini.

Pengetahuan selalu berguna. Walaupun mungkin Anda belum membutuhkannya sekarang.

Jika sudah memiliki usaha dan ingin mencari cara untuk lebih jauh mempromosikan merek dan produk Anda, berikut ini beberapa situs belajar online marketing dari dalam dan luar negeri yang bisa kita jadikan panduan sebagai pemula.

Belajar langsung dari pakar Indonesia:

MaxManroe

Situs lokal ini memberi banyak sekali info tentang SEO, namun tidak hanya seputar internet marketing tapi juga berbagai tips dan trik untuk membuat website sering dikunjungi. Diluar blogging dan seputarnya, situs ini juga menyediakan berbagai artikel menarik untuk Anda baca.

PanduanIM

Berisi berbagai informasi penting mengenai internet marketing dengan grafis yang modern dan segar akan membuat Anda berlama-lama di situs ini. Tampilannya yang tidak terlalu penuh dan terkesan profesional juga mengajari kita cara membuat laman yang menyenangkan untuk dibaca. Selain itu beberapa desain dan infografis yang tertera membuat website ini layak Anda kunjungi.

Plaza Bisnis

Selain menyediakan tutorial dan artikel menarik, website ini juga menawarkan beberapa e-book buatannya yang membahas seputar SEO. Plaza Bisnis memiliki artikel tutorial website yang bisa menjadi langkah awal Anda yang ingin belajar lebih jauh tentang blogging dan membuat laman web sendiri.

Sugeng

Selain mengajarkan beberapa hal menarik tentang blogging dan tutorial blog, website ini juga menawarkan template Blogger buatannya yang bisa Anda beli. Wajib Anda kunjungi untuk yang sedang merintis blog.

Blogodolar

Website yang murah hati dalam berbagi informasi seputar blogging dan mendapatkan penghasilan. Selain itu juga tersedia berbagai e-book yang gratis maupun yang berbayar bagi Anda yang senang membaca seputar blogging.

Belajar langsung dari pakar dunia dibawah ini:

  1. Quicksprout

Quicksprout selain menyediakan tutorial bergambar yang sangat menyenangkan untuk dibaca, juga menyediakan berbagai sarana untuk belajar online marketing, seperti webinar, forum konsultasi bahkan pada kolom university Anda bisa belajar secara mendetail tentang seluk beluk online marketing. Semuanya itu dapat Anda nikmati dengan…gratis!

Menurut penulis ini merupakan situs favorit. Hampir keseluruhan materi disampaikan dalam bentuk video dan animasi yang komunikatif.

  1. Alison

Alison adalah lembaga sertifikasi online profesional. Menyediakan sertifikasi profesi untuk berbagai bidang. Selain Online Marketing, berbagai bidang juga tersedia seperti Bahasa, Ekonomi Kesehatan dan lain-lain. Sebelum kita mendapatkan sertifikat kita diwajibkan mengikuti kursus atau pelajaran yang bisa kita ikuti via internet. Praktis dan cocok untuk Anda yang tidak dapat bepergian.

3. Google Online Marketing Challenge

Google sebagai salah satu pemilik bisnis jasa pemasangan iklan juga memiliki sekolah online marketingnya sendiri. Bernama Google Online Marketing Challenge, pelajaran yang disediakan gratis, bahkan Google memberikan free advertising credit yang digunakan untuk Google AdWords sejumlah  US$250 (atau mata uang lain yang setara) untuk digunakan khusus di sekolah online marketing ini. Selain itu setiap kelas kita diajar oleh pengajar yang memiliki gelar dan kualifikasi akademik yang teruji. Nantinya jika Anda mendaftar akan masuk ke dalam tim yang berisi 3 sampai 6 orang yang diketuai seorang Kapten.

4. HubSpot

Di situs ini kita belajar cara agar semakin banyak pengunjung yang melihat situs kita, dan juga beberapa kurikulum tentang cara kerja online marketing. Setelah kita lulus dan menyelesaikan pendidikan di sini, kita akan mendapat badge atau tanda yang bisa kita masukan pada profil LinkedIn, email ataupun keperluan lain yang menunjukan bahwa kita telah lulus dari HubSpot dan mendapat sertifikat sebagai bagian dari portofolio kita.

  1. Lynda

Selain sekolah atau kursus online marketing, Lynda.com juga menawarkan beberapa tools atau plug-ins yang dapat Anda gunakan untuk memantau oerkembangan website Anda. Selain sekolah, Lynda.com juga menawarkan jasa pelatihan untuk akademis maupun bisnis. Perbedaan Lynda.com dengan lembaga kursus atau sertifikasi Onlinenya adalah Anda diwajibkan untuk mendaftar dan membayar agar bisa mengikuti keseluruhan materi.

  1. Wordstream

Wordstream adalah lembaga kursus online yang khusus mengajarkan dan melatih PPC atau pay-per-click dan SEO. Selain pelatihan, Wordstream juga menyediakan berbagai macam software dan dan tools gratis untuk Google Adsense dan Google Adwords.

  1. CMI

Anda mendapatkan program belajar selama setahun yang bisa Anda selesaikan sesuai dengan kebutuhan. Setelah Anda mendapatkan sertifikat sebagai hasil dari  belajar di sini, Anda juga mendapatkan badge atau logo dari CMI yang akan tampil pada email atau laman yang sedang  Anda kelola. Di CMI kita diwajibkan untuk mendaftar dengan membayar sejumlah uang

  1. Yoast

Yoast lebih dikenal dengan plugin WordPressnya juga hadir dengan Yoast Academy. Dengan konsep berbentuk blog dan E book, Yoast Academy dapat memulai perjalanan Anda untuk memahami dunia online marketing. Berbagai modul dan kursus online dapat Anda temukan disini. Untuk yang blog bisa langsung Anda baca, sedangkan untuk beberapa modul SEO Anda harus membelinya.

  1. OMI

OMI merupakan tempat kita untuk belajar berbagai hal tentang online marketing.  OMI memiliki konten berbasis video yang memudahkan kita untuk belajar. Selain itu, tersedia pelatihan untuk perusahaan dan berbagai sertifikasi.

  1. Neil Patel

Neil Patel dikenal sebagai salah satu pakar dalam online marketing. DI blog nya dia berbagi berbagai cara, tips dan trik agar dapat memahami lebih dalam tentang onlne marketing. Ada video dan banyak artikel yang bisa kita baca dan tonton secara gratis. Namun untuk berbagai konten penting Anda harus mendaftar terlebih dahulu.

 

Cukup banyak bukan, diatas adalah beberapa situs dimana kita bisa belajar berbagai macam hal mengenai online marketing.

Jika bermanfaat, mohon like fb page kami ya!!

Dari beberapa situs di atas malah ada yang memberikan materi secara gratis. Jadi tunggu apalagi? Mari segera nyalakan laptop atau komputer Anda dan mulai belajar online marketing! Selamat belajar dan sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Komentar

comments

5 Comments

Leave a Reply