Jauhkan Sifat Materialistis Pada Anak, Ajarkan Hal Sederhana Ini

Sekarang ini adalah era mengukur kebahagiaan dengan materi, sebenarnya tidak semua kebahagiaan bisa diukur dengan materi.

Karena kebahagiaan bisa didapatkan dengan cara yang lainnya. Memberikan atau menjanjikan barang-barang yang mewah pada anak saat ia menangis adalah cara mendidik salah.

Mengapa?

Karena hal tersebut bisa menjadikan akan tumbuh materialistis. Anak akan mempunyai pemikiran bahwa kebahagiaan ini hanya bisa didapat dengan banyaknya barang-barang mahal.

Lantas, bagaimana cara mendidik anak yang baik agar tidak menjadi materialistis? Agar tambah jelas lagi informasinya, yuk kita simak ulasannya bersama-sama bunda!

Ini beberapa cara mendidik anak agar jauh dari sifat materialistis

Tumbuhkan kebiasaan bersyukur 

Bunda, tidak mau kan anak Anda menjadi materialistis? Salah satu cara untuk menjauhkan anak dari sifat materialistis, yaitu membiasakan anak untuk bersyukur.

Ajarkan pula bahwa kebahagian itu tidak bisa diukur dengan banyaknya barang-barang yang dimilikinya.

Dengan begitu anak akan memahami bahwa kebahagian itu bentuknya bukan hanya terletak pada benda saja, namun masih banyak kebahagian lainnya.

Kebiasaan bersyukur yang bunda terapkan pada anak tadi bisa membuatnya jauh dari sifat materialistis. Untuk itu, ajarkan kebiasaan ini sejak ia masih kecil.

Silahkan baca juga: Menghargai Petani-Sebuah Gerbang Menuju Kemandirian Pangan

Fokuslah menghabiskan waktu berkualitas bersama anak

Ayah dan bunda, daripada Anda bingung membelikan hadiah pada anak. Sebaiknya Anda mengajak anak melakukan aktivitas bersama.

Seperti, jalan-jalan bersama, bermain dihalaman rumah, piknik, bermain di lapangan dan masih banyak lainnya yang bisa Anda lakukan.

Dengan hal-hal tersebut, maka anak akan merasa bahagia. Secara tidak langsung Anda sudah mengajarkan bahwa kebahagiaan bisa didapat dengan cara lain, tidak harus dengan banyaknya barang-barang mahal dan mewah yang dimiliki.

Ajari anak sikap kedermawanan

Mengajari anak bersikap dermawan dengan hanya bercerita masih belum cukup, sebaiknya berikan contoh langsung.

Misalnya, memberikan kue pada tetangga, memberikan bantuan pada anak panti asuhan dan masih banyak cara lainnya yang bisa Anda ajarkan.

Dengan contoh yang Anda berikan secara langsung akan selalu diingat oleh anak. Sehingga akan tumbuh sikap yang dermawan pada anak Anda.

Jika bermanfaat, mohon like fb page kami ya!!

Nah, itulah tadi beberapa cara menjauhkan anak dari sifat materialistis yang bisa Anda buat panduan untuk diterapkan. Semoga informasi yang kami berikan diatas mengenai cara menjauhkan anak dari sifat materialistis bermanfaat.

Komentar

comments

Leave a Reply