11 Cara Cepat Menumbuhkan Rambut Secara Alami Hanya Dalam 2 Minggu

Cara Cepat Menumbuhkan RambutSetiap orang entah itu pria maupun wanita pasti ingin memiliki rambut yang sehat dan indah. Namun tak jarang, berbagai masalah seputar rambut muncul mulai dari ketombe, rambut bercabang, hingga kerontokan. Bila gangguan ini tidak segera diatasi dan dibiarkan berlarut-larut maka kerontokan bisa memicu kebotakan.

Silahkan baca: 7 Cara menghilangkan ketombe secara alami paling ampuh

Untuk mencegah terjadinya hal itu, kita perlu tahu bahwa pertumbuhan dan kesehatan rambut ditentukan oleh beragam faktor seperti pola makan, gaya hidup, usia, serta cuaca. Rambut yang sehat sendiri rata-rata tumbuh sekitar 1,2 cm setiap bulannya, oleh sebab itu untuk memperolehnya, kita harus menjaga baik-baik gaya hidup kita.

Lalu langkah apa saja yang bisa kita terapkan agar rambut tumbuh secara alami?

1. Hindari keramas setiap hari

Agar rambut cepat tumbuh, Anda tidak disarankan untuk keramas setiap hari. Cucilah rambut 2-3 kali sehari karena bagaimanapun juga shampo yang dijual di pasaran tetap sarat bahan kimia yang bisa merusak rambut jika terlalu sering dipakai.

Selain itu, keramas setiap hari bisa mengikis minyak alami rambut yang bertugas merangsang pertumbuhannya. Hindari juga mencuci rambut dengan air panas karena dapat membuatnya kering dan bercabang.

2. Trimming secara rutin

Memotong rambut memang membuatnya lebih pendek sehingga banyak orang tidak ingin melakukannya karena tetap ingin memelihara rambut panjang. Padahal memotongnya terutama di bagian ujung (trimming) secara rutin dapat membuat rambut tetap sehat dan tumbuh lebih cepat.

3. Memijat kepala

Memijat kepala dapat melancarkan peredaran darah sehingga rambut bisa tumbuh cepat karena akarnya sehat.

4. Minimalkan penggunaan bahan kimia dan catok

Agar rambut tidak rusak dan rontok, sedapat mungkin kurangi pemakaian bahan kimia seperti hair foam, gel, atau cat rambut. Alat pemanas seperti hair dryer dan catok juga dapat membuat rambut kering, oleh sebab itu sebaiknya keringkan rambut secara alami (diangin-anginkan).

Bila memang harus memakai catok, aplikasikan terlebih dulu gel/ vitamin pelindung rambut.

5. Bebaskan rambut

Entah ketika beraktivitas maupun saat tidur, sebaiknya rambut tidak terlalu sering diikat. Bila memang harus dikuncir, maka gunakan karet yang bahannya tidak merusak rambut. Ikatan pada rambut juga disarankan tidak terlalu ketat agar rambut tidak stres.

6. Gunakan alat pelindung

Anda mungkin rutin menggunakan sunblock saat hendak keluar rumah, namun lupa bahwa rambut perlu dilindungi juga dari teriknya sinar matahari. Rambut yang terlalu sering terkena paparan sinar matahari bisa kering dan stres, oleh sebab itu, gunakan topi atau payung untuk melindunginya.

7. Pilih produk rambut yang aman

Menggunakan shampo atau kondisioner yang mengandung SLS (sodium lauryl sulfate) sebenarnya tidak disarankan karena zat ini bisa menghilangkan minyak alami rambut. Jika memungkinkan pilih shampo dan produk rambut lain yang Anda pakai, yang memiliki bahan alami yang menyehatkan.

Silahkan baca: Ini bahan shampo alami yang dipakai orang zaman dulu

8. Pilih sisir bergigi jarang

Sisir bergigi jarang lebih ramah bagi rambut khususnya yang masih basah karena dapat meminimalisir kerontokan. Saat basah, kondisi rambut biasanya lebih rapuh.

9. Perhatikan model rambut

Kebanyakan wanita khususnya, ingin memelihara rambut panjang, namun bila sering rontok, maka Anda bisa mempertimbangkan untuk memangkasnya. Hal ini dikarenakan rambut pendek tidak terlalu ‘membebani’ akar rambut sehingga tidak mudah rontok seperti pada rambut panjang.

10. Konsumsi makanan tinggi protein

Salah satu unsur rambut, yakni keratin, tersusun dari asam amino. Dan asam amino yang berjasa dalam menumbuhkan rambut ini bisa Anda peroleh dari makanan kaya protein seperti telur, daging, susu, ayam, biji-bijian, serta kacang-kacangan.

11. Gunakan ramuan tradisional penumbuh rambut

Bila rambut terlalu sering rontok bahkan hampir mengalami kebotakan, tak ada salahnya mulai saat ini Anda melakukan perawatan yang lebih intens agar kerontokan tidak semakin parah. Caranya? Gunakan salah satu dari beberapa ramuan tradisional yang mau lewat berikut:

– Teh hijau

Produk satu ini mudah didapatkan, Anda bahkan mungkin rutin meminumnya setiap hari. Kandungan antioksidan yang tinggi dalam teh hijau dapat memperlancar sirkulasi darah. Guna merangsang pertumbuhan rambut, Anda tinggal mengoleskannya ke rambut dan kulit kepala, lalu bungkus kepala dengan handuk. Tunggu 20 menit, lalu bilas rambut hingga bersih.

– Santan

Sediakan kurang lebih 400 ml santan, oleskan ke rambut lalu bungkus dengan handuk hangat. Diamkan selama 20 menit, lalu bilas rambut dengan air dingin. Lakukan secara rutin 3-5 kali dalam seminggu untuk memperoleh hasil maksimal.

– Biji kemiri

Kemiri memang kerap dipakai sebagai salah satu bahan alami dari shampo. Kandungan di dalamnya dapat menghitamkan serta menyuburkan rambut. Anda bisa menumbuk/ menggiling biji kemiri hingga hancur, lalu bubuhkan ke kulit kepala saat hendak tidur. Jangan lupa alasi tempat tidur agar tidak kotor. Keesokan harinya, cuci rambut hingga bersih.

– Minyak zaitun

Tak hanya membuat rambut tumbuh dengan cepat, minyak zaitun juga dapat menyehatkan kulit kepala dan melembabkan rambut kering. Aplikasikan 5-6 tetes minyak zaitun pada rambut yang sudah dicuci lalu berikan pijatan lembut pada kulit kepala. Lakukan pada malam hari dan biarkan minyak meresap hingga pagi hari, bilas rambut sampai bersih pada keesokan harinya.

– Kuning telur

Meski beraroma amis, namun kandungan protein dalam kuning telur patut diperhitungkan sebagai penumbuh rambut alami dan cepat. Anda bisa mengoleskan kuning telur di rambut sampai merata, lalu pijat kepala selama 10 menit. Setelah itu, cuci rambut dengan shampo hingga bersih. Lakukan terapi kuning telur ini secara teratur 3-4 kali setiap minggunya.

– Minyak kelapa

Berbeda dengan santan, minyak kelapa memiliki manfaat plus-plus bagi rambut seperti mengikis ketombe, menguatkan rambut, dan yang pasti menumbuhkannya secara alami dan cepat. Oleskan minyak kelapa secukupnya, diamkan beberapa menit, lalu bilas rambut hingga bersih.

– Ginkgo Biloba

Tanaman dari China ini selain dapat menyembuhkan beragam penyakit, juga bisa merangsang pertumbuhan rambut serta memperkuat tiap helainya. Anda bisa mendapatkan ramuan ini di apotik atau toko obat terdekat, lalu oleskan ke rambut hingga merata. Diamkan beberapa menit sebelum dibilas.

– Kulit apel

Ada banyak vitamin yang terkandung dalam kulit apel, jadi Anda pun bisa memanfaatkannya untuk menumbuhkan rambut. Tumbuk kulit apel hingga halus, bubuhkan ke kepala, diamkan beberapa menit, lalu bilas hingga bersih.

Dari ulasan di atas, dapat kita simpulkan bahwa menumbuhkan rambut secara alami dan cepat ternyata tidak sesulit yang dibayangkan. Selamat mencoba.

Jika bermanfaat, mohon like fb page kami ya!!

Daftar Pustaka: rambutsehatcantik

Komentar

comments

Leave a Reply