9 Cara Menghindari Narkoba Bagi Kalangan Pelajar yang Wajib Diikuti

Cara menghindari Narkoba : GANSaat ini negeri kita sedang gencar memerangi narkoba.

Jika melihat berbagai berita yang ditayangkan di televisi, kita bisa melihat betapa seriusnya pemerintah dalam menangani masalah narkoba.

Tak hanya pemerintah dalam negeri, negara-negara lain seperti Singapura dan Malaysia misalnya, juga tidak main-main saat menghadapi masalah obat terlarang ini.

Sanksi hukuman mati tak segan diberikan kepada mereka yang terbukti membawa serta mengedarkan narkoba.

Setelah mengetahui betapa berbahayanya ancaman narkoba bagi kesehatan dan masa depan seseorang, maka patutlah kita untuk menghindarinya sejak dini.

Ada beberapa cara yang bisa diterapkan agar kita bisa terbebas dari jerat dan tipuan benda terlarang tersebut.

1. Pilihlah pergaulan yang baik

Semua orang dapat menjadi teman kita, namun jujur saja, tidak semuanya bisa ‘membangun’, sebab tak sedikit teman yang justru menjerumuskan dan merusak kehidupan kita. Jangan bergaul dengan orang semacam itu, meski mereka kaya atau populer.

Ibarat 1 tomat busuk dapat membusukkan 10 tomat lainnya saat disimpan dalam wadah yang sama, begitu pula dengan pergaulan.

Satu orang teman yang tidak benar bisa merusak 10 orang yang berakhlak baik. Jadi pilihlah teman yang baik, dan jangan takut kesepian karena tidak ada teman, sebab di luar sana masih banyak teman yang baik.

 

2. Dengarkan nasihat orang tua

Seburuk-buruknya orang tua, tetap dari merekalah kita lahir. Dan tidak ada orang tua di dunia ini yang ingin mencelakakan anaknya.

Saat mereka melarang kita bergaul dengan seorang teman misalnya, tanyakan alasannya, sebab bisa jadi mereka melihat gelagat buruk yang tidak kita lihat dari sobat kita itu.

 

3. Sibukkan diri dengan hal positif

Usia remaja memang penuh gejolak dan energi. Meski keinginan untuk mencoba berbagai hal sedang kuat-kuatnya pada masa ini, namun tetap pilihlah untuk mencoba berbagai hal yang positif.

Saat sibuk dengan berbagai aktivitas yang positif, kita takkan punya waktu untuk mengurusi hal-hal yang tidak baik.

Silahkan baca: Dahsyatnya manfaat membaca Al-Qur’an

4. Belajarlah menyelesaikan masalah

Beragam masalah yang terjadi dalam hidup ini pasti ada jalan keluarnya.

Jika tak sanggup menghadapinya sendiri, minta nasihat/ pertolongan kepada orang tua atau sahabat yang baik dan bisa dipercaya.

Ketika kita membiasakan diri untuk menghadapi dan tidak lari saat masalah datang, maka itu sudah merupakan sebuah keberhasilan.

 

5. Dekatkan diri dengan Tuhan

Hal inilah yang paling penting karena saat kita dekat dengan Tuhan dan tahu benar apa yang Ia suka dan tidak suka (dosa), maka apapun yang terjadi di sekeliling, kita bisa tetap teguh memegang yang benar.

Jadi banyak-banyaklah beribadah dan membaca kitab suci.

 

6. Raih cita-citamu mulai dari sekarang

Apa yang menjadi cita- cita kita? Ada baiknya kita fokuskan diri untuk mulai meraihnya dari sekarang. Dengan begitu kita takkan punya kesempatan untuk memikirkan berbagai hal yang tidak-tidak.

 

7. Sadari tak semua hal perlu dicoba

Hidup memang membosankan bila kita tak mencoba semua hal yang ada di dalamnya. Namun, tidak semua hal perlu dicoba kan?

Kita tak mungkin mencoba berjalan di atas tali setinggi 60 meter hanya karena terinspirasi ketika melihat Christian Waldner melakukannya.

Narkoba juga merupakan salah satu bagian dari hal yang tidak patut dicoba, karena mencicipinya sekali saja, sudah bisa menghancurkan hidup kita.

 

Silahkan baca: Mengintip Kebiasaan Membaca Presiden Barack Obama

8. Kenali narkoba itu seperti apa

Sejak tadi kita sudah membaca bahwa narkoba itu barang haram yang berbahaya. Kita memang tidak boleh mengonsumsinya, namun bukan berarti dilarang mengenalinya.

Bagaimana bisa menghindari narkoba kalau kita tak pernah tahu bentuk dan bahayanya seperti apa? Oleh sebab itu, jangan segan untuk mengikuti seminar soal penyalahgunaan narkoba atau membaca infonya dari beragam media.

Sedikit bocoran untuk Anda, narkoba sebenarnya terbagi menjadi beberapa jenis seperti:

– Narkotika

Menurut Soerdjono Dirjosisworo, narkotika dapat menimbulkan pengaruh tertentu ketika diinjeksikan ke dalam tubuh seseorang. Orang yang mengonsumsi narkoba akan berhalusinasi, tidak merasakan sakit, hingga terbius.

Narkoba sendiri masih dibagi lagi menjadi 3 kelompok berdasarkan tingkat adiktifnya, ada yang sangat tinggi dan berbahaya seperti kokain, morfin, opium, heroin, dan ganja. Untuk betametadol, benzetidin, dan petidin sendiri masuk katergori kedua, sedangkan yang tergolong ringan adalah kodein beserta turunannya.

– Psikotropika

Sama seperti narkotika, psikotropika juga dikelompokkan menjadi 4 golongan menurut daya adiktifnya. Ekstasi, MDMA, LSD, dan STP termasuk dalam golongan yang paling kuat, sementara lainnya seperti amfetamin, metamfetamin, serta metakualon masuk golongan ke 2.

Untuk psikotropika dengan kekuatan sedang meliputi lumibal, fleenitrazepam serta buprenorsina. Yang paling ringan adalah jenis diazepam dan nitrazepam.

– Lainnya

Barang lain yang bila dikonsumsi dapat menimbulkan ketergantungan selain narkotika dan psikotropika, serta juga berbahaya bagi kesehatan adalah rokok, alkohol, serta golongan cairan tiner seperti aseton, bensin, cat, dan lem kayu yang juga berdampak buruk bagi tubuh bila aromanya sampai dihirup.

 

9. Camkan dampak kecanduan narkoba yang mengerikan

Dilihat dari fisiknya, ia akan menjadi seperti ‘zombie’. Jalannya tidak bisa tegap lurus namun sempoyongan seperti orang mabuk, bicaranya juga tidak jelas, sikapnya cuek dan agresif, kadang mengalami sesak nafas karena denyut jantungnya menjadi lambat.

Saat diraba, kulit pecandu narkoba juga cenderung dingin, terdapat bekas luka suntikan (bila ia memakai alat suntik), sementara mata dan hidungnya terus mengeluarkan air.

Dia akan mengalami diare dan rasa sakit di seluruh tubuh.

Tak hanya itu, pecandu narkoba biasanya juga takut air sehingga jarang mandi, dalam tahap ini ia tak lagi memperhatikan kebersihan tubuhnya.

Dan yang paling menakutkan adalah kesadarannya bisa menurun bahkan hilang (tidak pernah bangun lagi) jika overdosis.

Selain fisik, perilaku korban narkoba juga memburuk. Ia jadi suka membangkang, mudah marah dan berbohong, kasar, antisosial, suka dugem, sensitif, dan yang paling buruk bisa berubah menjadi seorang kriminal dikarenakan menghalalkan segala cara dalam mendapatkan uang untuk membeli narkoba yang harganya mahal.

Betapa mengerikannya akibat yang ditimbulkan narkoba sampai-sampai bisa merusak kehidupan seseorang dalam sekejap mata. Jangan pertaruhkan masa depan dan impian Anda hanya untuk mencicipi narkoba walau sekali saja.

Kita tidak sekuat yang kita bayangkan. Prinsip ‘lebih baik mencoba daripada tidak sama sekali’ jelas tidak berlaku untuk barang haram satu ini. Anda setuju kan?

Jika bermanfaat, mohon like fb page kami ya!!

Sumber: olvista

Komentar

comments

One Response

Leave a Reply